Cara Google Berpartisipasi Dalam Pengembangan Usaha

natinedJs ⓚ 2019 Google merupakan platform raksasa mengembangkan berbagai konsep web dan aplikasi yang dikembangkan guna menunjang berbagai kebutuhan masyarakat. Dalam artikel sebelumnya kita sudah mengenal Titik Lokasi di Google Maps dan Cara Membuat Google Form. Keduanya sangat menunjang berbagai aktivitas terutama bila kita mempunyai usaha dan ingin agar usaha kita dikunjungi banyak orang melalui Google Maps pasti sangat menyenangkan. Berbeda dengan kita ingin membuat form pendaftaran misal kita memiliki usaha di bidang pencarian tenaga dengan Google Form tersebut akan mudah melihat berapa banyak peminat dan calon pekerja di perusahaan kita.

Google membangun konsep untuk membangun dan mengembangkan usaha lewat Google my maps. Download via Play Store disini atau simak dan baca penggunaannya melalui web disini. Google My Business tepatnya digunakan untuk mempromosikan usaha baik mikro kecil dan menengah atau usaha-usaha berkembang lainnya agar dapat di lihat oleh pengguna Google Maps. Dapat menampikan profil bisnis yang kita kelola. Semua update dapat dilihat di listingan penelurusan maps.

Dengan menggunakan Google My Business akan membuat pelanggan usaha kita mudah menjangkau tempat usaha dan memberikan review terkait dengan produk usaha tersebut, Review dari suasana tempat usaha dan juga pelanggan akan lebih mudah didapatkan karena tidak memerlukan iklan berbayar tapi pelanggan akan mudah melihat berbagai review sehingga akan mendatangkan pelanggan lainnya secara langsung.

Fitur lain yang ditawarkan oleh Google Bisnisku adalah fitur membuat situs usaha. Situs gratis tidak berbayar tersebut akan langsung terindex di pencarian Google atau dengan kata lain indexing keyword pencarian Google melalui Web Mastertools. Dalam pencarian Google maka situs usaha dapat dilihat oleh pelanggan.



Buat akun Google My Business (Google Bisnisku) anda dengan email yang terkait di telepon pintar atau di web browser melalui chrome.

Proses pembuatan akun Google Bisnisku :

Aplikasi akan membawa kita untuk memilih akun Gmail yang akan dikaitkan dengan akun Google Bisnisku. Terdapat empat item di bagian paling bawah laman aplikasi. Setiap laman mempunyai fungsi tersendiri. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan dioperasikan.


Pada bagian paling atas terdapat alamat lokasi usaha sesuai dengan alamat yang dimasukkan di email. Bagian ini dapat di ubah menyesuaikan dengan alamat lokasi usaha sebenarnya.

Goole mengembangkan berbagai alat perhitungan potensial untuk di analisa. Dengan kondisi saat ini dimana profil online hampir mendekati profil real usaha. Kita dapat melihat total akun Google bisnisku yang dilihat, berapa kali penelusuran dan juga aktivitas apa saja yang dilakukan pelanggan di akun tersebut.

Lihat salah satu profil situs yang dibentuk melalui akun Google Bisnisku berikut ini : https://ummiku-fnb.business.site/. Tampilan di Google Maps akan dengan mudah kita dapat membedakan apakah titik di maps tersebut merupakan titik yang di request atau titik yang dibuat melalui Google Bisnisku. Terlihat dari situs bisnis yang dibuat oleh pemilik usaha.

Pelanggan

Pelanggan kita akan mengulas berbagai hal tentang usaha kita. Baik dari sisi produk dan juga tempat usaha serta bagaimana aktivitas usaha tersebut berjalan. Misalnya, usaha tersebut akan dijalankan setiap hari akan tetapi pada saat pelanggan menelusuri ternyata usaha tersebut tidak pernah buka artinya pelangga dapat memberikan review bahwa usaha tersebut sudah tutup permanen.




Profil

Perbaharui profil usahamu sampai pada waktu terupdate. Update logo usaha dan buat iklan terkait dengan produk dan postingan-postingan menarik untuk pelanggan.


Google bukan saja platform raksasa tapi juga perduli. Mungkin, karena pemilik Google juga bekerja dari bawah dan menjadi besar dia tidak menginginkan pengusaha-pengusaha yang menjalankan aktivitas kesehariannya denga mencari uang di jalanan tapi tidak merasakan manfaat dari Google sehingga Google sangat berkonsentrasi untuk membentuk aplikasi terkait dengan perkembangan bersama yang relevan di era digital saat ini. Berbagai pihak dapat terkait dengan berbagai fasilitas digital dan menjadi besar bersama.

Baca juga :
Fungsi dan Manfaat Google Maps

  

3 Comments

  1. Gk lihat email lama dan Gk buka akun bisnis verifikasi ternyata sudah dihapus cache akun g bisnisnya. Via artikel ini akun baru kembali normal. Thx

    ReplyDelete
  2. Bagus gan. Info penting lainnya google membantu menghadirkan pelanggan baru lewat google my business. Kalau boleh tutorialnya lebih lengkap gan? Thx

    ReplyDelete
Previous Post Next Post