Jasa Penggilingan Padi, Beras, Kopi | Anas Lampung - Lampung Selatan

Beras merupakan turunan dari padi (Oriza sativa.L) tanaman rumput berumpun dari family poaceae. Ciri-ciri tanaman semusim, berakar serabut, Bagian bunga tersusun majemuk dengan tipe malai bercabang. Batang berupa rangkaian pelepah daun yang saling menopang daun sempurna. Satuan bunga disebut floret yang terletak pada spikelet pada panikula. Buah inilah yang disebut padi berbentuk bulir atau kariopsis. Pada saat musim panennya tanaman ini di potong dengan ani-ani peralatan tradisional panen padi. Bulir-bulirnya dirontokkan sampai habis sehingga menghasilkan padi.


Tanaman pertanian kuno dari benua Asia dan Afrika Barat tropis dan sub tropis. Di Cina 3.000 SM dan fosil butir padi dan gabah ditemukan di Hastinapur Uttar Prades India tahun 100-300 SM. Padi pertama kali dibawa ke Indonesia dari India atau Indocina yang bermigrasi dari daratan asia 1500 SM.  Manfaat Beras : Beras menjadi tanaan penghasil bulir dengan kandungan padat karbohidrat. 

Padi mempunyai kulit luar yang keras ketika sudah digiling kulit ini menjadi sekam. Padi tersebut dipisahkan dari dari jerami dengan merontokkan padi tersebut. Dari rontokan padi ini dikumpulkan oleh petani sehingga menghasilkan gabah, Penjemuran gabah ini dapat berlangsung 2-3 hari tergantung intesitas sinar matahari. Pengeringan dengan mesin jarang digunakan. Gabah Kering Giling (GKG) istilah yang digunakan untuk gabah siap giling yang sudah kering. Inilah yang menjadi fokus usaha kali ini. 

Pabrik penggilingan padi menjadi penggerak UMKM juga dalam bidang produksi padi. Perkembangan usaha ini semakin besar karena kebutuhan akan padi bagi masyarakat Indonesia. Dengan bahan makanan pokok dari beras. 




Usaha  : 

Penggilingan Gabah Kering Giling, sehingga menghasilkan beras. Usaha jasa dengan pembagian dari tonase beras yang digiling. Usaha ini juga menjual beras dari hasil tanam atau pembelian GKG dari petani.

Harga    : -biaya jasa disesuaikan-
                 Beras Rp 10.000-12.000 per Kg, 
* Harga sewaktu-waktu dapat berubah

Jam buka :  07.00 - 12.00 WIB

Pemilik    :  Anas Mulyadi

Telp/HP   : 085369924455


1 Comments

  1. Ada untuk daerah lampung saja gan. Okei kalau mau iklan usaha bayar gk

    ReplyDelete
Previous Post Next Post