Indahnya Tebing Breksi Sleman

natinedJs Ⓚ 2018 Tebing breksi sleman adalah lahan bekas tambang batu kapur yang sudah tidak dipergunakan lagi. Tempat ini kemudian diolah dan difungsikan kembali oleh penduduk lokal menjadi sebuah objek wisata. Fungsi obyek wisata dimana tebing breksi ini mendapat ukiran pahat yang menarik perhatian untuk berfoto atau bersantai melihat ukiran-ukiran yang dibentuk di tebing tersebut. 

Lokasi di Dusun Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta (Lihat GOOGLE MAPS). Tebing breksi kini jadi perbincangan. Untuk dapat mencapai lokasi tersebut harus menempuh perjalanan satu jam dari pusat Kota Yogyakarta. Gugusan tebing kapur atau bentukannya tanpak dari kejauhan saat mulai masuk lahan parkir. Objek wisata ini tentunya merupakan hasil kreasi dengan memanfaatkan kreatifitas bukan alami. Tebing breksi kini di ukir dengan beberapa motif pewayangan jawa dibentuk pilar-pilar besar dan dibuatkan anak tangga menuju puncak tebing. Tampak seperti pada gambar banyak penduduk atau pengjunjung mengambil foto kebersamaan karena pemandangan dibelakangnya yang unik.

Disarankan ke tebing Breksi sebelum siang hari. Hal tersebut dikarenakan cuaca akan terasa sangat panas dan juga dapat memanfaatkan sore hari. Suhu panas tersebut dapat juga terjadi dari pemanasan pada bidang breksi dan pencahaan yang terang akibat pantulan. Warna terang dari batu breksi memancarkan warna terang sehingga bersilau pada siang hari. Suhu panas terjadi akibat serapan sinar matahari dan pantulan panas tersebut berada diantara lingkungan breksi. 


Prasasti penetapan cagar budaya tersebut ditandatangani oleh gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X pada bulan Mei 2015. Dua tahun yang lalu.


Tidak hanya tebing kapur sebagai pusat objek wisata terdapat juga area Prasasti dibuat dengan latar seneng pada bagian bawah dekat parkir di mana seniman atau masyarakat bisa menampilkan ragam pentas seni. Pentas tersebut dapat dilakukan kapan saja atau waktu tertentu yang memang sudah disosialisasikan sebeljumnya. Breksi juga mempunyai pusat jajanan disekitarnya sehingga tidak disarankan untuk membawa makanan ke lokasi wisata ini.


Lihat lokasi di GOOGLE MAPS



Post a Comment

Previous Post Next Post