14 Jenis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Berdasarkan Jasa Yang ditawarkan

natinedJs ⓚ Memberikan jasa bagi konsumen adalah usaha yang berprospek. Keahlian tersebut dibeli pelanggan tanpa keinginan untuk tawar menawar. Seperti buku ekonomi sekolah tingkat menengah seingat saya mengatakan usaha yang tidak bisa ditawar adalah usaha jasa. Lihat label 'harga' di kaca pangkas rambut. Mungkin tidak ada satu orangpun yang pernah pangkas rambut dan mau menawar harga tersebut.



Atau penjahit jeans yang memberikan jasa potong jeans juga. Setidaknya bila kita hendak mengambil itu jeans yang sudah selesai di potong. Saatnya tiba menanyakan harga, ups satu hal Rp 15.000,-. Penjahit mengatakan harga tersebut. Tidak terbantahkan lagi kecuali harus mengeluarkan uang. Ketika satu kata kita hendak meminta tawaran penurunan harga.

Awas, hati-hati si penjahit nanti sewot. Ingat pekerjaan itu adalah sumber uangnya.

Apa alasan si penjahit sewot? Ada yang tahu jawabannya? Mungkin yang membaca tulisan berkata dalam hati, iyalah sewot jasa kok ditawar-tawar. Begitulah kira-kira. Bayangkan usaha jasa sangat berkaitan erat dengan keahlian. Untuk menguasai usaha ini, seseorang harus berinvestasi sebagai buruh pekerja untuk Gurunya dengan arti lain bosnya selama beberapa tahun. Setelah orang tersebut terjun langsung dia juga masih harus berinvestasi untuk perlatan-peralatan keperluan usaha. Tampaknya sampai disini saja karena sipemilik usaha jasa akan lebih ahli dalam menyampaikan hal ini.

Berikut ini beberapa usaha jasa sebagai referensi Usaha dengan nilai margin keuntungan sampai 50 - 100  %. Keuntungan tanapa jumlah jasa yang ditawarkan sedikit tidak akan memberikan keuntungan yang besar karena masih harus dikurangi biaya makan dan transportasi hari itu, sehingga meningkatkan jumlah pengungjung atau pengguna jasa anda akan memberikan keuntungan yang lebih.

Terkait dengan hal tersebut manfaatkan Promo-promo agar menarik pengunjung. Saya tidak tahu contoh ini benar atau tidak?

"5 kali Potong rambut, gratis minuman Ringan - Teh Botol, Minuman Bersoda dll!!!'

Contoh Banner Promo Usaha Jasa Pangkas Rambut



  1. Jasa Potong Rambut ⇰ tiga turunan usaha ini diantaranya pangkas rambut (pria), usaha salon (potong rambut dan make over wanita) dan barbershop (make over pria). Ketiga usaha ini memiliki kesamaan harus ahli dalam mengelola atau memotong rambut agar rapi dan sesuai dengan selera pelanggan. Barang seperti mesing potong rambut, kursi dll di usaha ini bersifat investasi, karena tidak adalah modal dibutuhkan saat menjalankan usaha. Modalnya adalah jasa yang diberikan kepada pelanggan.
    Margin keuntungan 100 % (tidak adalah treatment alat dengan penggunaan daya listrik berkapasitas besar).

  2. Jasa las ⇰ jasa ini berhubungan dengan pengelasan besi yang patah, kropos dan jasa pembuatan atau perakitan pagar, kursi, meja dengan bahan besi, pembuatan kanopi, dll. Jasa ini juga banyak dijalankan oleh ahli dibidang ini, akan tetapi banyak juga jasa ini berkembang oleh non expert karena dengan terbiasa mengelas akan membuat lebih ahli dan jasa pengelasan akan semakin berkualitas.
    Margin keuntungan 50 % batasannya karena modal besi dan juga daya mesin las besar sehingga beban listrik besar.

    Baca juga : Jasa Las di Natar Lampung Selatan - Klik Akses
  3. Jasa Foto Kopi ⇰ investasi untuk usaha ini lumayan mahal karena harus membeli mesin fotokopi dengan rata-rata diatas 20 juta (new). Lihat :  Contoh Mesin Fotokopi Merk dan Harga. Maksimalkan harga Rp 50 juta baru, dengan menabung Rp 1 juta/bulan  dapat membeli mesin fotokopi baru setelah 5 tahun menabung. Nah, bila anda mahasiswa yang sudadh mendapatkan penghasilan dari orang tua segera kumpulkan uangmu untuk berinvestasi membeli mesin fotokopi yang akan memberikan anda uang setelah mesin tersebut dapat dibeli.

    Pastikan kembali modal (BEP) hasil investasi tabungan untuk mesin fotokopi, dapat kembali dalam tahun yang lebih sedikit daripada waktu menabungnya.
    Margin keuntungan 50 % dipotong biaya operasional.

  4. Jasa laundri ⇰ usaha ini juga berkaitan dengan investasi mesin pencuci baju. Beberapa fungsi mesin yang berbeda dan alat terakhir treatment pakaian sudah dicuci yaitu setrika. Investasi lainya SDM, atau tenaga kerja. Tampaknya menggunakan SDM terlalu formal ya. Perencanaan matang diperlukan untuk membangun usaha jasa berinvestasi seperti mesin-mesin. Pastikan untuk menggunakan mesin nEw, karena garansi dan tingkat kerusakan rendah.

    Jasa ini terlalu banyak limbah yang dihasilkan pengelolaan usaha yang baik akan mengurangi limbah residu detergen hasil pencucian.







    Margin keuntungan 50 % dikurangi biaya operasional.
  5. Jasa penjahit ⇰ banyak kursus dan sekolah menjahit di tahun 90an, belakang ini di jaman milenial atau kekinian tempat kursus seperti ini sulit untuk di dapat. Mungkin karena penggunaan baju jadi atau baju yang dapat dibeli di modern trade membuat usaha seperti ini kurang diminati. Menjahit memang membutuhkan tenaga atas jasa yang dijual, akan tetapi dalam skala usaha berkembang usaha ini dapat menjadi pasif income.

    Prospeknya adalah pembukaan cabang, cabang baru akan menghasilkan uang sendiri bagi pemilik jasa penjahit di pusat penjahitnya. Tempat usaha yang dihuni bos menghasilkan, cabang pembantu usahanya juga  menghasilkan. Udah mau nyamain cabang pembantunya perbankan nih, tapi bukan mengarah kesana alias lebih meringankan pemikiran untuk membuka usaha jasa spesialis seperti ini.
    Produk keturunan jasa penjahit vermak levis.
    Keuntungan 100 % jasa, 80 % jasa dan bahan dikurangi operasional.

  6. Jasa servis alat elektronik ⇰ Banyak produk turunan dari jasa ini, tahun 90an orang lebih mengenal jasa servis alat elektronik seperti TV, Kulkas, Radio, Strika dll. Namun karena berkembangnya teknologi tidak mengenal waktu, jasa servis juga terjadi untuk servis Handphone. Sehingga model jasa servis sudah terbagi dua. Jasa servis elektronik konvensional dan jasa servis elektronik digital. Keduanya sama tetapi terapan teknologi dan disiplin ilmunya berbeda. Servis elektronik konven lebih sering berhubungan dengan papan PCB dan kelistrikan tetap, sedangkan servis elektronik digital berhubungan dengan papan PCB yang termodernisasi.
    Jumlah pengguna alat elektronik begitu besar, sehingga Jasa servis senantiasanya tidak mati bila ekspetaksi terhadap jasa mendapat bintang 5 setiap penyelesaiannya.
    Margin keuntungan 100 %.
  7. Jasa steam motor dan mobil ⇰ Jasa servis motor saja, yang terjadi karena kurangnya modal dan juga tempat. Jasa steam mobil dan motor merupakan komplit servis pencucian kendaraan tersebut. Jasa steam tidak memerlukan keahlian lebih, utamanya karena steam berhubungan dengan mencuci motor. Hal paling wajib dilakukan pengelola adalah memanfaatkan tenaga terampil yang dapat memberikan layanan ekstra dan kenyamanan bagi pengunjung.
    Terlebih lagi untuk steam mobil karena cat kendaraan mudah tergores sehingga peralatan harus prima agar mendapatkan hasil maksimal dari pencucian tersebut.
    Margin keuntungan 50 %  share keuntungan bagi pekerja dan biaya operasional tak terduga.

  8. Jasa pencucian helm ⇰ Jasa cuci helm biasanya terdapat di pusat perbelanjaan. Layanan ekstra dimana helm dapat dicuci dan ditunggu hasilnya sambil berbelanja atau menghabiskan waktu dipusat perbelanjaan. Kebutuhan konsumen untuk jasa seperti ini bukan kebutuhan pokok konsumen akan tetapi tetap akan memberikan pemasukkan. Dikaitkan dengan jasa steam motor usaha cuci helm dapat menjadi fasilitas dengan tambahan uang jasa ekstra tersebut lebih murah dari umumnya. 
    Margin keuntungan 100 %
  9. Jasa rumah makan, warung makan ⇰ orang hidup karena makan. Jasa rumah makan, dan atau warung makan tidak akan ada habisnya. Ada beberapa lokasi rumah makan yang mengalami kebangkrutan, dalam kasus tersebut tidak ada yang dapat memastikan kestabilan usaha dapat berjalan baik atau tidak. Alasan pasti dari tutupnya warung makan tersebut biaya pengeluaran lebih besar dari pemasukan. Bukan karena tempat atau lokasinya. Tidak ada seorangpun yang dapat menyalahkan lokasi usaha. Bagaimanapun tidak mungkin tidak ada orang dilokasi tersebut kecuali membuat warung makan di hutan.
    Jasa kuliner juga berkaitan erat dengan pengalaman bersumber dari pengecapkan konsumen pada makanan yang disajikan. Relevansinya pemilik warung makan akan selalu menganggap dia memasak untuk dirinya sendiri agar rasa dari masakan tersebut sama seperti yang disukai konsumen. Sisi logisnya adalah indra pengecapan setiap manusia itu sama yaitu di Lidah.
    Margin keuntungan 45 %.
  10. Jasa sablon dan percetakan ⇰ jasa yang cukup digandrungi di sektor usaha mikro, kecil dan menengah. Kebutuhan dasar manusia adalah informasi. Bagian tubuh mana yang pertama kali mendapatkan informasi hayoo?
    Benar sekali, jawabannya Mata. Untuk itulah jasa percetakan tidak akan ada matinya. Konsumen membuat informasi kepada konsumen lain tentang suatu dan lain hal baik itu hajatan, seminar, buku-buku dll. Informasi tersebut tersebar melalui tercetaknya baner, atau stiker-stiker dimana informasi yang dibutuhkan oleh konsumen.
    Bahkan media sosial juga menjadi sumber percetakan digital dimana informasi periklanan digital terus berkembang.
    Margin keuntungan 35 % (bergantung dari volume cetak).

  11. Jasa angkutan ⇰ kita mengenal istilah juragan angkot. Ternyata bukan hanya angkot berjuragan. Jasa Angkutan lain juga berjuragan bus, truk, travel, dan pick up. Juragan-jurangan terkait dengan dikarenakan fokus pemilik mobil untuk terus berinvesati di moda angkutan roda empat dengan menambah jumlah armadanya. Contoh nyata bos Bus Penantian Utama di Lampung. Bus pemilik usaha ini tidak berhenti mendapat tambahan armada.
    Kebutuhan armada tersebut bukan karena kebetulan akan tetapi karena kebutuhan jasa angkutan barang yang menjadi penyebabnya. Mobilitas barang dari proses jual beli menyebabkan jasa angkutan tidak berheneti, kecuali jika pasar berhenti atau tidak ada kebiatan jual beli sama sekali disuatu daerah artinya angkutan-angkutan tersebut harus pensiun dini.
    Margin keuntungan 30 % (termasuk beban perawatan).
  12. Jasa sewa motor dan mobil ⇰ jasa sewa kendaraan semakin mendapat tempat saat ini sebagai produk turunan jasa angkutan. Jasa angkutan memberikan pelayanan konsumen tidak dapat berbuat apa-apa kecuali harus mengikuti peraturan jasa angkutan, sedangkan jasa sewa pribadi motor atau mobil selama sewa adalah milik anda. Situasi tertentu mobil harus dibawa seorang supir, sedangkan jasa sewa motor tidak memerlukan driver. Penyewa akan memberikan servis pada dirinya sendiri selama menyewa motor tersebut.
    Margin keuntugnan 45 % (termasuk biaya perawatan dan juga resiko hilang atau penipuan).


  13. Jasa dekorasi taman ⇰ Usaha yang biasa dijalankan oleh lanskaper. Banyak juga pengelola yang tidak memiliki ilmu lanskap akan tetapi dapat eksis di usaha seperti ini. Hal tersebut terjadi karena produk fokus. Dengan kebiasaan menjadi biasa melakukan pekerjaan ini. Industri jasa dekorasi taman sangat dibutuhkan di perkotaan. Penataan taman yang bagus memberikan keindahan ditengah hirup pikuk kota. Jasa pertamanan biasanya juga disanding dengan usaha menjual tanaman, dan tanah. Pada intinya penjualan tanaman tersebut merupakan nilai eksistensinya si pemilik usaha. Dengan kata lain progres dari penjualan tanaman tidak sebanding dengan pendapatan jasa pembuatan taman.
    Margin keuntungan 100 % (desainer).

  14. Jasa penitipan anak (day care) ⇰ Jasa penitipan anak termasuk usaha jasa dengan investasi besar. Beberapa peralatan kebutuhan bayi dan anak-anak dibawah dua tahun harus diadakan. Akan tetapi keuntungan terbesar jasa penitipan terletak pada pemasukan terus berulang bulan. Hampir mirip dengan penghasilan pasif dimana konsumen akan menghantarkan uangnya pada tempat penitipan agar anaknya dapat dirawat dengan baik selama ditiitp.
    Jasa penitipan sangat berpotensi. Karena mobilisasi masyarakat sangat cepat, sehingga di tempat barunya karena terjadi mutasi tidak ada lagi keluarga yang menjaga sedangkan kedua orang tua harus bekerja.
    Margin keuntungan 50 % (diluar biaya operasional)

    Lihat Day Care Cirebon
    Lihat Day Care Bogor                 

11 Comments

  1. Suami saya tukang pangkas,apakah dia termasuk UMKM

    ReplyDelete
    Replies
    1. UMKM atau bukan dapat dilihat berdasarkan omset usaha

      Delete
  2. Suami saya tukang pangkas,apakah usaha pangkas rambut trmasuk UMKM

    ReplyDelete
    Replies
    1. Termasuk dalam UMKM bu silahkan baca kriteria UMKM dalam artikel terkait

      Delete
  3. saya berherak di bidang jasa pesanan pembuatan pin & asesoris cetak timbul...apakah termasuk usaha mikro/ukm...?

    ReplyDelete
  4. Suami saya usaha potong rambut apakah termasuk umkm?

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Bisa bu dalam gelombang yang tersedia silahkan cek di web site pemerintah .go.id

      Delete
  6. PA saya udh ngajuin yang Banpres umkm saya jasa jahit,pa tu bklan dpat g? Soalnya d Cek blm trdaftar Dan apakah bertahap.

    ReplyDelete
  7. Ibu saya penjahit mau buat nib oss rba,tp bingung kbli apa yg cocok,kalau kbli 14920 saya ambil validassi resikonya menengah tinggi apa itu pengaruh?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post