Cara Membuat Titik Lokasi di Google Maps

natinedJs ⓚ 2019 Dalam artikel sebelumnya Fungsi Google Maps terdapat dua fungsi maps untuk melihat street view dan juga untuk menjadi penujuk direction kita untuk menuju lokasi yang dituju. Google maps dalam artikel tersebut memberi kemudahan berbagai aktivitas untuk perjalanan dan juga melihat peta secara keseluruhan. 

Cara Membuat Titik di Google Maps

Lihat bagian paling kiri, Garis Tiga pada aplikasi Google Maps di Browser atau Versi Android. Sorot ke bawah untuk mendapatkan link Tambahkan Tempat. Dari kolom tersebut sudah tersedia bagian-bagian untuk mengisi Nama tempat, Kategori tempat, Lokasi tempat dan kolom bagian untuk mengisi No telepon tempat serta jam buka dan beberapa data lain yang dibutuhkan untuk menunjang engine search pada maps.

Pada umumnya, pengguna Maps oleh Google akan mencari titik tersebut dengan metode pencarian. Tapi apabila titik tersebut belum ada pengguna akan kesulitan untuk menentukan kearah mana yang dituju. Untuk memudahkannya pengguna akan mencari tempat terdekat dari tempat yang dituju tersebut dimana lewat Google Maps tempat tersebut belum ada.

Langkah Awal;

Pilih Tambahkan Tempat. Sorot browser sampai memperlihatkan Consumer Information, Add Missing Place (Tambahkan Tempat), dan Add Business. Klik Add Missing Place karena Add Business lebih berhubungan dengan Google My Business. atau tepatnya memperkenalkan bisnis anda melalui Google My Business.


Lihat gambar diatas. Perbedaan dengan android untuk menabahkan tempat hanya ada pilihan Tambahkan tempat. Karena, Google My Business sudah berbasis aplikasi sehingga untuk android dapat langsung di download dan mulai bisnis anda dengan Google.

Langkah Selanjutnya;

Masukkan data-data sesuai dengan titik yang akan anda buat. Cara pengisian Google Maps sangat mudah. Disarankan agar titik tersebut benar berada di titik yang sama pada saat akan di input.

Kolom Nama : Isi nama tempat dengan nama yang sebenarnya berdasarkan keadaan real di tempat yang akan dibuat titik.
Kolom Kategori : Penginapan, Restoran, Sekolah, Kafe, Pusat Perbelanjaan, Bar, Minimarket, Toko Pakaian, Toko perlengkapan rumah, Toko elektronik, Rumah sakit, Bank, Toko Swalayan, Tempat fitnes, Dokter, Pom bensin/SPBU, ATM, Kantor perusahaan, Apotek, Hotel, Musem, Bioskop, dan Klub malam.

Pilihan kategori ini berdasarkan kegunaan oleh user atau pengguna. Mencari tempat-tempat seperti dalam kategori tersebut.

Setelah anda menentukan kategori berdasarkan titik yang akan dibuat. Lanjutkan dengan membuat titik yang sesuai. Pilih melalui peta, dengan cara Klik Update lokasi di peta. Pastikan titik tersebut benar berada di titik itu, lakukan dengan cara memperbesar peta melalui tanda zoom yang berada di bagian samping kanan peta paling bawah. Sorot sampai surrounding atau keada disekitar titik yang akan dibuat telah benar.


Langkah Terakhir :

Tambahkan detail data seperti No telepon tempat, Jam buka, dan juga web site tempat tersebut. Bila terdapat dokumentasi pada titik tersebut dapat menambahkan foto agar dapat memperlihatkan tempat tersebut dengan foto-foto yang sudah tersedia.

Terakhir Klik Send, data-data akan dikirim dan akan dimasukkan sebagai tempat baru dalam Google Maps.


Google Maps memperlihatkan di Sarankan edit. Tempat berhasil ditambahkan. Sudah dapat dilihat dan dengan melakukan metode pencarian tempat tersebut sudah ditemukan. Tinggal berkontribusi untuk memberikan saran dan masukkan melalui Google Maps.

Baca juga :
Alamat Kios Pertanian di Lampung
Alamat Swamitra Depok dan Bogor

Post a Comment

Previous Post Next Post