Cara Membuat Pendaftaran Online dengan Google Form

natinedJs ⓚ 2019 Untuk mengadakan sebuah event atau acara tentunya harus ada partisipan yang mau mengikuti acara tersebut. Akan tetapi banyak kendala dalam hal perekrutan calon peserta. Karena, terkendala budget untuk promosi acara dan lain sebagainya. Akan tetapi di era saat ini semua dapat dilakukan berbasis online. Tinggal bagaimana panitia atau pengelola acara melakuka share informasi tersebut agar semua orang yang berhubungan dengan acara tersebut dapat mengikutinya.

Yuk cari tahu bagaimana mencari peserta dengan online.


Melihat budget yang kecil bisa diartikan kita membutuhkan tools online form yang tidak berbiaya. Atau, bisa menggunakan biaya seperti pada G Suite untuk bisnis. Dalam artikel ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat formulir online tidak berbiaya agar dapat menghemat budget.

Google merupakan platform besar dimana semua fasilitas didalamnya sudah terintegrasi. Kita mengetahui bahwasanya terdapat integrasi antara Google Docs dan Google Drive. Integrasi keduanya merupakan fitur yang memudahkan kita membuat unduhan berupa file .doc, atau excel, dan lainnya. Integrasi keduanya adalah dimana ketika ada calon peserta yang memasukkan data melalui kolom-kolom isian yang kita buat semua data dapat kita tarik dengan excel.

Artinya kita sudah mendapatkan banyak data calon peserta yang akan mengikuti acara tersebut. Tapi, panitia wajib memastikan link formulir online dikirim melalui sosial media seperti Google+, Facebook, Twitter, WA, dan lain sebagainya. 

Bagaimana Cara Membuat Formulir Onlinenya seperti dibawah ini;

1. Login ke Google Drive (Klik Link, bila belum mempunyai akun G Drive).
  • Dari halaman beranda klik kunjungi Google Drive. Masuk melalui akun G Mail baik milik usaha atau panitia. Setelah masuk ke G Drive, klik bagian kiri atas BARU kemudian klik lainnya. Kemudia terdapat link muncul Google Formulir, muncul lagi formulir baru.


2. Formulir masih dalam tampilan default. 
  • Kita sudah dapat membuat formulir baru. Dimana diawal kita dapat membuat judul dan satu opsi pertanyaan untuk formulir online. Isi setiap opsional yang kita butuhkan sesuai dengan format pertanyaan dalam formulir.

3. Menambah atau mempercantik Formulir
  • Kita dapat mengubah tampilan dari formulir agar terkesan lebih memberikan warna. Dan, memberikan konsep sesuai dengan tema dari acara yang akan kita buat. Atau membuatnya dengan tampilan sesuai dengan format foto acara yang akan dibuat.
4. Menyalin link.
  • Terdapat link yang sudah jadi setelah kita membuat beberapa pertanyaan dalam mencari calon peserta dalam acara. Link inilah yang kita salin agar dapat dikirimkan ke berbagai media sosial. Kemudian setiap orang dapat mengakses link tersebut dengan masuk melalui Browser. 

5. Calon Peserta dapat mengakses formulir.
  • Link aktif tersebut merupakan link yang dapat diakses calon peserta. Dengan memasukkan data sesuai dengan yang diminta dalam link tersebut. Dan wajib diisi bila tidak diisi calon peserta tidak dapat melanjutkan untuk menjadi peserta acara tersebut.

6. Tanggapan Calon Peserta
  • Formulir tersebut sudah jadi sehingga kita dapat melihat setiap respon dari calon peserta. Dan, data tersebut sudah kita dapat lihat melalui Google Spreadsheet.
Lihat juga data yang sudah masuk melalui formulir tutorial yang terdapat pada link dibawah ini;

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1upMw9z-Yu17ir2IEXin5YmJ7J30EPL5R3-q_nbDIb6I/edit#gid=2034332724

Data Google Spreadsheet tersebut dapat kita unduh agar dapat menjadi data dalam excel. Sehingga kita bisa mempercepat proses pendaftaran calon peserta.

Baca juga :

Post a Comment

Previous Post Next Post