Cara Memperbaiki Keyboard Rusak pada Laptop HP Pavilion

natinedJs ⓚ 2019 Hewlett Packard menjadi salah satu bagian dari teknologi informasi besar. Di bangun oleh Bill Hewlett dan Dave Packard yang terletak di California. Perusahaan ini tidak saja bergerak di bidang komputer banyak bidang lainnya yang ditangani HP termasuk perangkat lunak, gambar digital dll. Uniknya penamaan oleh keduanya ini bukan dengan diskusi panjang dan alot atau rembukkan yang memuakkan akan tetapi keduanya melakukan tos koin untuk menentukan penamaan perusahaan. Apakah nantinya setelah tos koin tersebut terbentuk nama Packard Hewlett atau Hewlett Packard. Tos tersebut dimenangkan oleh Packard dengan permintaan nama Hewlett Packard.


Perusahaan besar ini dibangun dalam satu jam. Perusahaan tersebut dibangun dengan melihat berbagai faktor perkembangan update dunia digital sehingga dia cepat mengurai perbaikan-perbaikan. Mereka berdua mampu menentukan arah perusahaan menjadi seperti sekarang dengan beberapa pesainnya yang kita kenal baik itu Dell, Lenovo dan lain sebagainya. Pasar tetap menyukai desain dan produk HP. Mampu mempengaruhi pasar sehingga tingkat permintaan produk-produk HP tetap stabil.

Mengapa demikian? Ups, artikel ini bukan untuk menjawab tentang pasar.

Kembali ke Topik Cara Memperbaiki Keyboard HP produk Pavilion Yang Rusak.

Pada gambar atas paling awal laptop HP atau produknya di desain dengan keyboard lepas. Atau, keyboard tersebut tidak berada di dalam Body laptop melainkan berdiri sendiri seperti keyboar pada PC. Bila mengalami kendala dimana ada satu tombol yang terus menerus seperti seolah tertekan dan akan selalu memunculkan huruf atau angka tersebut ada dua kategori permasalahan dalam keadaan tersebut.

Kategori pertama :

Bagian toots tombol atau dalam arti lain mekanik atau penyangga tombol agar pada saat naik keatas dapat tertahan rusak. Karena, bagian mekanik tersebut sangat kecil berada di dalam keyboard. Langkah pertama pastikan bahwa tombol yang selalu seperti tertekan tersebut kita pantau. Kemudian, bila dalam beberapa detik tombol memunculkan huruf yang tidak kita tekan tunggu sampai beberapa saat. Bila kita sudah mampu membuatnya netral kembali artinya cursor sudah tidak melakukan aktivitas apa-apa.

Contoh : 33333333333333333333333333333333333333333

Tanpa ada aktivitas tekan tombol cursor akan membuat huruf atau angka seperti contoh terus-menerus. Bila kondisi tersebut kita alami akan sulit untuk masuk dan login akun laptop karena akan sangat menggangu pada saat akan memasukkan password. Ternyata untuk memperbaiki kondisi tersebut cukup mudah dengan cara yang cukup praktis dan mudah diterapkan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk memperbaikinya.

Kemudian coba tekan bagian rusak tersebut dengan sangat halus. Bagaimana efeknya? Dengan sentuhan yang sangat halus cursor akan melakukan aktivitas membuat huruf atau angka pada bagian keyboard yang rusak.

Cara memperbaikinya:

Ambil plat atau klip tipis seperti pic gitar atau bagian tajam pada pemotong kuku. Masukkan ke dalam celah-celah keyboard. Lakukan perlahan untuk mengangkat keyboar keluar dari body laptop. Bila tidak menginginkan hal tersebut cukup angkat saja satu tombol yang terindentifikasi rusak tersebut.

Gunakan dua jari untuk dapat mengangkat bagian tombol yang rusak tersebut. Bila sudah dapat terangkat pastikan bahwa mekanik bagian plastik penahan kecil tersebut tidak ada yang rusak. Kemudian kaitkan tali ke dalam mekaniknya. Seperti pada gambar di bawah ini.


Bagian yang diberikan tali nilon tersebut untuk penahan agar tidak terjadi penekanan otomatis pada tombol yang rusak. Dengan melakukan percobaan ini tanpa harus mengganti keyboard dengan biaya mahal cukup lakukan teknik tersebut. Karena, harga keyboard HP cukup mahal kurang lebih Rp 300.000,- plus biaya servis.

Kategori kedua :

Kondisi rusak keseluruhan. Desain yang dibuat oleh HP sangat mudah di perbaiki sehingga dapat dengan mudah kita lakukan perbaikan dengan membeli keyboard HP secara online dengan ongkos hanya sekitar Rp 100.000,-.


Cabut konektor pada bagian keyboard yang rusak tersebut. Ganti dengan keyboard baru yang sudah di beli agar dapat terpasang. Dengan kondisi Operating System baik pada Microsoft dan juga OS lain sudah mendukung setiap hardware baru yang dimasukkan dapat langsung update software sehingga keyboard tersebut dapat langsung digunakan.

1 Comments

  1. Infonya cocok. Pake laptop HP awalnya saya kira virus keyboard ternyata disini jawabannya. Untuk ganti keyboard HP ternyata mudah. Jangan lupa kunjungi hendrasuhen@blogspot.com

    ReplyDelete
Previous Post Next Post