Materi dan Contoh Soal Ahli Pertama - Perencana PPPK

natinedJs ⓚ 2016 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sama dengan karyawan kontrak di perusahaan swasta. Dengan pengabdian yang berbeda, untuk PPPK mengabdikan diri sebabai abdi negara atau bekerja bagi negara. Untuk menjadi PPPK harus melalui beberapa tahap di antaranya input data sesuai dengan kebutuhan di instansi terkait, lolos administrasi, melewati masa sanggah untuk administrasi yang belum lolos, dan mengikuti tes lengkap dengan metode Computer Assisted Test (CAT), bila lolos dengan passing grade yang sesuai dengan kebutuhan akan menjadi PPPK pada periode atau angkatan tes tersebut.


Ahli Pertama - Perencana Jabatan Fungsional Teknis

Menyiapkan, mengkaji, merumuskan kebijakan dan menyusun rencana pembangunan pada instansi pemerintah secara teratur dan sistematis, termasuk mengendalikan, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan rencana pembangunan

Kompetensi Sosio Kultur; 20
1. Orang yang mudah bekerja sama, dan mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.
2. Tingkat kepedulian anda dan bagaimana anda menghargai perbedaan.
3. Tingkat kepedulian anda terhadap orang lain dengan tidak menyinggung atau menyakiti perasaannya.
4. Menghadapi perbedaan dengan bersikap tenang dan mampu mengendalikan emosi.
5. Tingkat kepedulian anda dan bagaimana anda menghargai perbedaan. Dapat mengikuti lingkungan.
6. Menjadi mediator untuk penyelesaian konflik.
7. Menjadi solution maker agar bila terjadi permasalahan dapat kembali kondusif.
8. Kesadaran terhadap hukum dan memberitahu kepada orang untuk edukasi dan sosialisasi.
9. Mau mengajarkan hal baik.
10. Diskusi ke pimpinan mengenai hal-hal yang menyangkut kebutuhan karyawan. Tidak bisa mengambil keputusan sendiri.
11. Merespon dengan cepat permasalahan yang terjadi.
12. Mengetahui kemampuan anda dalam melakukan perencanaan suatu kegiatan dengan tepat.
13. Membantu tanpa harus meninggalkan kewajiban.
14. Mampu beradaptasi menunjukkan sikap supel dan adaptif terhadap perubahan dan mampu menyesuaikan diri.

Kompetensi Manajerial; 25

Terdapat 8 (delapan) kompetensi manajerial yang harus dimiliki ASN, yaitu Integritas, Kerjasama, Komunikasi, Orientasi pada Hasil, Pelayanan Publik, Pengembangan Diri dan Orang Lain, Mengelola Perubahan dan Pengambilan Keputusan.

Kompetensi Teknis; Jumlah soal 90

Wawancara; Jumlah soal 10

Contoh Soal Kompetensi Teknis;

1. Disebut apakah suatu dokumen yang menginformasikan gambaran umum dan penjelasan mengenai keluaran kegiatan yang akan dicapai sesuai dengan tugas dan fungsi kementerian negara/lembaga yang memuat latar belakang penerima manfaat, strategi pencapaian, waktu pencapaian dan biaya yang diperlukan?

A. Rencana Anggaran Biaya (RAB).
B. Term of Reference (TOR).
C. Surat Perjanjian Kontrak Kerja (SPK).
D. Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS).
E. Tujuan Pembangunan Millenium.

B. Term Of Reference (TOR). Term Of Refence merupakan kerangka acuan kerja (KAK). TOR adalah kerangka acuan kerja yang dibuat secara terstruktur agar dapat memberikan panduan yang jelas dan efektif bagi tim atau individu dalam melaksanakan pekerjaan atau proyek tersebut.


2. Disebut apakah suatu dokumen yang berisi tahapan pelaksanaan, rincian komponen-komponen masukan dan besaran biaya dari setiap komponen suatu kegiatan?

A. Rencana Anggaran Biaya (RAB).
B. Term of Reference (TOR).
C. Rencana Kerja dan Syarat-syarat (RKS).
D. Gambar kerja detail (DED).
E. Tujuan Pembangunan Millenium.

A. Rencana Anggaran Biaya. Detail Engineering Design (DED) adalah produk perencanaan (detail gambar kerja) yang dibuat konsultan perencana untuk pekerjaan bangunan sipil seperti gedung, kolam renang, jalan, jembatan, bendungan, dan pekerjaan konstruksi lainnya.


3. Manakah yang bukan termasuk data dukung belanja peralatan dan mesin?

A. TOR.
B. RAB.
C. SPTJM dari KPA.
D. Fotokopi sertifikat tanah.
E. Semua salah.

D. Fotokopi sertifikat tanah. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak yang selanjutnya disingkat SPTJM adalah pernyataan yang diterbitkan/dibuat oleh KUASA PENGGUNA ANGGARAN (KPA) yang memuat jaminan atau pernyataan bahwa seluruh pengeluaran telah dihitung dengan benar dan disertai kesanggupan untuk mengembalikan kepada negara apabila terdapat kelebihan pembayaran.


4. Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor berapa yang digunakan Mahkamah Agung sebagai acuan pembuatan TOR?

A. PMK 140 tahun 2018.
B. PMK 141 tahun 2018.
C. PMK 142 tahun 2018.
D. PMK 143 tahun 2018.
E. PMK 144 tahun 2018.

C. PMK 142 tahun 2018. Peraturan menteri keuangan tentang perubahan atas peraturan PMK 94 tahun 2017 tentang petunjuk penyusunan dan penelaahan rencana kerja dan anggaran kementrian/lembaga.

5.  Pada suatu daerah, terdapat pabrik gula yang sangat berpengaruh terhadap perekonomian lokal maupun nasional. Apabila pabrik tersebut berhenti beroperasi, maka banyak petani tebu di daerah tersebut akan mengalami kesulitan dalam menjual hasil panen tebu mereka. Dampak tersebut termasuk dalam aspek ekonomi?

A. Mikroekonomi.
B. Makroekonomi.
C. Ekonomi sumber daya manusia.
D. Sosiologi ekonomi.
E. Keseimbangan ekonomi.

B. Makroekonomi. Makro ekonomi mempelajari seluruh sistem pasar dalam skala yang besar. Contoh fenomena makro ekonomi yang pernah terjadi adalah inflasi, tingkat harga, pertumbuhan ekonomi, pendapatan nasional, Produk Domestik Bruto (PDB), dan fenomena pengangguran. Pengaruh penutupan pabrik berdampak secara luas, tidak hanya skala individu atau kelompok kecil.

6. Dalam perencanaan, kegiatan yang dilakukan untuk mengumpulkan data awal dan informasi mengenai kondisi eksisting disebut sebagai tahap...

A. Identifikasi masalah.
B. Pengumpulan data.
C. Analisis data.
D. Evaluasi hasil.
E. Perencanaan.

B. Pengumpulan data. Tahap dalam perencanaan pengumpulan data awal dan informasi mengenai kondisi eksisting. Langkah pengumpulan data akan dimulai dari menentukan informasi yang ingin dikumpulkan, menetapkan jangka waktu, menentukan metode pengumpulan data, melakukan pengumpulan data, dan diakhiri dengan analisis data.

7. Salah satu langkah dalam proses perencanaan ruang adalah analisis kebutuhan ruang. Analisis kebutuhan ruang dilakukan untuk...

A. Mengetahui potensi sumber daya alam di suatu daerah.
B. Menentukan tata guna lahan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
C. Memperkirakan intensitas penggunaan lahan di masa depan.
D. Mengukur tingkat kepadatan penduduk di suatu wilayah.
E. Menentukan satuan analisa.

C. Memperkirakan penggunaan lahan di masa depan. Tujuan analisis tata ruang adalah untuk mendapatkan ruang-ruang yang efisien dan efektif dalam rangka pemenuhan produktifitas daya tampung dimasa depan, sehingga dapat menentukan tata guna lahan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

8. Dalam perencanaan kota, penyusunan rencana tata ruang dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut, kecuali...

A. Transportasi.
B. Perumahan.
C. Kehutanan.
D. Ekonomi.
E. Semua salah.

C. Kehutanan. Ingat kata KECUALI, dalam hal perkotaan sudah tidak mempunyai area hutan lagi. Faktor yang dipertimbangkan dalam penyusunan rencana tata ruang kota meliputi transportasi, perumahan dan ekonomi. Kehutanan cenderung tata ruang perdesaan atau luar kota

9. Salah satu langkah dalam proses perencanaan pembangungan kawasan industri adalah pemilihan lokasi yang strategis. Pemilihan lokasi dilakukan dengan mempertimbangkan faktor-faktor berikut...

A. Akses transportasi.
B. Kualitas lingkungan.
C. Kepadatan penduduk.
D. Akses pasar.
E. Akses lahan.

C. Kepadatan penduduk. Faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi kawasan industri adalah akses transportasi, kualitas lingkungan dan akses pasar. Peraturan Menteri Perindustrian No 40 Tahun 2016 tentang pedoman teknis pembangunan kawasn industri. Bab II menjelaskan faktor-faktor dalam mempertimbangkan kawasan industri transportasi untuk kegiatan industri, sumber energi untuk kebutuhan industri, sumber air, dan jaringan telekomunikasi yang baik.

10. Pada masa orde baru, kebijakan pembangunan di Indonesia didasarkan pada pembangunan nasional dan pembangunan daerah. Tujuan pembangunan daerah adalah...

A. Mendorong pembangunan di daerah tertinggal.
B. Menyeimbangkan pembangunan antar daerah.
C. Peningkatan pemerataan pembangunan.
D. A, B dan C benar.
E. A, B dan C salah.

A. Semua jawaban benar. Pembangunan daerah bertujuan untuk mendorong pembangunan di daerah tertinggal, menyeimbankan pembangunan antar daerah, dan meningkatkan pemerataan pembangunan di Indonesia.

11. Salah satu indikator perkembangan ekonomi yang digunakan adalah pendapatan perkapita. Indikator ini digunakan untuk mengukur...

A. Kesejahteraan masyarakat.
B. Pertumbuhan ekonomi.
C. Produktivitas ekonomi.
D. Keseimbangan neraca pembayaran.
E. Sosial budaya.

A. Kesejahteraan masyarakat. Pendapatan per kapita digunakan sebagai indikator perkembangan ekonomi dan kesejahtraan masyarakat. Pendapatan per kapita dapat digunakan untuk menentukan pendapatan rata-rata per orang untuk suatu daerah dan untuk mengevaluasi standar hidup dan kualitas hidup penduduk. Pendapatan per kapita untuk suatu negara dihitung dengan membagi pendapatan nasional negara tersebut dengan penduduknya.

12. Peta tematik adalah peta yang menunjukkan informasi geografis yang spesifik berdasarkan tema tertentu, seperti curah hujan atau peta penggunaan lahan. Peta tematik termasuk dalam jenis peta...

A. Peta politik.
B. Peta tofografi.
C. Peta administratif.
D. Peta khusus.
E. Peta umum.

D. Peta khusus. Peta tematik adalah peta yang menyajikan informasi tentang suatu tema atau maksud tertentu, dalam kaitannya dengan unsur topografi yang spesifik sesuai tema peta. Detail topografi pada peta tematik diambil dari peta dasar. Termasuk dalam jenis peta khusus.

13. Dalam perencanaan tata ruang integrasi spasial mengacu pada...

A. Penggabungan berbagai tipe penggunaan lahan.
B. Penyatuan berbagai sektor dalam tata ruang.
C. Pengarusutamaan pembangunan wilayah dalam tata ruang.
D. Pengaturan pergerakan dan konektivitas antarwilayah.
E. Pengaturan lalu lintas.

D. Pengaturan pergerakan dan konektivitas antar wilayah. Integrasi spasial dalam perencanaan tata ruang berkaitan dengan pengaturan pergerakan dan konektivitas antarwilayah, sehingga terjalin sinergi antar wilayah-wilayah tersebut.

14. Pemukiman yang telah ada sejak lama dan berkembang secara alami disebut sebagai pemukiman...

A. Tradisional.
B. Perkotaan.
C. Pedesaan.
D. Konsentris.
E Horizontal.

A. Tradisional. Pemukiman tradisional adalah pemukiman yang telah ada sejak lama dan berkembng secara alami dengan mengikuti pola dan nilai-nilai budaya setempat.

15. Salah satu tujuan manajemen resiko adalah....

A. Menghilangkan resiko sepenuhnya.
B. Mengurangi dampak dan frekuensi resiko.
C. Meningkatkan keuntungan dari resiko.
D. Mengabaikan resiko yang ada.
E. Memutus siklus resiko.

B. Mengurangi dampak dan frekuensi resiko. Salah satu tujuan manajemen resiko adalah mengurangi dampak dan frekuensi dari resiko.

16. Keterkaitan antara pembangunan ekonomi, sosial, dan lingkungan disebut juga sebagai...

A. Pembangunan berkelanjutan.
B. Pembangunan berwawasan lingkungan.
C. Pembangunan sosial ekonomi.
D. Pembangunan integratif.
E. Ekonomi pembangunan.

A. Pembangunan berkelanjutan. Keterkaitan pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan dikenal sebagai pembangunan berkelanjutan, di mana ketiga aspek tersebut saling mendukung dan harmonis.

17. Rencana tata ruang tingkat makro berfungsi untuk...

A. Mengatur penggunaan lahan di tingkat nasional.
B. Menyusun aturan-aturan tata ruang di tingkat desa.
C. Menentukan kebijakan pembangunan di tingkat regional.
D. Memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam perencanaan tata ruang.
E. Meningkatkan nilai tata ruang.

C. Menentukan kebijakan pembangunan di tingkat regional. Rencana tata ruang tingkat makro sama dengan RTRW sehingga istilah ini digunakan untuk regional atau daerah. Perencanaan makro merupakan perencanaan secara menyeluruh di tingkat makro meliputi pendapatan nasional, tingkat konsumsi, investasi pemerintah dll. Rencana tata ruang tingkat makro berfungsi untuk menentukan kebijakan pembangunan di tingkat regional, dengan mempertimbangkan kondisi geografis, ekonomi, dan sosial di wilayah tersebut. Cek materi Kebijakan Perencanaan Pembangunan Regional

18. Salah satu aspek penting dalam perencanaan tata ruang adalah evaluasi rencana. Tujuan dari evaluasi rencana adalah...

A. Menilai kesesuaian rencana dengan ketentuan peraturan daerah.
B. Mengindentifikasi kekurangan dan kelebihan dalam rencana.
C. Memperoleh persetujuan dari pihak terkait.
D. Mengukur efektivitas emplementasi rencana.
E. Menentukan peran evaluasi kerja.

B. Mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan dalam rencana. Evaluasi rencana dalam perencanaan tata ruang bertujuan untuk mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan dalam rencana tersebut, sehingga dapat dilakukan perbaikan dan peningkatan rencana selanjutnya

19. Salah satu indikator pengukuran keberhasilan pembangunan sosial adalah...

A. Tingkat pertumbuhan ekonomi.
B. Angka harapan hidup.
C. Jumlah pengangguran.
D. Ketersediaan infrastruktur.
E. Jumlah usia produktif.

B. Angka harapan hidup. Angka harapan hidup digunakan sebagai indikator pengukuran keberhasilan pembangunan sosial karena dapat mencerminkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.

20. Pertumbuhan ekonomi suatu negara dapat diukur menggunakan beberapa indikator. Indikator yang biasa digunakan untuk mengukur pertumbuhan ekonomi adalah...

A. Inflasi.
B. Produk domestik regional bruto (PDRB).
C. Pengangguran.
D. Suku bunga.
E. Devaluasi.

B. Produk domestik regional bruto. PDRB adalah salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu daerah dalam suatu periode tertentu, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan. PDRB menurut harga berlaku digunakan untuk mengetahui kemampuan sumber daya ekonomi, pergeseran, dan struktur ekonomi suatu daerah. Sementara itu, PDRB harga konstan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi secara riil dari tahun ke tahun atau pertumbuhan ekonomi yang tidak dipengaruhi oleh faktor harga.

21. Peta yang memperlihatkan kondisi geografis suatu wilayah disertai dengan unsur-unsur manusia seperti pemukiman, jalan dan sungai disebut sebagai peta...

A. Fisik.
B. Spasial.
C. Tofografi.
D. Politik.
E. Google.

B. Spasial. Peta spasial adalah peta yang memperlihatkan kondisi geografis suatu wilayah beserta unsur-unsur manusianya. Peta topografi adalah peta yang menunjukkan tinggi rendahnya permukaan bumi, relief digambar menggunakan garis kontur elevasi (ketinggian).

22. Salah satu tujuan dari perencanaan adalah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Kesejahteraan masyarakat dapat diukur dengan menggunakan beberapa indikator, antara lain...

A. Pendidikan.
B. Pertumbuhan populasi.
C. Perubahan iklim.
D. Kesenjangan ekonomi.
E. Kesenjangan sosial.

A. Pendidikan. Kesejahteraan masyarakat dapat diukur dengan menggunakan indikator seperti pendidikan, kesehatan dan tingkat kemiskinan.

23. Pendekatan dalam perencanaan yang berfokus pada partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan disebut sebagai pendekatan...

A. Top-down.
B. Bottom-up.
C. Incremental.
D. Rational-comprehensive.
E. Excremental.

B. Bottom up. Pendekatan bottom up dalam perencanaan berfokus pada partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan keputusan. Rasional komprehensif contohnya penyusunan dokumen RTRW. Incremental contohnya penentuan plafond belanja kab/kota dengan estimasi 10% kenaikan dari anggaran sebelumnya.

24. Kawasan yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi disebut sebagai kawasan...

A. Rural.
B. Urban.
C. Suburban.
D. Pesisir.
E. Transmigran.

B. Urban. Urban adalah kawasan yang memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi, dengan kegiatan ekonomi yang dominan. Suburban adalah kawasan yang lokasinya dekat dengan pusat atau inti kota. Rural adalah kawasan pedesaan. Pesisir adalah wilayah peralihan antara daratan dan lautan.

25. Metode dalam perencanaan yang menggunakan pendekatan sistematik dan rasional untuk mencapai tujuan yang spesifik disebut sebagai metode...

A. PERT.
B. CPM.
C. SWOT.
D. RJP.
E. RJPMN.


A. PERT. Program Evaluation and Review Technique merupakan metode yang digunakan dalam perencanaan untuk mengelola proyek dengan pendekatan sistematik dan rasional. Critical path method (CPM) adalah sebuah teknik modeling atau pemodelan. Teknik ini digunakan para project manager untuk memprioritaskan aktivitas atau kegiatan proyek.
26. Kesenjangan ekonomi antar wilayah dapat diukur dengan menggunakan indikator...

A. IPM.
B. GDP.
C. Gini ratio.
D. Inflasi.
E. Deflasi.

C. Gini Ratio. Kesenjangan ekonomi antar wilayah dapat diukur dengan menggunakan gini ratio, yang mengukur tingkat ketimpangan pendapatan. IPM adalah indikator untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia. IPM sebagai ukuran kinerja pemerintah dan penentuan Dana Alokasi Umum (DAU).


27. Salah satu fungsi perencanaan adalah mengoptimalkan penggunaan sumber daya yang ada. Optimasi penggunaan sumber daya dilakukan dengan cara...

A. Meningkatkan produksi.
B. Meningkatkan konsumsi.
C. Mengurangi limbah.
D. Meningkatkan populasi.
E. Mengurangi polusi.

C. Mengurangi limbah. Optimasi penggunaan sumber daya dilakukan dengan cara mengurangi limbah dan memastikan penggunaan sumber daya yang efisien.

28. Salah satu tujuan dari perencanaan spasial adalah...

A. Mengoptimalkan penggunaan ruang.
B. Meningkatkan tingkat kepadatan penduduk.
C. Membatasi mobilitas penduduk.
D. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi.
E. Mengurangi mortalitas.

A. Mengoptimalkan penggunaan ruang. Salah satu tujuan dari perencanaan spasial adalah untuk mengoptimalkan penggunaan ruang yang ada.

29. Salah satu indikator dalam pengukuran tingkat kemiskinan adalah...

A. IPM.
B. BPI.
C. Gini ratio.
D. PDRB.
E. RKA.

B. BPI. Indikator pengukuran tingkat kemiskinan dapat menggunakan BPI (Basic Poverty Index), yang mengukur proporsi penduduk yang hidup dalam garis kemiskinan.

30. Salah satu langkah dalam metode perencanaan RJP (Rational Johansson Planning) adalah...

A. Evaluasi hasil.
B. Penentuan tujuan.
C. Penyusunan program.
D. Identifikasi masalah.
E. Kerangka kerja.

D. Identifikasi masalah. Salah satu dalam metode perencanaan RJP adalah identifikasi masalah yang menjadi fokus perencanaan.

31. Tanggal, waktu dan tempat pelaksanaan suatu kegiatan adalah contoh dari apa yang terdapat pada rencana operasional...

A. Tujuan jangka menengah.
B. Sumber daya yang diperlukan.
C. Indikator pencapaian.
D. Rincian pelaksanaan.
E. Rencana dan aksi.

D. Rincian pelaksanaan. Rencana operasional menguraikan rincian pelaksanaan suatu kegiatan, termasuk tanggal, waktu, tempat dan sumber daya yang diperlukan.

32. Sistem spasial memiliki kegunaan dalam perencanaan dengan beberapa cara kecuali...

A. Analisis wilayah.
B. Evaluasi program.
C. Pengembangan kebijakan.
D. Aplikasi teknologi komputer.
E. Aplikasi berbasi telepon genggam.

D. Aplikasi teknologi komputer. Sistem spasial digunakan dalam analisis wilayah, pengambilan keputusan, evaluasi program, dan pengembangan kebijakan. Aplikasi teknologi komputer bukanlah salah satu kegunaan dari sistem spasial.

33. Salah satu tujuan perencanaan adalah...

A. Menciptakan ketimpangan sosial.
B. Meningkatkan persaingan di antara wilayah.
C. Meningkatkan produktifitas ekonomi.
D. Memperkuat konflik antar daerah.
E. Meningkatkan pengorganisasian.

C. Meningkatkan produktivitas ekonomi. Perencanaan bertujuan untuk meningkatkan produktivitas ekonomi dalam suatu wilayah. TUjuan lainya meliputi keberlanjutan lingkungan, kesejahteraan sosial, dan pengeurangan ketimpangan sosial.

34. Faktor utama yang mempengaruhi kehidupan sosial budaya suatu wilayah adalah...

A. Ketinggian permukaan.
B. Jarak tempuh.
C. Suhu udara.
D. Iklim.
E. Cuaca.

D. Iklim. Iklim merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi kehidupan sosial budaya suatu wilayah. Faktor lainnya meliputi topografi, ketinggian permukaan, suhu udara, dan jarak tempuh. Pengaruh utama adalah iklim.

35. Berikut ini adalah contoh parameter ekonomi dalam perencanaan wilayah...

A. Proses pembangunan ekonomi.
B. Keberagaman budaya.
C. Ketersediaan sarana transportasi.
D. Kualitas lingkungan hidup.
E. Polusi udara.

A. Proses pembangunan ekonomi. Parameter ekonomi dalam perencanaan wilayah berkaitan dengan aspek-aspek yang terkait dengan perekonomian di wilayah tersebut.

36. Salah satu indikator perencanaan ekonomi yang umum digunakan adalah...

A. Indeks pembangunan manusia (IPM).
B. Tingkat kemiskinan.
C. Tingkat pendidikan.
D. Tingkat pengangguran.
E. Banyaknya usia tidak produktif.

D. Tingkat pengangguran. Tingkat pengangguran merupakan salah satu indikator perencanaan ekonomi yang umum digunakan. Indikator lainnya meliputi IPM, tingkat kemiskinan, tingkat kelahiran, dan tingkat pendidikan. Jawaban A digunakan untuk mengecoh..

37. Salah satu langkah dalam perencanaan spasial adalah...

A. Identifikasi kebutuhan masyarakat.
B. Pemetaan wilayah secara detail.
C. Pembangunan infrastruktur tanpa analisis.
D. Pembuatan kebijakan tanpa konsultasi publik.
E. Rekayasa genetika.

A. Identifikasi kebutuhan masyarakat. Langkah pertama dalam perencanaan spasial adalah mengidentifikasi kebutuhan masyarakat. Langkah lainnya meliputi pemetaan wilayah secara detail, pembangunan infrastruktur dengan analisis, konsultasi publik dalam pembuatan kebijakan dan evaluasi implementasi proyek.

38. Analisis spasial bertujuan untuk...

A. Memprediksi potensi bencana alam.
B. Mengoptimalkan penggunaan lahan.
C. Menentukan iklim suatu daerah.
D. Menghilangkan kepadatan penduduk.
E. Menghilangkan usia produktif.

B. Mengoptimalkan penggunaan lahan. Analisis spasial bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan lahan dalam perencanaan wilayah. Analisis ini juga berguna dalam memprediksi potensi bencana alam, menghilangkan kepadatan penduduk dan mengurangi tingkat urbanisasi.

39. Perencanaan sosial memiliki tujuan utama...

A. Meningkatkan ketimpangan sosial.
B. Meningkatkan konflik antarwilayah.
C. Meningkatkan kualitas lingkungan hidup.
D. Meningkatkan partisipasi masyarakat.
E. Mengurangi beban negara.

D. Meningkatkan partisipasi masyarakat. Perencanaan sosial memiliki tujuan utama meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses perencanaan. Tujuan lainnya meliputi meningkatkan kelanggengan wilayah, kualitas lingkungan hidup dan mengurangi ketimpangan sosial serta konflik antarwilayah.

40. Salah satu prinsip dalam perencanaan ekonomi adalah...

A. Pembangunan tanpa mempertimbangkan dampak lingkungan.
B. Implementasi kebijakan tanpa evaluasi.
C. Partisipasi masyarakat diabaikan.
D. Keberlanjutan sumber daya alam.
E. Keberlanjutan sumber daya manusia.

D. Keberlanjutan sumber daya alam. Keberlanjutan sumber daya alam adalah salah satu prinsip dalam perencanaan ekonomi. Prinsip lainnya meliputi mempertimbangkan dampak lingkungan dalam pembangunan, evaluasi implementasi kebijakan dan meningkatkan partisipasi masyarakat.

41. Salah satu alat perencanaan yang sering digunakan dalam perencanaan wilayah adalah...

A. Sistem informasi geografis (SIG).
B. Alat pengukur tinggi tanah.
C. Jenis-jenis batuan.
D. Sistem pencernaan tubuh manusia.
E. Pembuluh darah manusia.

A. Sistem informasi geografis. SIG adalah salah satu alat perencanaan yang sering digunakan dalam perencanaan wilayah. Alat lainnya, seperti alat pengukur tinggi tanah dan jenis-jenis batuan, tidak termasuk dalam alat perencaan wilayah.

42. Penyebab utama perubahan iklim global adalah...

A. Urbanisasi.
B. Penggunaan energi fosil.
C. Pemanasan global.
D. Deforestasi.
E. Erosi.

B. Penggunaan energi fosil. Penyebab utama perubahan iklim global adalah penggunaan energi fosil. Faktor lainnya seperti deforestasi, urbanisasi dan aktivitas vulkanik juga dapat berkontribusi terhadap perubahan iklim tetapi penggunaan energi fosil merupakan penyebab utama.

43. Salah satu tujuan perencanaan spasial adalah...

A. Menciptakan kepadatan penduduk.
B. Membangun kawasan industri tanpa pertimbangan.
C. Memberikan perlindungan lingkungan.
D. Meningkatkan mobilitas penduduk.
E. Mensejahterahkan masyarakat sekitar.

C. Memberikan perlindungan lingkungan. Salah satu tujuan perencanaan spasial adalah untuk memberikan perlindungan lingkungan. Perencanaan spasial melibatkan perencanaan penggunaan lahan, pembangunan infrastruktur, dan pengaturan tata kota berkelanjutan dengan mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan.

44. Indikator pembangunan adalah...

A. Satuan evaluasi.
B. Alat ukur kualitas hidup.
C. Pendekatan kualitatif.
D. Desain kawasan.
E. Desain interior.

A. Satuan evaluasi. Indikator pembangunan merupakan satuan evaluasi yang digunakan untuk mengukur pencapaian dalam pembangunan. Indikator ini bisa berupa alat ukur kualitas hidup, pendekatan kualitatif, desain kawasan atau keberlanjutan ekonomi.

45. Faktor yang mempengaruhi perkembangan wilayah perkotaan adalah...

A. Faktor demografi dan industrialisasi.
B. Faktor tofografi dan kepadatan penduduk.
C. Faktor urbanisasi dan keragaman budaya.
D. Faktor geomorfologi dan mobilitas penduduk.
E. Faktor eksternal.

A. Faktor demografi dan industrialisasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan wilayah perkotaan adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan suatu kota atau wilayah menjadi perkotaan. Dalam hal ini, faktor demografi dan industrialisasi memiliki peran yang penting.

46. Salah satu dampak negatif urbanisasi adalah...

A. Meningkatkan kepadatan penduduk.
B. Meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.
C. Meningkatkan aksesibilitas transportasi.
D. Meningkatkan kesempatan kerja.
E. Meningkatkan pengangguran.

A. Meningkatkan kepadatan penduduk. Dampak positif urbanisasi adalah peningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, aksesibilitas transportasi, kesempatan kerja dan kualitas hidup tetapi bertambahnya kepadatan penduduk bisa jadi dampak negatif.

47. Perencanaan pastisipatif merupakan pendekatan perencanaan yang melibatkan...

A. Partai politik.
B. Organisasi masyarakat.
C. Anggota DPR.
D. Semua jawaban benar.
E. Semua jawaban salah.

B. Organisasi masyarakat. Perencanaan partisipasi melibatkan organisasi masyarakat dalam proses perencanaan, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dan berkontribusi dalam pembangunan.

48. Perencanaan ruang kota dilakukan untuk...

A. Memastikan kelancaran lalu lintas.
B. Mengatur penggunaan lahan secara efisien.
C. Mencegah bencana alam.
D. Semua jawaban benar.
E. Semua jawaban salah.

D. Semua jawaban benar. Perencanaan ruang kota bertujuan untuk memastikan kelancaran lalu lintas, mengatur penggunaan lahan secara efisien, dan mencegah terjadinya bencana alam di kota.

49. Salah satu langkah pemerintah dalam perencanaan ekonomi adalah...

A. Mengatur kebijakan moneter.
B. Membatasi investasi asing.
C. Menetapkan subsidi harga.
D. Semua jawaban benar.
E. Semua jawaban salah.

D. Semua jawaban benar. Pemerintah mengatur kebijakan moneter, membatasi investasi asing, dan menetapkan subsidi harga sebagai langkah dalam perencanaan ekonomi.

50. Memperbaiki bangunan yang telah rusak sebagian dengan maksud menggunakan sesuai dengan fungsi tertentu yang tetap, baik arsitekrut maupun struktur bangunan gedung tetap dipertahankan seperti semula, sedang utilitas dapat berubah disebut dengan...

A. Pembangunan bangunan gedung negara.
B. Rehabilitasi.
C. Renovasi.
D. Restorasi.
E. Reklamasi.

A. Rehabilitasi. Rehabilitasi adalah memperbaiki bangunan yang telah rusak sebagian dengan maksud menggunakan sesuai dengan fungsi tertentu yang tetap, baik arsitektur maupun struktur bangungan gedung tetap dipertahankan seperti semula sedang utilitas dapat berubah. Utilitas bangunan adalah kelengkapan infrastruktur yang menunjang aktivitas di dalam dan luar bangunan dengan baik.

51. Manakah yang merupakan klasifikasi bangunan gedung negara sederhana...

A. Jumlah lantai > 2.
B. Luas bangunan > 500 m2.
C. Rumah dinas tipe A&B, atau C, D, & E yang bertingkat.
D. Luas bangunan s/d 500m2.
E. Luas tanah 72 m2.

D. Luas bangunan s/d 500m2. PERPRES No. 73 Tahun 2011: Klasifikasi Bangunan negara SEDERHANA 1. Bangunan Kantor yang sudah ada disain prototipe-nya/ sd. 2 lantai/luas sd. 500 m2; 2. Rumah Dinas Tipe C,D, dan E; 3. Pelayanan kesehatan: Puskesmas; 4. Pendidikan: lanjutan dan dasar sd. 2 lantai; TIDAK SEDERHANA 1. Bangunan Kantor belum ada prototipe-nya/ diatas 2 lantai/ >500 m2; 2. Rumah Dinas Tipe A B,atau C,D, bertingkat; 3. Rumah Sakit Klas A B; 4.Universitas/Akademi, KHUSUS: Istana Negara/Wisma Negara; 1. Instalasi Nuklir, instalasi hankam ;2. Laboratorium, terminal, stadion OR, rumah tahanan, gudang benda berbahaya, 3. Bangunan Monumental, ged. Perwakilan RI

52. Manakah yang bukan merupakan persyaratan bangunan teknis...

A. Tata bangunan dan lingkungan.
B. Persyaratan bahan.
C. Status kepemilikan bangunan.
D. Persyaratan struktur.
E. Semua jawaban salah.

C. Status kepemilikan bangunan.

53. Yang termasuk komponen standar adalah...

A. Perizinan selain IMB.
B. Penyiapan dan pematangan lahan.
C. Green building.
D. Pekerjaan utilitas.
E. Black building.

D. Pekerjaan utilitas.

54. Apakah dasar hukum e-monev...

A. PP No 39 Tahun 2006.
B. PP No 40 Tahun 2006.
C. PP No 41 Tahun 2006.
D. PP No 42 Tahun 2006.
E. PP No 43 Tahun 2006.

A. PP No 39 Tahun 2006. E-monev adalah aplikasi sebagai media pelaporan data realisasi hasil pemantauan pelansanaak Renja K/L. Fungsi akuntabilitas intervensi pemerintah, baik Renja K/L maupun Rencana Kerja Pemerintah (RKP), pemantauan, evaluasi dan pengendalian pelaksanaan.

55. Manakah yang bukan kategori status pelaksanaan e-monev...

A. Perencanaan.
B. Pemograman.
C. Persiapan.
D. Pelaksanaan.
E. Semua salah.

B. Pemograman.

56. Berwenanng memproses revisi anggaran yang memerlukan penelaahan dan revisi pengesahan untuk substansi tertentu adalah kewenangan...

A. DJPb.
B. KPA.
C. Bendahara.
D. DJA.
E. DJP.

D. DJA. DJA = Direktorat Jendral Anggaran memiliki peran penting dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia

57. Revisi berupa ralat karena kesalahan administrasi, perubahan rumusan yang tidak terkait dengan anggaran, dan atau revisi anggaran lainnya yang ditetapkan disebut...

A. Revisi administrasi.
B. Revisi pagu tetap.
C. Revisi pagu berubah.
D. Revisi pagu indikatif.
E. Revisi layanan.

A. Revisi administratif.

58. Perencanaan yang harus diatur sendiri di internal setiap K/L adalah...

A. Perencanaan penggunaan.
B. Perencanaan pemanfaatan.
C. Perencanaan pemindahtanganan.
D. Perencanaan penghapusan.
E. Perencanaan dasar.

A. Perencanaan penggunaan.

59. Perencanaan pembangunan dikaitkan dengan tujuan tertentu yang harus dicapai dalam kurun waktu tertentu. Salah satu bentuk tujuan yang umum di dalam perencanaan adalah...

A. Pembangunan infrastruktur.
B. Peningkatan pendapatan masyarakat.
C. Pengurangan tingkat inflasi.
D. Menjaga keberlanjutan lingkungan.
E. Menetapkan rencana terkini.

A. Peningkatkan pendapatan masyarakat. Salah satu bentuk tujuan umum adalah peningkatan pendapatan masyarakat. Perencanaan pembangunan bertujuan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan meningkatkan pendapatan masyarakat dapat mengurangi kesenjangan sosial dan meningkatkan standar hidup. Peningkatan pendapatan masyarakat jadi indikator keberhasilan program pembangunan.

60. Perencanaan regional bertujuan untuk...

A. Membangun infrastruktur secara nasional.
B. Mengatur kerjasama antar daerah.
C. Meningkatkan pendapatan masyarakat setempat.
D. Melestarikan keanekaragaman hayati.
E. Menetapkan anggaran.

B. Mengatur kerjasama antar daerah. Perencanaan regional bertujuan untuk mengatur kerja sama antar daerah dalam rangka mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan terkoordinasi antar wilayah. Dalam perencanaan regional, serta pihak-pihak terkait lainnya untuk merencanakan pembangunan infrastruktur, pengembangan ekonomi, pengelolaan SDA, serta peningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah tersebut.

61. Kebijakan yang bertujuan untuk mempengaruhi tingkat kegiatan dan permintaan di dalam perekonomian disebut sebagai...

A. Kebijakan moneter.
B. Fiskal.
C. Perdagangan.
D. Investasi.
E. Moneter.

B. Fiskal. Kebijakan fiskal bertujuan untuk mempengaruhi tingkat kegiatan dan permintaan di dalam perekonomian. Digunakan untuk mengatur pengeluaran dan penerimaan negara.

62. Pada teori ekonomi, produksi yang menghasilkan output maksimal dengan biaya minimum disebut sebagai efisiensi...

A. Alokatif.
B. Teknis.
C. Ekonomi.
D. Dinamis.
E. Fantastis.

B. Ekonomi. Efisiensi ekonomi rujukannya adalah kondisi produksi di mana otuput maksimal diperoleh dengan biaya minimum. Efisiensi ekonomi dapat dicapai dengan mencapai efisiensi alokatif dan efisiensi teknis.

63. Salah satu alat bantu dalam perencanaan spasial yang digunakan untuk menganalisis pengaruh suatu kebijakan atau proyek terhadap lingkungan fisik adalah peta...

A. Tematik.
B. Topografi.
C. Wilayah.
D. Dampak.
E. Akibat.

D. Dampak. Peta dampak adalah salah satu alat bantu dalam perencanaan spasial yang digunakan untuk menganalisis pengaruh suatu kebijakan atau proyek terhadap lingkungan fisik. Peta ini digunakan untuk memperkirakan dampak dari tindakan tertentu.

64. Pemanfaatan ruang pada salah satu bentuk kegiatan perencanaan spasial terbagi menjadi tiga yaitu ekstensifikasi, revitalisasi dan...

A. Reklamasi.
B. Konversi.
C. Transformasi.
D. Rekonstruksi.
E. Rehabilitasi.

B. Konversi. Pemanfaatan ruang pada kegiatan perencaan spasial terbagi menjadi tiga yaitu ekstensifikasi (penambahan ruang), revitalisasi (pemulihan/penyegaran), dan konversi (mengubah tata guna lahan).

65. Upaya pengendalian penyediaan sarana dan prasarana umum untuk menjamin ketersediaan dan pemeliharaan properti pubil dilakukan melalui tahap perencanaan...

A. Jangka pendek.
B. Jangka menengah.
C. Jangka panjang.
D. Jangka sedang.
E. Seumur hidup.

C. Jangka panjang. Upaya pengendalian penyediaan sarana dan prasarana umum dilakukan melalui perencanaan jangka panjang. Perencanaan jangka panjang mengatur pengelolaan properti publik dalam jangka waktu yang lebih lama.

66. Studi kelayakan yang dilakukan pada tahap perencanaan proyek meliputi beberapa aspek, kecuali...

A. Teknis.
B. Finansial.
C. Lingkungan.
D. Hukum.
E. Sosial.

D. Hukum. Studi kelayakan pada tahap perencanaan proyek meliputi aspek teknis, finansial, lingkungan dan sosial masyarakat. Aspek hukum digunakan untuk studi perencanaan yang lebih mendalam.

67. Strategi pemerintah dalam meningatakan partisipasi masyarakat dalam penyusunan kebijakan publik melalui sosialisasi, dialog, dan keterlibatan masyarakat disebut sebagai...

A. Demokratisasi.
B. Delegasi.
C. Partisipasi.
D. Otonomi.
E. Regional.

C. Partisipasi. Strategi pemerintah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat diperlukan untuk mencapai kebijakan yang lebih berkelanjutan dan terukur.

68. Kebijakan yang digunakan oleh pemerintah untuk mengendalikan jumlah uang yang beredar di dalam perekonomian disebut sebagai...

A. Kebijakan moneter.
B. Kebijakan fiskal.
C. Kebijakan perdagangan.
D. Kebijakan investasi.
E. Kebijakan luar biasa.

A. Kebijakan moneter. Contoh kebijakan moneter adalah melakukan pengendalian inflasi. Selain itu, contoh kebijakan moneter juga adalah dengan mengatur jumlah uang beredar di masyarakat. Hal ini mendorong dunia usaha untuk melakukan investasi baru, untuk meningkatkan kesempatan kerja. Instrumen kebijakan fiskal adalah pajak, pengeluaran belanja negara, dan obligasi. Kebijakan fiskal mencakup pengaturan anggaran belanja pemerintah, perubahan tarif pajak, dan program subsidi.

69. RKPD merupakan penjabaran rencana dan program yang berpedoman pada RPJMD dan mengacu pada...

A. RPJPN.
B. RPJMN.
C. RKP.
D. SKPD.
E. KPA.

C. RKP.

70. Dalam perencanaan pembangunan, teknis dasar yang dapat digunakan untuk mengindentifikasi permasalahan adalah...

A. Matriks permasalahan.
B. Diagram alir.
C. Analisis swot.
D. Analisis stakeholder.
E. Analisis biaya manfaat.

A. Matriks permasalahan. Matriks permasalahan adalah teknik dasar dalam perencanaan pembangunan yang digunakan untuk mengidentifikasi permasalahan yang ada dengan menyusun daftar permasalahan dan memetakan keterkaitan antara permasalahan tersebut.

71. Analisis faktor internal dan eksternal dalam perencanaan pembangunan dilakukan melalui...

A. Analisis swot.
B. Analisis biaya manfaat.
C. Analisis stakeholder.
D. Analisis kelayakan.
E. Analisis prioritas.

A. Analisis swot. Strengths, weakness, opportunities, threats) digunakan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi perencanaan pembangunan. Analisis ini melibatkan identifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang ada. Analisis biaya manfaat adalah proses analisis estimasi keuntungan yang akan didapatkan berdasarkan perhitungan biaya dan manfaat dalam suatu proyek. Tujuan utama dari analisis ini adalah untuk memastikan bahwa proyek tersebut bisa menghasilkan return of investment (ROI) yang tinggi.

72. Dalam mengembangkan rencana kerja perencanaan pembangunan, yang perlu diperhatikan adalah...

A. Identifikasi tujuan dan sasaran.
B. Penentuan anggaran.
C. Evaluasi hasil.
D. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi.
E. Konsultasi dengan masyarakat.

A. Identifikasi tujuan dan sasaran. Dalam mengembangkan rencana kerja perencanaan pembangunan, identifikasi tujuan dan sasaran yang akan dicapai merupakan tahap awal yang penting. Hal ini menjadi dasar bagi seluruh aktivitas perencanaan yang dilakukan.

 73. Tahap perumusan rencana kerja dalam perencanaan pembangunan terdiri dari...

A. Identifikasi masalah, analisis permasalahan, dan pengembangan alternatif.
B. Identifikasi masalah, penetapan tujuan, dan evaluasi hasil.
C. Identifikasi masalah, pengembangan alternatif, dan evaluasi hasil.
D. Identifikasi masalah, evaluasi hasil, dan pemantauan pembangunan.
E. Analisis permasalahan, penetapan tujuan dan evaluasi hasil.

A.Identifikasi masalah, analisis permasalahan, dan pengembangan alternatif. Tahap perumusan rencana kerja dalam perencanaan pembangunan meliputi identifikasi masalah, analisis permasalahan dan pengembangan alternatif solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

74. Analisis biaya manfaat digunakan untuk...

A. Mengidentifikasi faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pembangunan.
Menilai efisiensi dan efektivitas suatu proyek pembangunan.
C. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan suatu proyek pembangunan.
D. Melibatkan para pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan.
E. Memperkirakan waktu dan biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan.

B. Menilai efisiensi dan efektivitas suatu proyek pembangunan. Proses membandingkan biaya yang dikeluarkan dan manfaat yang diperoleh dari proyek tersebut.

75. Analisis stakeholder dalam perencanaan pembangunan bertujuan untuk...

A. Mengidentifikasi faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pembangunan.
B. Menilai efisiensi dan efektivitas suatu proyek pembangunan.
C. Mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan suatu proyek pembangunan.
D. Melibatkan para pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan.
E. Memperkirakan waktu dan biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan.

D. Melibatkan para pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan. Analisis stakeholder dalam perencanaan pembangunan bertujuan untuk melibatkan para pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan dan mempertimbangkan kepentingan dan aspek-aspek sosial dalam perencanaan. Tujuannya untuk mengidentifikasi, memahami dan melibatkan para pihak terhadap pengaruh suatu proyek pembangunan, serta mempertimbangkan kebutuhan dan kepentingan mereka dalam proses perencanaan dan pengambilan keputusan.

76. Berikut ini yang bukan termasuk aspek dalam tahapan perencanaan adalah...

A. Perumusan tujuan.
B. Evaluasi.
C. Pengorganisasian sumber daya.
D. Pengendalian pelaksana.
E. A dan B benar.

C. Pengorganisasian sumber daya. Tahapan perencanaan berdasarkan UU 25 Tahun 2004 tentang SPPN tahapan perencanaan penyusunan rencana (perumusan tujuan), penetapan rencana, pengendalian pelaksanaan rencana, dan evaluasi pelaksanaan rencana.

77. Berikut ini yang bukan merupakan anggota Forkopimda adalah...

A. Pimpinan DPRD.
B. Pimpinan kepolisian.
C. Pimpinan kejaksaan.
D. Pimpinan satuan teritoral TNI.
E. Gubernur.

E. Gubernur. PP No 12 Tahun 2022 tentang Forum Koordinasi Pimpinan Daerah. Forkopimda adalah forum yang digunakan untuk membahas penyelenggaraan Urusan Pemerintahan Umum di daerah. Unsur Forkopimda terdiri atas Kepala Daerah, Ketua DPRD, Kepala Kepolisian, Kepala Kejaksaan, dan komandan TNI sesuai tingkatan di daerah. Hubungan kerja Forkopimda provinsi, Forkopimda kabupaten/kota, dan Forkopimcam bersifat koordinatif dan fungsional untuk sinergitas pelaksanaan tugas masing-masing. Gubernur menjabat sebagai ketua dari masing-masing provinsi.

78. Perencanaan yang digunakan untuk mengakomodasi kepentingan pusat dengan wilayah atau daerah merupakan dimensi jenis perencanaan...

A. Rencana top down dan bottom up.
B. Rencana top down.
C. Rencana Horizontal.
D. Rencana mengelinding.
E. Rencana diagonal.

A. Rencana top down dan rencana bottom up. Hierarki atas bawah dan bawah atas terkait dengan soal ada hierarki kepentingan pusat dan daerah.

79. Pendekatan perencanaan pembangunan yang melibatkan seluruh masyarakat disebut...

A. Partisipatif.
B. Politik.
C. Top down.
D. Bottom up.
E. Teknokrat.

A. Partisi[atif. Untuk top down dan juga bottom up memiliki karakteristik melibatkan seluruh masyarakat.

80. Ekonomi yang mempelajari individu dan permasalahan unit-unit ekonominya disebut dengan..

A. Ekonomi mikro.
B. Ekonomi berkesinambungan.
C. Ekonomi makro.
D. Ekonomi pasar.
E. Ekonomi domestik.

A. Ekonomi mikro.

81. Dalam pembangunan tata ruang di suatu wilayah masih sedikit yang memperhatikan faktor fisik lahan. Banyaknya kegiatan pertanian di suatu wilayah namun tidak sesuai dengan RTRW termasuk dalam klasifikasi.....

A. S1.
B. S2.
C. S3.
D. N.
E. Semua benar.

D. N. Sangat Sesuai (S1), Cukup Sesuai (S2), Sesuai Marginal (S3) dan Tidak Sesuai (N)

82. Dalam perencanaan pembangunan "perencana" termasuk sebagai...

A. Profesi.
B. Jabatan.
C. Karir.
D. Pegawai.
E. Semua benar.

B. Jabatan
Baca Juga:

Previous Post Next Post