natinedJs ⓚ 2017 Fungsi pekerjaan apapun tentunya mempunyau alat bantu. Begitu juga dengna Penjualan atau sales atau umunya disebut marketing mempunyai alat bantu kerja yang disebut dengan Alat Kerja Penjualan (Sales Management Tools). Alat bantu ini bersifat global dapat digunakan untuk berbagai jeni produk sales. Dengan alat bantu tersebut worker dapat menentukan arah untuk mencapai target. Atau layaknya history query bagian dari setiap point catatan penting dari proses sales sehingga dengan alur sesuai dengan query tersebut akan menghasilkan hasil maksimal.
Pipeline list
Banyak digunakan sales/marketing/aacount officer untuk membuat daftar prospek periode 1 minggu, dengan isi laporan :
- Nama dan alamat prospek
- Status aktivitas
- Rencana pembelian/pengajuan dll
- Tanggal pada DSAR, berikutnya untuk harian sales
Ada beberapa ketentuan dalam Pipeline list
- Pipeline list diserahkan pada atasan langsung setiap minggunya
- Minimal terdapat nama 50 prospek tiap meinggu atau disesuaikan dengan AKP
- Form harus diisi sales dan mendapat persetujuan dari pimpinan langsung
Form Pipeline ; DOWNLOAD DISINI
- Daily Sales Activy Report (DSAR)
Pembahasan dalam form ini diantarannya:
- Sejauh mana sales mengetahui dan mengenal prospek, beriktu dengan kebutuhan prospek dan permasalahan yang dihadapi oleh sales
- Bagaimana tingkat keberhasilan sales dalam menggarap prospek
- Mengetahui aktivitas follow up dan atau selanjutnya terhadap prospek
Pelaksanaan DSAR perlu diperhatikan oleh sales dalam mengelola akunya :
- Apakah DSAR dilakuka
- Apakah DSAR dilakukan secara disiplin
- Apakah DSAR dilakukan dengan benar berdasarkan pembagian area dan atau pembagian yang disepakati
- Apakah data dalam DSAR sesuai dengan aktivitas harian sales
Fungs DSAR dasar :
- Alat bantu sales untuk menghasilkan penjualan, dan menigkatkan produktivitas
- DSAR sebagai database sales atau unit usaha
- WSAR juga mempunyai fungsi DSAR sehingga dalam satu minggu terdapat akumulasi sampai pada AKP yang dituju oleh sales
Form DSAR ; DOWNLOAD DISINI
- Analisa Kinerja Penjualan
Berikut merupakan analisa guideline ritme kerja accout officer perbankan atau credit marketing officer lembaga keuangan non bank (LKBB), dalam hal tersebut keterkaitan dengan fungsi penjualan produk lainnya dapat diterapkan secara parsial. Bagian-bagian struktur penjualan dimana konsep tersebut akan mendekati option pada produk lainnya. Misalnya penjualan mobil atau produk Fast Moving Consumer Goods (FCMG)
Target Pencairan
Target Pencairan
Rata-rata pembelian/pengajuan/plafond x % Rasio keberhasilan x Jumlah visit
DownLoad Tool Dalam Mengelola Sales
- Jumlah kunjungan prospek per hari [A] – jumlah prospek BARU yang dikunjungi setiap hari
- % Rasio sukses [B] = jumlah pembeli NoA cair(ytd)/total prospek baru
- Rata-rata plefond pinjaman [C] = total pencairan (ytd)/Noa cair (ytd)
Target pencairan = A x B x C
- Perangkat simulasi yang perlu diketahui dan dipergunakan maksimal dalam penjualan dalam peningkatan produktivitas sales
Alat bantu untu membuat rencana aktivitas sales dalam mencapai target penjualan
Analisa Kinerja Penjualan (AKP) = Ax RK x P
Tags
Lowongan Kerja