PT Rekan Usaha Mikro Anda (RUMA) Arisan Mapan | Gojek Group

natinedjs ⓚ 2017 PT Rekan Usaha Mikro Anda (RUMA) berdiri sejak Juli 2009. Didirikan oleh dua sosial wirausahawan Aldi Haryopratomo dan Budiman Wikarsa. Keduanya berpengalaman korporasi besar luar negeri seperti KIVA, Kellog, dan AT Kearney. RUMA diartikan sebagai partner bisnis anda, pemikiran untuk bersosial dengan media micro franchising yang efektif agar dapat mengurangi dampak kemiskinan. Dua arah pemikiran perusahaan ini adalah membangun keuangan dan bersosial dengan target penduduk berpenghasilan 30 Ribu Rupiah per hari. Sebuah kenyataan tentunya di Indonesia, perkembangan RUMA sendiri tergolong unik karena basis bisnisnya menyatukan komunitas.




PT. Ruma secara resmi berdiri pada tanggal 24 Juni 2009 dengan Akta Pendirian PT No 17 tahun 2009 yang telah disahkan dihadapan Notaris Erni Rohaini, S.H.,MBA dan telah disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM melalui Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor AHU-37302.AH.01.01.Tahun 2009. Selain itu sebagai perusahaan, PT Ruma juga telah memiliki Tanda Daftar Perusahaan Nomor 09.05.1.00.62871 yang telah dikeluarkan dan disahkan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah, dan Perdagangan.

Berawal dari keadaan itu RUMA berdiri dari Yayasan Grameen dan Qualcomm, mengubah perkembangan networking yang begitu pesat ke pengusaha mikro di perdesaan menjadi franchise mikro. Berbagai prestasi yang dicapai RUMA ialah memberdayakan lebih dari 1.600 bisnis mikro waralaba dalam dua tahun terakhir secara berkesinambungan. Hampir 70% bisnis dimiliki dan dijalankan oleh para anggota masyarakat menengah ke bawah. Sebuah fakta unik dan menggembirakan bahwa kaum perempuan Indonesia banyak yang menjalankan usaha waralaba ini. Lebih dari 90% usaha tersebut dapat meraup keuntungan besar.

Testimonial DailySocialId




RUMA dikenal dengan :
  1. Social enterprise yaitu organisasi atau perusahaan yang dibangun untuk kebutuhan sosial atau lingkungan masyarakat sebagai pelaku bisnis dan berfokus pada penghasilan berkesinambungan.
  2. Social business yaitu tidak ada yang hilang, bukan perusahaan pembagian saham. RUMA di disain kepada objek sosial. Profit adalah investasi jangka panjang untuk berekspansi dalam hal produk dan pelanggan.
  3. Micro franchise yaitu usaha mikro yang lebih mudah di duplikasi oleh pengikutnya di kehidupan bermasyarakat menengah ke bawah, mengembangkan kemampuan usaha individual dan perkembangan ekonomi secara keseluruhan.   

Progress Out of Poverty Index (PPI) menjadi target dari RUMA. Kuantitatif customer, kuantitatif peralatan agar target tersebut dapat tercapai. Maksud dari PPI sendiri adalah index yang akan memperlihatkan manusia atau keluarga akan mengalami peningkatan kesejahteraan. Pengembangannya sendiri bahwa RUMA berkomitmen kuantitas masyarakat miskin menjadi target utama membuktikan efek kegiatan sosial yang mensejahterakan ini dengan model bisnis mikro franchise, kedua RUMA membangun jaringan untuk peninkatan pendapatan dan memberikan solusi pada jaringan tersebut untuk sejahtera, dan ketiga desain produk semakin dikembangkan melalui data Grameen Foundation digunakan maksimal agar jaringan tidak sejahtera tersebut dapat segera mendapatkan sosialisasi tentang RUMA.

Produk dan Layanan

  • Kami percaya bahwa daya beli jutaan masyarakat yang bersatu adalah kekuatan besar untuk kebaikan yang dapat mengantar kita pada ekonomi yang berkelanjutan; ekonomi kolektif
      
  • RUMA menyediakan layanan praktis yang ditujukan bagi masyarakat di daerah pinggiran kota atau pedesaan untuk memudahkan mereka membeli barang yang mereka idam-idamkan. Masyarakat dapat membeli berbagai jenis barang berkualitas, seperti perlengkapan rumah tangga, produk fashion, smartphone terbaru, dan masih banyak lagi yang dapat diakses melalui katalog yang terbit tiap 3 bulan sekali. Masyarakat yang ingin menikmati layanan tersebut dapat mendaftarkan diri di Agen RUMA resmi terdekat yang hingga saat ini telah berjumlah puluhan ribu agen di seluruh Jawa dan Bali.

    Untuk informasi lebih lanjut, hubungi MELATI di 1500127
  • RMI bertujuan untuk mengetahui kebutuhan jaringan dari RUMA
Penghargaan dan Prestasi

Bermodalkan kerjasama dan semangat pantang menyerah, PT. Ruma terus berkembang dari hari ke hari. Beberapa penghargaan yang diterima adalah: (1.) “Pitch for Change” awards from Harvard University, Finalis Ernst & Young Entrepreneur of the Year, dan lain sebagainya.
  • Penghargaan dari Harvard University untuk sosial



  • Penghargaan Pengusaha Ernst & Young. Finalis dari Indonesia 


  • Young Global Leader tahun 2012 sebagai pengusaha sosial





Program Pengembangan Manajer adalah program yang bertujuan untuk menyiapkan Calon Pemimpin Ruma (manager) dan mendukung program ekspansi di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan sekitarnya, dan akan terus berkembang hingga ke seluruh Indonesia. Peserta PPM adalah para lulusan Perguruan Tinggi yang memiliki antusiasme untuk menjalankan misi sosial dari Ruma. Peserta akan menjalani pelatihan sebagai Marketing Executive, kemudian menjadi seorang Branch Manager, lalu dipersiapkan untuk menjadi District Sales Manager.

Program Pengembangan Manajer dapat dilihat DISINI

2 Comments

  1. D sumatera pt ruma sudah ada belum? Konsep bisnis sosialnya menarik

    ReplyDelete
  2. PT RUMA masih memperluas pasar di Jawa dan Bali. Perkembangan selanjutnya akan membangun di Sumatera

    ReplyDelete
Previous Post Next Post