natinedJs ⓚ 2017 Penilaian tes ini pada dasarnya tidak ada jawaban benar atau salah, karena aspek penilaiannya didasarkan pada jumlah nilai (skor) yang didapatkan. Kemampuan analisis masalah dan pemilihan jawaban dengan kemungkinan terbaik sangat diperulukan dalam tes ini dari angka 1 sampai 4, atau angka 1 sampai 5. Tergantung dari bentuk soal yang diberikan pada saat ujian.
Secara umum untuk mengerjakan tes Sosio kultur dan manajerial dibutuhkan tips dan trik seperti dibawah ini;
- Pilihlah jawaban yang mencerminkan karakter kepribadian anda.
- Untuk tipe soal dengan dua pilihan jujur dan konsisten, maka konsisten diperlukan karena kadang soal akan diulang-ulang dan jika anda jujur, maka jawabang akan cendrung konsisten.
Secara khusus dari beberapa aspek di atas, anda dapat melakukan beberapa strategi sehingga nilai/skor dari tes karakteristik pribadi anda naik, misalnya seperti;
- Strategi meningkatkan kemampuan sosial budaya
- Budayakan sikap jujur dan hindari kecurangan sekecil apapun.
- Pahami bahwa jika semua berlaku jujur maka tidak akan ada kesempatan oknum berprilaku menyimpang.
- Utamakan prilaku yang benar walaupun menjauhkan teman yang tidak sepaham. Jika melakukan yang benar pasti akan dikelilingi orang yang benar. - Strategi meningkatkan kreativitas dan inovasi
- Cobalah mengerjakan rutinitas dengan cara yang berbeda dari biasanya.
- Cobalah pergi ke kantor dengan rute atau kendaraan yang berbeda.
- Cobalah berpikir yang belum pernah terlintas dalam benak.
- Cobalah sering bertukar ide dan gagasan dengan orang lain yang lebih pintar. - Strategi meningkatkan profesionalisme
- Pahamilah bahwa ketika anda berkomitmen untuk bekerja di suatu tempat maka anda harus mematuhi aturan di tempat itu.
- Tetaplah bekerja secara profesional meskipun banyak rekan tidak.
- Bekerja adalah tanggung jawab. Berusahalah untuk menyukai pekerjaan anda sehingga bekerja bukan menjadi beban. - Strategi meningkatkan jejaring kerja
- Berusahalah menjadi pribadi yang supel dan pandai bergaul
- Semakin banyak mengenal orang maka semakin banyak pengalaman yang anda dapatkan.
- Ambillah sisi positif berdasarkan pengalaman anda dengan klien/mitra kerja.
- Tingkatkan kemampuan komunikasi dan latih cara bicara yang baik, lancar dan sopan. - Strategi meningkatkan integritas diri.
- Pahamilah bahwa semakin anda memiliki integritas, maka semua pihak akan segan dan hormat kepada anda, begitupun sebaliknya.
- Semakin anda tidak memiliki integritas, maka semua pihak akan menyepelekan dan melecehkan anda. Jadi, mulai sekarang milikilah sikap integritas (jujur, tegas, disiplin, dan lain sebagainya). - Strategi meningkatkan semangat berprestasi.
- Berusahalah untuk selalu menjadi nomor 1, menjadi yang terbaik, Kalupun tidak, 3 terbaik. Kalupun tidak bisa anda akan masuk dalam kumpulan orang terbaik karena sudah berniat menjadi terbaik.
- Bergaulah dengan orang-orang yang memiliki semangat berprestasi tinggi agar tertular semangatnya. - Strategi meningkatkan pelayanan publik
- Seorang abdi negara harus bisa melakukan pelayanan publik dalam segala kondisi dan tetap mendahulukan kepentingan orang banyak dengan tetap memperhatikan peraturan yang berlaku.
- Keberhasilan pelayanan publik dapat dilihat dari kualitas prilaku dan tingkat profesionalitas para penyelenggaranya. - Strategi meningkatkan kemampuan teknologi informasi dan telekomunikasi.
- Anda harus terbuka terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang diciptakan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan manusia.
- Setiap perkembangan pasti membawa dampak positif dan negatif terhadap penggunanya maka anda harus menggunakan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sesuai dengan peraturan yang berlaku. - Strategi meningkatkan kemampuan adaptasi.
- Pahamilah bahwa segala sesuatu pasti akan berubah.
- Berkompromilah dengan perubahan yang ada, selama itu baik.
- Biasakanlah menyesuaikan diri dengan lingkungan. - Strategi meningkatkan pengendalian diri.
- Metode pengendalian diri terbaik adalah berpuasa.
- Puasa mampu mendidik karakter manusia untuk menjadi lebih sabat, lebih tahan banting terhadap masalah dan lebih kuat mengendalikan amarah dan nafsu yang merusak. - Strategi meningkatkan kepercayaan diri.
- Pahamilah bahwa manusia berusaha sebaik-baiknya hasil akhirnya ditentukan Tuhan YME.
- Setelah berusaha sebaik mungkin yakinlah bahwa TUHAN YME memberikan hasil yang terbaik.
- Tidak perlu taku dengan hal yang belum terjadi yang sudah terjadi maupun yang sedang terjadi. - Strategi meningkatkan tanggung jawab.
- Pahami bahwa setiap perbuatan kita akan dipertanggungjawabkan.
- Mulai dari hal kecil dan sepele sampai dengan hal yang besar dan penting.
- Tidak ada perbuatan yang luput dari pertanggungjawaban pada akhirnya.
- Dengan memahami dan meyakini cukuplah bagi kita untuk terus berhati-hati dalam setiap perbuatan. - Strategi meningkatkan kedisiplinan dan ketegasan.
- Pahamilah bahwa ketertiban dan keteraturan bisa ditegakkan dengan adanya ketegasan dan kedisiplinan.
- Jika anda tega orang lain akan hormat dan segan kepada anda.
- Jika anda tidak tegas orang lain akan menyepelekan anda. - Strategi meningkatkan efisiensi kerja.
- Biasakanlah untuk tidak menunda pekerjaan.
- Biasakanlah untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
- Manfaatkanlah waktu luang untuk hal produktif.
- Jangan membuang waktu untuk hal yang tidak penting. - Strategi meningkatkan penghargaan terhadap orang lain.
- Sadarilah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
- Tidak ada manusia sempurna hargai orang lain dengan tulus.
- Sadarilah bahwa diri anda memiliki kekurangan.
- Jangan hanya mencari kesalahan pihak lain cari pula kelebihan pihak lain.
- Menghargai dan menghormati orang lain justru membuat anda menjadi orang terhormat. - Strategi meningkatkan toleransi.
- Sadarilah bahwa manusia hidup tolong-menolong.
- Tidak ada manusia bisa hidup sendiri.
- Tidak ada manusia sempurna.
- Semua memiliki kelebihan dan kekurangan.
- Terimalah kekurangan diri sendiri dan orang lain.
- Saling membantu untuk meningkatkan kebahagiaan hidup.
Aspek yang sering di ujikan dalam tek sosial budaya dan manajerial;
- Sosial budaya
- Kreativitas dan inovasi
- Profesionalisme
- Jejaring kerja
- Integritas diri
- Semanga berprestasi
- Kemampuan menggerakkan dan mengoordinasi orang lain
- Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
- Pelayanan publik
- Teknologi dan informasi
- Orientasi kepada orang lain
- Kemampuan beradaptasi
- Kemampuan mengendalikan diri
- Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
- Kemauan dan kemampuan belajar dan berkelanjutan
- Orientasi pada pelayanan
Tags
Tes CPNS