Sejarah Bank dan Perkembangannya

natinedJs ⓚ2015 Zaman Babilonia merupakan sejarah awal mula bank. Aktivitas bank bermula dari pemberian pinjaman kepada petani dan pedagang kecil. Akses petani dan pedagang di masa itu dengan pinjaman bank agar barang dapat diperdagangkan antar kota. Sekitar tahun 2000 SM kegiatan awal perbankan terjadi di Asyur dan Babilonia.



Konsep usaha bank tersebut kemudian juga digunakan di Yunani kuno dan Kekaisaran Romawi. Aktivitas bank dengan memberikan pinjaman kepada warga yang tinggal di kuil. Pemberian pinjaman juga menggunakan dana pihak ketiga melalui penyimpanan uang dan menerima deposito serta mengubah uang. Selama periode ini, ada bukti proses perkembangan pinjaman uang dari lembaga untuk perorangan di China kuno dan secara terpisah di India kuno . 

Perbankan dalam pengertian modern dalam perkembangan sejarahnya dapat di telusuri ke abad pertengahan dan awal Renaisans Italia. Konsep tersebut sampai ke kota-kota kaya di utara seperti Florence , Venice dan Genoa.

Para keluarga Bardi dan peruzzi sudah menggunakan jasa perbankan untuk tempat penyimpanan serta pinjaman terutama di daerah Florence abad ke-14. Berdirilah beberapa cabang di banyak bagian lain Eropa. Ada kemungkinan bank Italia paling terkenal adalah Medici Bank, didirikan oleh Giovanni Medici berdiri pada tahun 1397 [Lihat Sejarah Medici Bank di Wikipedia]. Menjadi lembaga keuangan paling penting di Eropa abad ke 15.

Perkembangan perbankan menyebar melalui Eropa dan sejumlah bank lainnya berdiri di Amsterdam serta Republik Belanda pada abad 16. Di London pada abad ke-17. Selama abad ke-20, perkembangan telekomunikasi dan komputerisasi menghasilkan perubahan besar pada cara bank beroperasi. Memungkinkan mereka untuk meningkatkan jasa perbankan tersebut melalui ukuran dan penyebaran geografis. 

Sejarah perbankan terkait erat dengan sejarah uang tetapi transaksi perbankan mungkin mendahului penemuan uang. Deposit awalnya terdiri dari biji-bijian dan kemudian barang lainnya termasuk ternak, alat pertanian, dan logam akhirnya mulia seperti emas, dalam bentuk mudah di bawa seperti bentuk piring terkompresi. 

Di masa sebelum pembentukan agama Kristen, kehidupan ekonomi rakyat beredar tentang rumah-rumah keluarga kerajaan dan jemaat mereka, di mana keamanan yang diberikan untuk penyimpanan dan distribusi terutama tanaman.

Dengan demikian bangunan dimanfaatkan terutama oleh elit ini, istana dan kuil-kuil, menjadi lokasi yang paling awal dari pertukaran sosial membawa beberapa kesamaan dengan praktek perbankan budaya kontemporer, di mana di safe guarding dari kekayaan masyarakat terjamin. Kuil dan istana adalah tempat paling aman untuk menyimpan emas juga, karena mereka terus-menerus hadir dan kekar. Sebagai tempat suci, kuil disajikan alat pencegah ekstra untuk calon pencuri.

Baca juga : Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB)

Bank pertama kali didirikan dalam bentuk firma tahun 1690. Firma (Fa) adalah badan usaha yang didirikan oleh 2 orang atau lebih dimana tiap- tiap anggota bertanggung jawab penuh atas perusahaan. Modal firma berasal dari anggota pendiri seta laba/ keuntungan dibagikan kepada anggota dengan perbandingan sesuai akta pendirian.

Kerajaan Inggris berkemauan merencanakan membangun kembali kekuatan armada lautnya untuk bersaing dengan kekuatan armada laut Perancis akan tetapi pemerintahan Inggris saat itu terkendala keuangan (finansial). Dengan gagasan William Paterson untuk membentuk sebuah lembaga intermediasi keuangan. Agar dapat memenuhi dana pembiayaan tersebut hanya dalam waktu duabelas hari. Realisasi gagasan tersebut dijalankan oleh Charles Montagu. 

Sejarah mencatat kegiatan perbankan adalah pada zaman kerajaan Babilonia di daratan Eropa. Kemudian usaha perbankan ini berkembang ke Asia Barat oleh para pedagang.  Perkembangan perbankan di Asia, Afrika dan Amerika dibawa oleh bangsa Eropa pada saat melakukan penjajahan ke negara jajahannya baik di Asia, Afrika maupun benua Amerika. Kegiatan bank masih terbatas pada pertukaran uang saja.

Ulasan penting :
  1. Aktivitas bank sudah ada sejak zaman babilonia.
  2. Berkembang tahun 1969 di kawasan Eropa untuk mendanai persenjataan Inggris
  3. Bangsa Eropa membawa konsep perbankan di Asia, Agrika dan Amerika pada saat melakukan penjajahan.

Post a Comment

Previous Post Next Post