Penjahit - Blora Tailor di Way Halim Bandar Lampung

natinedJs ⓚ 2017 Menjahit menjadi kegiatan usaha yang dapat memberikan kontribusi pada lapangan kerja. Menjahit di kenal sejak 20.000 tahun yang lalu jauh sebelum menenun. Dalam sejarahnya menjahit sudah ada sejak zaman paleolitikum Arkeolog. Di masa itu jarum di buat dari tulang dan gading mamut digunakan untuk menjahit kulit dan bulu binatang. Penemuan lainnya tentang jarum tertua berasal dari Kota Manching, Jerman abad ke 3 SM. Arkeolog Cina juga melaporkan adanya peralatan jahit dan bidal di makam kuno pejabat Dinasti Han.

Penemuan Mesin Jahit. Karl Weisenthal berkebangsaan Jerman membuat mesin jahit pertama kali namun tidak berhasil merancang mesin tersebut untuk dapat digunakan. Kemudian menyempurkanan mesin jahitnya Thomas Saint menciptakan mesin jahit pertama dan sekaligus memberikan hak paten pada tahun 1790. Walaupun seperti itu usaha Saint tidak berjalan dengan baik mesin jahitnya tidak diproduksi dan hanya pada tahapan model dan pendaftaran paten.

Pada tahun 1830 penjahit asal Perancis Barthelemy Thimonnier mematenkan dan menciptakan mesin jahit. Delapan puluh mesin jahit ciptaannya dipakai oleh Angkatan Darat Perancis untuk menjahit seragam tentara. Namun demikian usaha Thimonnier belum bisa berlangsung lama karena dia meninggal dalam keadaan Inggris pailit dan pekerja merusak mesin jahit tersebut karena merasa terancam pekerjaannya diambil alih oleh mesin.

Kemudian Walter Hunt dari New York Amerika Serikat, memodifikasi dan menciptakan mesin jahit pertama jahitan kunci (lock stitch) pada tahun 1834 namun tidak berhasil mematenkannya. Mesin jahit Hunt menjadi pertama kali dengan konsep dua benang, benang atas masuk ke mata jarum sedangkan benang lainnya masuk dari bawah sekoci untuk mengantarkan benang bawah pada kain jahit. Seperti mesin jahit terapan yang saat ini sering kita lihat. Perbaikan penciptaan mesin jahit dua benang tersebut disempurnakan oleh Elias Howe dari Massachussets Amerika Serikat dan mematenkan mesin jahitnya pada tahun 1846.

Beberapa lisensi mengambil kesempatan dala memproduksi mesin jahit ciptaan penemu Lerrow dan Blodgett memproduksi mesin jahit Orson C Phelps dari Boston tahun 1850. Tahun 1851 perusahaan I.M Singer & Company yang dimiliki oleh Singer mematenkan mesin jahit kunci pertamanya. Dua tahun berikutnya Singer sukses sebagai produsen dan penjual mesin jahit terbesar di AS dan dunia dalam bidang mesin jahit tahun 1855. Dan, tahun 1891 Singer mulai memakai motor listrik untuk menggerakan mesin jahit untuk industri komersial. Demikianlah sejarah mesin jahit sehingga sekarang fashion semakin berkembang.

Dari usaha seperti ini beberapa tenaga kerja baik di lokasi menjahit ataupun pekerjaan borongan yang diserahkan ke penjahit lainnya. Usaha menjahit kali ini berpromosi agar meningkatkan pesanan jahitan dengan harga murah di Jagabaya Kota Bandar Lampung.




Usaha :
Berjalan selama 10 tahun dengan usaha menjahit dan bordir pakaian dapat juga untuk vermak jeans dan jenis pakaian lainnya. Biaya murah dengan hasil yang maksimal sesuai dengan harapan waktu penyelesaian dan hasil jadinya.

Lokasi     :





Harga     : Disesuaikan berdasarkan harga jasa yang digunakan.

Pemilik  : Blora Tailor

Telp/HP : 081272411546

Lihat juga : Promosi UMKM lainnya.

1 Comments

Previous Post Next Post