Identifikasi Rayap dan Cara Penanganannya

natinedJs ⓚ 2018 Serangga dapat dikatakan sebagai hama jika kerusakan akibat populasinya diatas ambang batas. Dengan demikian tidak semua hal dari serangga langsung dikaitkan dengan hama. Tentunya sudah banyak yang tahu tentang rayap. Rayap adalah serangga dari Ordo Blattodea; Isoptera (Baca lagi : Morfolofi Serangga) atau serangga dengan dua saya yang serupa.


Berkenalan lebih jauh tentang serangga yuh!

Rayap biasa hidup berkoloni, sangat menyukai bahan atau benda yang mempunyai zat selulosa, contohnya kayu dan produk turunannya seperti papan serat, triplek, kayu meja, kusen dll. Serangga sosial ini juga dikenal sebagai hama berbahaya bagi manusia. Sedikit tamasya ke alam kartun, bisa kita bayangkan ratu rayap dikartun sangat besar kerjanya hanya bereproduksi dan makan dari makanan yang dibawa rayap pekerja. Kemudian beberapa pengawal rayap menjaga proses repodudksi itu.

Sekilas tentang kartun. Kembali lagi, ke rayap yang sebenarnya. Hidup berkoloni, memiliki kesamaan dengan semut putih perilaku yang mirip. Rayap sebenarnya tidak bersayap akan tetapi beberapa rayap mengalami bentuk bersayap yang dapat dilihat di saat musim awal penghujan dimana terdapat banyak laron di dekat cahaya baik lampu jalan dan dirumah beterbangan.



Serbuk bekas makan selulosa kayu tersebut merupakan ludah atau muntahan rayap yang akan diberikan kepada ratu, Umur ratu dapat mencapai 20 tahun. 

Rayap Raja
                     ⇻⇻⇻ Telur ⇻ Larva (ulat) ⇻ Rayap pekerja, Prajurit, Reproduksi ⇻Imago 
Rayap Ratu

Siklus hidup rayap sampai dengan imago menjadi rayap bersayap atau tidak bersayap. 

3 kasta rayap setelah mengalami perkembangan dari larva
  • Rayap pekerja (worker termite) jumlah koloni rayap ini paling banyak. Tugasnya mencari makanan, merawat induk dan larva. Membangun sarang dan memperbaiki sarang. Rayap dari kasta ini yang merusak kayu, dan membuat gundukan tanah tempat rayap berkembang biak.
  • Rayap prajurit tugasnya adalah menjaga sarang dan keseluruhan koloni. Melawan musuh alaminya seperti semut. Rahangnya besar, digunakan untuk mencapit lawan. Tidak dapat makan sendiri makan dibantu oleh rayap pekerja.  
Kesamaan rayap dari dua kasta ini adalah tidak mempunyai mata alias buta. Mengandalkan penciuman untuk mendapatkan makan. Meninggalkan feromon agar jalur tersebut diketahui oleh rayap lainnya.
  • Rayap reproduksi (alates). Menjadi calon raja dan ratu rayap. Proses migarasi rayap ini dilakukan laron dengan metamorfosis tidak sempurna. Dengan bentuk tubuh ramping dapat terbang sangat jauh untuk membentuk koloni baru. Laronlah asal muasal rayap raja dan ratu.  Keunikan rayap ini memiliki mata, wajar jika dia terus mendekati cahaya. Sayap mudah rontok, kita dapat melihat ketika sayap rontok laron ini masih tetap hidup. Dari sini terjadi perubahan jika laron terpilih menjadi ratu dia akan menjadi gemuk dan akan terus bertelur sepanjang hidupnya.
Dua posisi tawar yang dilakukan rayap; berguna bagi manusia dan juga hama perusak bagi manusia.
Ternyata rayap juga memiliki kegunaan sebagai pengurasi (dekomposer) yang mengurai sisa makanan dan kayu.
  1. Menurut Yunita, E. 2004. Skripsi: Pemanfaatan protein rayap kayu basah (Glyptotermes montanus Kemner) sebagai sumber nutrisi inkonvensional pada produk permen jely. Protein dari ekstrak tubuh rayap untuk sumber nutrisi permen jely. Lihat di Yunita, E. 2004
  2. Menurut Sidabutar, L JP etc. 2013. Tulisan Ilmiah: Pemanfaatan sarang rayap tanah (Termite mound) sebagai pupuk fosfor organik pengganti pupuk fosfor anorganik pada tanah masam. Tanah masam berarti tidak subur. Dengan fosfor dari sarang rayap tersebut dimana kadar fosfor mengalami peningkatan. Lihat di Sidabutar, L JP. etd. 2013.     
Bagaimana dengan rayap yang sudah mengganggu dan dikategorikan sebagai hama karena kerusakan kayu di properti atau rumah atau hotel dan apartemen. Perlu diketahui cara penanganannya bila prapembangunan properti tersebut tidak membuat modifikasi bangunan anti rayap.

Karakter rayap yang umum menjadi kebiasaan rayap (Fakta Menarik Tentang Rayap)
  1. Komunikasi rayap dengan getaran bila terjadi serangan rayap akan membenturkan kepalanya pada bangunan untuk menandakan tanda bahaya.
  2. Tidak pernah tidur bekerja 24 jam 7 hari untuk makan, membangun sarang dan reproduksi.
  3. Ratu rayap menjadi makanan di Cina, dan beberapa tempat penggemar kuliner dari bahan utama Rayap.
  4. Rayap memakan selulosa dengan bantuan parasit Tryconimpha yang memecah enzim selulose dari selulosa menjadi D-glukosa (gula alami).
  5. Rayap koloni besar membangun gundukan tanah sampai setinggi rumah
Bila sudah properti anda sudah mendapat serangan rayap karena tidak membentengi bangunan dengan bahan-bahan anti rayap ada baiknya meminta saran dari teknisi pestisida berpengalaman contohnya dari Atrindo Asia Global, Rentokil, Terminix dll. Seperti menggunakan kayu teras nangka yang kuat menahan serangan rayap (Lihat di Mutiyanah, 2017). Bila membuat bangunan dengan bahan-bahan anti rayap tentunya kejadian serangan rayap di rumah anda tidak perlu terjadi. 

Sangat disarankan menggunakan tenaga ahli karena bila sumber hama dan penggunaan pestisida yang tepat malah akan menambah keganasan dari rayap ini dengan menjadi resisten pada pestisida yang asal-asalan kita gunakan. Dengan teknisi profesional artinya kita akan menyelamatkan pengguna pestisida, aplikator dan juga lingkungan. Di lain sisi produk-produk bahan kimia memang berbahaya bila dilakukan oleh awam, tapi bila dilakukan oleh teknisi pestisida yang sudah biasa menangani masalah hama tentunya akan lebih terkontrol serangan hama tersebut.

Beberapa teknik aplikasi serangan rayap diantaranya:
  1. Treatment pada titik serangan (Spot Treatment) semprotan dilakukan pada sumber serangan dan mencegah perkembangbiakan rayap.
  2. Treatment pada tanah (soil treatment) agar tidak terjadi rayap membangun habitatnya didalam tanah. Karena, rayap bergerak dari tanah kemudian masuk ke dalam bangunan melalui celah-celah bangunan.
Nilai ekonomis dari serangan rayap akan membuat kerugian yang besar apalagi untuk produk kayu yang tidak diberikan anti rayap. Untuk mengurangi kerusakan kayu dan kropos segera konsultasikan pada teknisi pestisida, atau kerugian akan semakin besar.

Post a Comment

Previous Post Next Post