4 Klasifikasi Warna Air Seni atau urin

natinedJs @ 2018. Urin atau air seni merupakan cairan sisa yang di ekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan oleh tubuh melalui proses urinasi. Ekresi urin terjadi agar dapat membuang molekul-molekul sisa dalam darah yang disaring oleh ginjal dan untuk menjaga homeostatis dalam cairan tubuh. Beberapa spesies menggunakan urin untuk melakukan proses komunikasi keberadaan atau komunikasi olfaktori (misalnya tikus, dll). Urin disaring dalam dalam ginjal dibawa melalui ureter menuju kandung kemih dan akhirnya dibuang oleh uretra. 





Urin terdiri dari air dengan komposisi bahan terlarut sisa metabolisme urea, garam terlarut dan sisa metabolisme. Komposisi ini dapat berubah bila terjadi reabsorbsi ketika molekul yang penting bagi tubuh terserap kembali misalnya glukosa melalui molekul pembawa. Cairan yang tersisa mengandung urea dalam kadar yang tinggi dan berbagai senyawa yang berlebih atau berpontensi racun yang harus dikeluarkan oleh tubuh. Bagi tumbuhan urea tersebut memiliki kandungan yang baik untuk meningkatkan pertumbuhannya serta dapat mempercepat proses pembentukan kompos. 

Diabetes merupakan penyakit gula yang bersumber dari berlebihnya gula pada tubuh terkena penyakit gula. Dengan proses melihat komposisi gula pada urin dapat memperlihatkan kadar penyakit gula.

Fungsi utama urin adalah untuk mengelurkan zat sisa berupa racun dari dalam tubuh.

Urin artinya cairan sehingga semakin banyak cairan dalam tubuh dapat menyebabkan cairan sisa yang dibuang akan semakin bening. Hal tersebut terjadi karena tubuh tidak mengalami dehidrasi. Bila jumlah air diminum semakin banyak cairan dalam tubuh semakin meningkat sehingga dapat menyebabkan peningkatan kadar cairan sehingga tidak mudah lelah atau mengantuk.

Gambar diatas memperlihatkan 4 warna yang memperlihatkan keadaan dimana urin dalam keadaan baik atau tidak.

Kuning pekat (orange), artinya manusia sangat butuh banyak minum alias yang satu ini kehausan berat atau sistilah kata kekiniannya dehidrasi tingkat dewa. Dipersilahkan untuk segera mengkonsumsi minum air putih yang banyak.

Means dehydrated, dringk a large water immediately.
Kuning muda (bright yellow), artinya manusia membutuhkan tambahan air dengan memminum air putih sebanyak 2-3 gelas ukuran gelas air putih 250 cc sehingga akan memberikan jumlah air sebanyak 750 cc.

Means fair, dringk 2-3 glases water right now.

Kuning bening (pale yellow), artinya jumlah minum manusia berada pada kisaran rata-rata sudah baik akan tetapi belum bisa memenuhi kebutuhan cairan karena bila dalam kondisi cuaca terik jumlah cairan akan keluar melalui sekresi dan eksresi sehingga diperlukan tambahan air.

Means you are hydrated.

Bening (clear), artinya jumlah minum manusia sudah tercukupi. Akan terjadi frekuensi urinasi lebih banyak dari biasanya karena ginjaal akan membuang zat racun dari dalam tubuh melalui urin.

Means you are well hydrated.

Baca juga Kanker Leher Rahim

Post a Comment

Previous Post Next Post