Bahaya Walmare Internet Banking dan Tips Aman berInternet Banking!

natinedjs ⓚ2017 Bank Mayapada Pada tanggal 07 September 1989 di Jakarta, dibentuklah PT Bank Mayapada International melalui Akta Pendirian Bank yang disahkan pada tanggal 10 Januari 1990 oleh Menteri Kehakiman Republik Indonesia. Bank mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 16 Maret 1990 dan sejak 23 Maret 1990 menjadi bank umum. Izin dari Bank Indonesia sebagai bank devisa  diperoleh pada tahun 1993. Pada tahun 1995 Bank berubah nama menjadi PT Bank Mayapada Internasional. Dari tahun 1997 hingga saat ini kami menjadi bank publik dengan nama PT. Bank Mayapada Internasional Tbk.

Kegiatan usaha perusahaan yang utama adalah menghimpun dana masyarakat dan menyalurkan dana tersebut melalui pinjaman dalam bentuk fasilitas kredit. Sesuai dengan rencana bisnis bank, kegiatan perusahaan berfokus pada usaha retail dan consumerdan melayani dengan komitmen demi kepuasan para nasabah.

Sejak didirikan, kinerja Bank Mayapada senantiasa mengalami perbaikan, mulai dari menjadi Perusahaan Terbuka (Tbk) , melalui penawaran obligasi, serta penambahan kantor cabang. Hingga saat ini Bank Mayapada memiliki jaringan pelayanan perbankan yang terdiri dari 36 Kantor Cabang, 67 kantor Capem, 75 kantor Fungsional, 12 kantor Kas dan 109 jaringan ATM, serta bekerja sama dengan ATM BERSAMA, dan ATM PRIMA/BCA sehingga total ATM yang dapat digunakan oleh nasabah sebanyak 76.129 ATM serta kartu ATM Bank Mayapada dapat digunakan sebagai debit card di lebih 338.724 merchant jaringan PRIMA yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Bank Mayapada terus meningkatkan kompetensi, melakukan inovasi serta mengembangkan produk dan jasa perbankan bagi semua segmen bisnis. Inovasi dilakukan dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi yang modern.

Pada tanggal 08 Februari 2001, kami menerima seritifkat ISO 9002 yang merupakan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (Quality Management System) dalam bidang operasional perbankan. Sertfikasi tersebut berhasil kami pertahankan hingga sekarang dan telah berubah nama menjadi ISO 9001:2008.Bagi kami keamanan adalah suatu prioritas utama untuk para nasabah kami. Dengan mengetahui tips keamanan yang benar maka akan meningkatkan rasa kepercayaan diri saat melakukan transaksi perbankan. Berikut ini adalah beberapa tips kemanan perbankan :



Pastikan Anda mengakses Mayapada Online melalui alamat resmi di http://www.bankmayapada.com dan klik tombol LOGIN atau langsung ke halaman login Mayapada Online di https://ibank.mayapadaonline.com

  • Jangan mengakses Mayapada Online dari banner-banner yang ada di situs Internet melainkan mengakses langsung ke http://www.mayapadaonline.com di browser Internet Anda
  • Untuk menghindari kesalahan penulisan alamat situs Mayapada Online, simpan alamat situs pada menu favorites atau bookmarks, sehingga untuk selanjutnya jika Anda ingin mengakses Mayapada Online, cukup memilih dari menu favorites atau bookmarks.
  • Periksa sertifikat SSL untuk memastikan bahwa Anda menerima sertifikat SSL yang sah yang telah terdaftar untuk  https://ibank.mayapadaonline.com
  • Pastikan bahwa pada browser Anda terdapat gambar gembok/kunci yang mengindikasikan bahwa halaman yang Anda akses saat ini dienkripsi dengan menggunakan SSL. Jika Anda tidak melihat gambar gembok/kunci, dimohon Anda untuk segera logout.
  • Apabila Anda menerima pesan yang menjelaskan bahwa sertifikat tidak sah, dimohon Anda tidak melanjutkan akses internet banking Bank Mayapada dan segera hubungi MyCall pada nomor  1500029.
  • Jangan meminjamkan, memindahtangankan Token serta memberitahukan PIN Token Anda kepada orang lain.
  • Pada saat melakukan transaksi transfer, pastikan bahwa nama dan nomor rekening tujuan penerima transfer adalah benar.
  • Pastikan bahwa Anda telah logout saat meninggalkan komputer Anda meskipun hanya sesaat.
  • Sebaiknya Anda tidak mengakses internet banking Bank Mayapada di warnet atau jaringan yang tidak dapat dipastikan keamanannya. Lakukan transaksi di tempat-tempat yang terjamin keamanannya, misalnya di PC (komputer) pribadi di rumah, toko maupun kantor.

    Waspadai upaya penipuan dari oknum yang mengatakan sebagai petugas bank/petugas Bank Mayapada melalui telepon, faks atau email, yang menanyakan data pribadi, termasuk PIN Internet Banking dan PIN Token. Karena petugas Bank Mayapada tidak akan meminta atau menanyakan nomor PIN/Password.

  1. Mengganti PIN / Password secara berkala atau segera jika ada indikasi PIN / Password diketahui oleh pihak lain dengan kombinasi angka yang unik dan sulit ditebak.
  2. Waspada Bahaya Phishing & Penipuan Lewat Email
  3. Penipuan Lewat E-mail adalah E-mail yang bertujuan menipu untuk mendapatkan informasi rahasia (kata sandi, Token, dsb) dengan mengatasnamakan situs / lembaga terpercaya (resmi).
  4. Sebagai contoh, Anda mendapatkan email penipuan yang mengatasnamakan Bank Mayapada yang menginformasikan untuk pembaharuan akun internet banking Bank Mayapada Anda (Upgrade Your Account), Anda lalu di arahkan untuk mengklik tautan (link) yang mengarahkan untuk membuka halaman palsu tersebut.
  5. Di Halaman Palsu, perhatikan url / alamat websiteyang tidak sesuai dengan milik bank resmi. Lalu Anda akan diminta mengisi BANYAK DATA yang sifatnya pribadi / rahasia.


Waspadalah saat Anda berada di halaman yang mencurigakan :

  • Bank Mayapada TIDAK PERNAH meminta data User ID, PIN, Nomor Rekening, Nomor Ponsel, Response Token, dsb.
  • Bank Mayapada TIDAK PERNAH menginformasikan tentang akun Anda di Blokir, pembaharuan sistem Bank Mayapada, ataupun meminta Anda mengklik sebuah link. 
  • Di Halaman Asli, URL / alamat website yang benar adalah alamat resmi milik Bank Mayapada & hanya meminta User ID dan PIN Mayapada Online untuk di isi. Pastikan alamatnya adalah https://ibank.mayapadaonline.com
  • Pastikan Anda selalu mengakses website dan e-banking dengan mengetik sendiri alamat www.bankmayapada.com   atau  www.mayapadaonline.com, bukan melalui link dari email yang Anda tak kenal.
  • Jika Anda menerima email penipuan, segera laporkan ke My Call di 1500029 atau hubungi kantor Bank Mayapada terdekat.


Waspada Bahaya Malware

Malware atau Malicious Software (perangkat perusak) adalah software yang dibuat untuk tujuan jahat, khususnya untuk merusak atau mengganggu sebuah sistem. Malware merupakan salah satu metode penipuan saat Anda melakukan transksi elektronik banking dan dapat mencuri data probadi Anda. Beberapa controh adalah :

  1. Trojan yaitu sejenis Virus yang menyamar sebagai berkas lain, misalnya dokumen Excel yang terlampir pada email.Trojan bahkan bisa berfungsi ketika dokumen tersebut dibuka, kemudian akan merusak data / menjebol privasi suatu data.
  2. Worm yaitu sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya sendiri dalam sistem komputer, dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri. Spyware, yaitu suatu Program yang secara rahasia dapat memonitor aktivitas sistem dan mendeteksi password dan informasi rahasia lainnya, lalu mengirim informasi-informasi tersebut ke komputer lain.


Jika Anda menemukan hal yang tidak biasa pada saat bertransaksi internet banking, STOP JANGAN LANJUTKAN! Karena data Pribadi Anda seperti User ID, PIN, Nomor Rekening, Token, dll dapat dicuri oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Beberapa tips pengamanan dalam bertransaksi internet banking adalah sebagai berikut:

  • Bersihkan computer / device Anda dari Malware.
  • Jangan login Internet Banking terlebih dahulu, sebelum perangkat anda bersih dari Malware.
  • Pastikan Anda mengetik alamat URL Mayapada Online yang benar yaitu https://ibank.mayapadaonline.com Untuk amannya simpanlah alamat (bookmark) tersebut dalam browser Anda. 
  • Jangan meminjamkan, memindahtangankan Token serta memberitahukan PIN Token Anda kepada orang lain.
  • Jika Anda melihat keanehan dalam bertransaksi internet banking, stop transaksi Anda dan segera hubungi My Call di 1500029.

Baca juga Tips-tips Lain aman Perbankan

Post a Comment

Previous Post Next Post