5 Langkah Agar Kredit Bank Tidak Macet

natinedJs Ⓚ2017 Kredit bermasalah, hutang bermasalah jika sudah terjadi wanprestasi atau pembatalan perjanjian sepihak untuk tidak membayar angsuran hutang tersebut. Menurut Prof R Subekti SH dalam buku Hariyani I tahun 2010 menjelaskan bahwa wan prestasi merupakan awal permasalahan kredit.

1. Tidak menyanggupi perjanjian bersama yang disepakati
2. Melaksanakan perjanjian tapi tidak seuai dengan janji tersebut
3. Keterlambatan
4. Melakukan tindakan yang tidak sesuai perjanjian

Harus tetap kita tambahkan bahwa kredit tidak sekedar perjanjian. Terdapat juga hubungan bisnis didalamnya bahwa kredit tersebut akan berguna untuk menunjang usaha. Beberapa tambahan lainnya;
a. Pendapatan usaha digunakan menyimpang
b. Etiket buruk untuk tidak membayar angsuran
c. Pemahaman bahwa jaminan merupakan alat penyelesaian hutang.

Rasio kredit bermasalah sangat mempengaruhi kesehatan Bank, bayangkan diri kita pribadi membutuhkan suplemen vitamin untuk kesehatan. Begitu juga Bank sebagai organisasi lembaga keuangan perlu menjaga kesehatannya dengan menjaga kualitas kredit agar tidak menjadi Non Performing Loan (NPL). NPL dalam Sistem Informasi Debitur yang dikeluarkan Bank Indonesia berada pada posisi Due Past Day 90 hari keatas (90+). 


Berarti keterlambatan tersebut setelah 90 hari sudah empat bulan. Saya juga mampu mengembalikan hitungan waktu keterlambatan. Misalnya, hari pertama jatuh tempo tanggal 25, itu adalah hari ke 0 keesokan harinya merupakan hari pertama keterlambatan. Dari sinilah kita menghitungnya, pada hari ke 30 angsuran tersebut sudah dua kali keterlambatan, dan seterusnya. Supaya kita sebagai nasabah perbankan dan lembaga keuangan dapat mengerti bahwa ketika sudah terlambat 90 hari berarti sudah 4 bulan.

Pembahasan kali ini adalah tentang cara mengatasi kredit tidak macet

1. Biasakan membaca Perjanjian Kredit; beserta pasal-pasal didalamnya. 
Baca teliti dan pahami hak dan kewajiban nasabah dalam menjalankan kredit tersebut. Debitur dengan skala Mikro, Kecil dan Menengah biasanya tidak berhati-hati dengan yang satu ini. “Apakah mau dibacakan pak perjanjiannya?” pihak bank. Lanjutkan saja. Akibat bila tidak memahami perjanjian maka nasabah tidak percaya diri dalam menjalankan kredit tersebut. Efeknya seperti kita menggunakan uang saudara kandung kita, dengan perjanjian akan mengembalikan esok.
Apa yang terjadi bila pinjaman uang dari saudar tersebut tidak kembali besok. Karena perjanjian tersebut mengikat dan tidak ada penjelasannya. Sehingga secara tidak langsung kita terburu-buru tapi tidak akan menemukan hasil sehingga uang saudara kita tidak kita kembalikan

2. Biasakan membayar pada saat jatuh tempo; pembayaran angsuran kredit pada saat jatuh tempo merupakan kewajiban nasabah. Diperlukan pendampingan serta atau disebut juga maintaince edukasi nasabah mikro oleh bank dan pemerintah. Bank harus melakukan pendampingan untuk menjadikan kredit pada usaha mikro tersebut relevan dan akan mempengaruhi omsetnya di kemudian hari, pendampingan tersebut akan membuat nasabah semakin layak untuk dibiayai (bankable).

Pembayaran jatuh tempo sudah dikenakan bunga. Beberapa Bank menerapkkan ambil untuk di depan sehingga komposisi pokok dan bunganya tidak rata. Besar di awal untuk pembayaran bunga. Notabenenya Bank berharap bisa membayar upah karyawan dari akutansi pembayaran bunga lebih besar di awal.

Bila kita mengalami keterlambatan, secara umum bank menerapkan keterlambatan sebesar 4 % dari angsuran setiap harinya. Berarti bila angsuran kita 3 juta, dari keterlambatan tersebut kita harus menyisihkan lagi Rp 1.200 per hari. Cukupkanlah kredit tersebut hanya untuk membayar bunga bukan untuk membayar lagi denda keterlambatannya.

3. Mengubah Prinsip Kredit Individu nasabah; biasanya nasabah yang tidak memahami kredit tersebut hanya sekedar perencanaan penggunaan dana saja dan sudah dicairkan oleh bank akan bermasalah nantinya.
Hal tersebut terjadi karena, kredit merupakan aktivitas jenuh. Pada umumnya individu ekonomis, lebih tertarik dengan pendapatan. Sedangkan kredit merupakan pengeluaran wajib. Lebih di uji lagi, rencana untuk membuat sesuatu akan berbeda dengan rencana untuk melanjutkan sesuatu. 

4. Kredit adalah hutang, Nasabah harus menjalankan prinsip kehati-hatian; bank melakukan bisnis kehati-hatian eg; Kompas, Rabu 27 November 2013 PT Bank BCA menyatakan penerapan prinsip-prinsip kehati-hatian dalam kredit. Kita saling menggali Bank atau lembaga keuangan merupakan organisasi profit yang akan mengambil keuntungan dari penggunaan dana kredit.
Bagaimana dengan nasabah?

Nasabah juga pada intinya organisasi invidu profit yang harus mengambil keuntungan untuk kebutuhan rumah tangga dan juga kebutuhan pertumbuhan ekonomi individu tersebut.
Nasabah juga harus mengambil kredit dengan prinsip kehati-hatian. Penerapan prinsip kehati-hatian nasabah dapat tergambar melalui
-      Rasio Piutang setiap bulannya, maksudnya berapa banyak piutang usaha yang belum kembali dalam bulan itu apakah akan terlambat dari perjanjian atau tidak. Karena usaha mikro tidak mengenakan dengan pada piutang konsumennya.
-      Rasio modal cadangan pada saat piutang akan menjadi atau sudah menjadi piutang tak tertagih, artinya pengusaha harus mempunyai modal dicadangkan untuk mengantisipasi piutang. Konsep ini biasanya terjadi pada pengusaha ibu-ibu, modal kerja yang diterima Rp 20 juta nasabah hanya menggunakan Rp 10 juta sisanya modal dicadangkan
-      Serta kekuatan modal cukup atau rasio kecukupan modal serta sudah mendapatkan hasil untuk operasional usaha dan juga rumah tangga.

Semua tawaran kredit menggiurkan, aku bisa ini dan itu dengan pinjaman ini dan itu. Aku mau buka toko ini dan itu. Khayalan/keinginan manusia. Kredit bukan untuk menghayal tapi untuk melanjutkan rencana dari usaha tersebut. Atau visi dan misi organisasi usaha tersebut, ingin berkembang seperti apa. Penggunaan uang yang tidak produktif berpotensi menimbulkan kemacetan.

5. Melakukan review secara berkala kredit tersebut; dalam istilah komputer melakukan refresh memperingatkan perjanjian kredit yang muncul serta track record pembayaran yang sudah berjalan. Apakah pembayaran angsuran tersebut tepat dari keuntungan usaha atau tidak? Bila tidak kita harus kembali pada klausul.
Perjanjian tersebut dibuat secara invidu. Dan, harus dijalankan tersebut. Sehingga harus benar-benar diketahui isi dari perjanjian tersebut.
Asas kepribadian (Privity of Contract) bersumber dari pasal 1340 KUHP, yang menyatakan tentang berlakunya perjanjian. Hanya berlaku terbatas pada pihak-pihak yang membuat perjanjian itu saja. Pihak ke 3 yang berada diluar perjanjian tidak diperkenankan menuntut suatu hak dalam perjanjian tersebut. 


6. Terjadi kemacetan; Kredit tersebut bermasalah karena faktor lain seperti kesehatan debitur dan juga kecelakaan. Ambil kesempatan untuk Restrukturisasi dan atau penghapusan Hutang menurut UU No 10/1998 tentang UU Perbankan dan Peraturan Bank Indonesia No 7/2005 tentang restrukturisasi dan penghapusan kredit macet (Hariyani, 2010).

Minimalkan resiko beban kewajibah nasabah atau debitur. Cara ini banyak diterapkan pada krisis ekonomi tahun 1997 di Indonesia serta negara-negara yang mengalami depresi ekonomi.
Sedikit pengamatan, tentang restrukturisasi. Banyak permohonan debitur tidak disetujui untuk memperkecil angsuran tersebut, dari sisi agunan rata-rata kredit mikro mempunyai pagu nilai agunan yang lebih besar daripada kreditnya. Kebanyakan rata-rata kredit yang direstrukturisasi dari nasabah-nasabah dengan fasilitas kredit yang besar.

Sedangkan nasabah mikro dipaksa untuk melunasi hutang-hutangnya melalui jual jaminan sukarela atau lelang. Debitur mikro kesulitan untuk memperoleh akses tersebut akibat kurangnya informasi (Hariyani, 2010).

Kita harus sama-sama memahami bahwa kredit tidak selamanya berawal dari nasabah, ada dua sisi mata uang yang mempengaruhi kesehatan kredit tersebut baik itu nasabah maupun bank. Jadi, harus tetap terbentuk kerjasama lagi untuk tetap memberikan solusi jitu kepada nasabah.

Nasabah mempunyai istilah begini “Waktu dulu nawarin kredit senyumnya manis banget, tapi kalau sudah Terlambat sehari saja nagihnya sudah kayak Setan”. Hal itu memang mungkin sudah menjadi layaknya orang bawah akan selalu tergencet.

Jadi nasabah harus selalu ingat dengan Hukum Perbankan UU Perbankan (UU 10/1998), PBI No 7 2005, PP 14 2005 dll tentang fasilitas restruktur dan penghapusan kredit macet agar pihak-pihak berkepentingan Debitur, Bank dan lembaga keuangan non bank, Bank Sentral Bank Indonesia, dan pemerintah tidak dirugikan.

Daftar Pustaka
Hariyani I. 2010. Restrukturisasu & Penghapusan Kredit Macet. Jakarta (ID): Media Komputindo Kompas Gramedia.

47 Comments

  1. Sarannya bagus bgd selama ini gk pernah pengen tau tentang perjanjian kredit. Kalau ada kolektor bisanya cuma diem saja. Apalagi kolektorny suka maksa untk bayar. Namanya kita usaha pak

    ReplyDelete
  2. Anda tidak bisa percaya apa yang saya dapatkan, ... Pinjaman sebesar $ 160.000. Saya telah mencari pinjaman selama 2 tahun terakhir sampai saya dirujuk ke pemberi pinjaman yang sah. Meskipun tidak mudah untuk menyetujui pinjaman saya, karena Anda tahu tidak ada yang baik menjadi mudah. Tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu seminggu, saya hanya harus mengamankan pinjaman dengan hanya $ 200 sebagai pinjaman tanpa agunan dan sebelum saya mengetahuinya, pinjaman tersebut telah ditransfer kepada saya. Tolong teman, jangan biarkan tubuh menipu Anda dan menipu Anda karena ini nyata. Hubungi mereka di Email: jamesben614@gmail.com

    ReplyDelete
  3. Pelanggan yang terhormat

    Apakah Anda memerlukan kredit finansial yang mendesak ***? * Sangat cepat dan langsung transfer ke rekening bank anda * Pelunasan dimulai delapan bulan setelah pinjaman telah diperoleh * Suku bunga rendah 1,2% * Pelunasan jangka panjang (1-30 tahun) Tinggi * Fleksibel *** maka pembayaran bulanan *. Bagaimana Panjang Akankah dibiayai? Setelah menerapkannya, Anda dapat mengharapkan jawaban awal kurang dari 24 jam pendanaan dalam waktu 72-96 jam setelah menerima informasi yang mereka butuhkan. Hubungi kami melalui e-mail ((iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)))
                   
                   FORMULIR APLIKASI

    1) Nama lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Pendapatan bulanan:
    10) Jumlah pinjaman:
    11) Durasi Pinjaman:
    12) Pinjaman obyektif:
    13) Agama:
    14) Usia
    15) Sudahkah Anda mengajukan pinjaman online sebelumnya? Ya atau tidak?


    Motto Perusahaan:
    Kebahagiaan Anda adalah Penghargaan kami untuk Pelayanan yang Baik (mendapatkan posisi keuangan Anda adalah yang kami inginkan)

    #BBMme PIN: D8980E0B
     
    *Kesopanan:*
    * ((ISLANDAR LESTARI KREDIT UNITY TERBATAS)) *

    ReplyDelete
  4. Apakah Anda memerlukan pinjaman asli?
    Apakah Anda ingin membayar tagihan Anda?
    Apakah Anda memerlukan pinjaman pribadi?
    Apakah Anda memerlukan jenis pinjaman?
    Butuh Pinjaman Bisnis?
    Hanya dengan tingkat bunga 2%, jika Anda ingin stabil secara finansial?
    Lalu kunjungi alamat e-mail tersebut: cindymarialoan@gmail.com

    Isi formulir aplikasi.
    1) Nama lengkap:
    2) Negara:
    3) Jumlah yang Dibutuhkan:
    4) Durasi pinjaman:
    5) Nomor telepon:

    Email: cindymarialoan@gmail.com

    ReplyDelete
  5. Dana cepat dan terpercaya sekarang tersedia hanya 2%. Mencari cara yang dapat diandalkan untuk mendapatkan dana? Apakah Anda berencana memulai bisnis impian Anda tapi belum punya modal? Apakah Anda ingin mendapatkan rumah tapi tidak tahu bagaimana mendapatkan dana yang sangat dibutuhkan? Ini adalah kesempatan emas di depan pintu Anda untuk mendapatkan dana tanpa kerumitan dan stres karena Anda dijamin menikmati layanan keuangan terpercaya yang tersedia untuk semua orang hanya dengan 2%, Mohon kirimkan email kepada kami untuk mendapatkan jawaban cepat di Freemanloanfinance@gmail.com dan dapatkan Disetujui hari ini

    ReplyDelete
  6. Perusahaan kami adalah organisasi hukum, yang telah diciptakan untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan, misalnya bantuan keuangan untuk mendorong stabilitas keuangan moneter global dan pertumbuhan ekonomi dengan cara mengurangi tekanan keuangan. Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan atau dalam krisis keuangan dan Anda memerlukan uang untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau memerlukan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan, mulailah dengan baik, atau Kesulitan mendapatkan lebih banyak pinjaman dari bank lokal, Hubungi kami via Email: carlylefinancialsolutions@gmail.com

    ReplyDelete
  7. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial ?. Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Suku bunga pinjaman kami adalah 3% per membatalkan dengan durasi dinegosiasikan terlepas dari Lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui Perusahaan email Alamat di: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com

    CATATAN: Kami memberikan keluar minimum (3.000 $ / €) untuk maksimal (300,000.000 $ / €) E.T.C. Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam US DOLLAR ATAU EURO, Dan setiap UANG bekas lainnya.

    Hubungi: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com: untuk pinjaman Anda hari ini, kami siap melayani Anda.

    Terima kasih karena kami menunggu Response cepat Anda.
    Clara Banny Pinjaman Perusahaan .

    ReplyDelete
  8. Halo, saya adalah Uskup Elia pemberi pinjaman pribadi, yang memberikan pinjaman dengan suku bunga sangat rendah sebesar 2%. Kami memberikan semua jenis pinjaman seperti pinjaman Pendidikan, pinjaman usaha, pinjaman rumah, pinjaman pertanian, pinjaman pribadi, pinjaman mobil dan alasan bagus lainnya. Program pinjaman kami sangat langsung dan fleksibel karena Kepuasan dan Kesuksesan Finansial anda adalah Tujuan kami. JIKA TERTARIK, untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang melalui Email: bishopelijahloanfirm002@hotmail.com

    ReplyDelete
  9. Apakah Anda mencari pinjaman usaha? Pinjaman pribadi, pinjaman mahasiswa, pinjaman mahasiswa, pinjaman mahasiswa, pinjaman konsolidasi hutang, pinjaman tanpa jaminan, modal usaha, dll jika iya Hubungi kami hari ini di: (serviceguaranteeloanfirm212@hotmail.com
    Halo Pemohon, saya adalah Nyonya Ashley Alex,

    Saya adalah pemberi pinjaman pinjaman, saya ingin Anda tahu bahwa saya akan dapat menawarkan jenis pinjaman apa pun yang Anda lamar. Saya ingin Anda tahu bahwa saya adalah pemberi pinjaman yang disetujui dan bersertifikat dengan pengalaman bertahun-tahun dalam memberikan pinjaman dan saya Memberikan agunan agunan atau non agunan mulai dari $ 2,000.00 - $ 500,000,000.00 USD dengan tingkat bunga tetap sebesar 3% setiap tahun.

    Saya akan menikmati kesempatan untuk berbisnis dengan Anda dan juga membantu mengatasi masalah keuangan Anda di belakang Anda dengan menawarkan pinjaman kepada Anda. Anda berada di tempat yang tepat dan saya ingin meyakinkan Anda bahwa Anda akan senang mengetahui pemberi pinjaman seperti saya. Jika serius dan ingin mengambil pinjaman dari perusahaan kami, isilah informasi peminjam di bawah sehingga kami dapat memulai pemrosesan pinjaman Anda. Nama perusahaan kami SMITH FINANCIAL LOAN COMPANY.

    Email saya oleh: serviceguaranteeloanfirm212@hotmail.com

    INFORMASI BORROWERS

    Nama Anda:
    Negaramu:
    Kotamu:
    Alamat Anda:
    Pekerjaan Anda:
    Status perkawinan anda:
    Status Saat Ini di Tempat Kerja:
    Nomor telepon:
    Pendapatan bulanan:
    Durasi Pinjaman:
    Jumlah pinjaman:

    Terima kasih dan berharap bisa segera mendengar kabar dari Anda, agar kami dapat mengirimkan Syarat dan Ketentuan Pembayaran dan Pelunasan pinjaman

    Email saya oleh: serviceguaranteeloanfirm212@hotmail.com

    Atau silakan hubungi whatsapp via +2347037572807

    Tanggapan cepat Anda terhadap surat ini akan sangat dihargai.

    Salam Hormat
    Nyonya Ashley Alex,

    ReplyDelete
  10. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman?
    Saya direktur Clara Banny Pinjaman Limited,
    layanan pinjaman Clara Banny adalah lisensi kredit investasi hukum, kami menawarkan
    pinjaman kepada orang Individu dan bisnis serta menyediakan
    layanan yang handal dan investasi untuk berbagai pelanggan / calon tingkat
    dengan tingkat bunga yang terjangkau dari 3%, dengan jumlah minimum pinjaman dari
    (3000 $ / €) untuk jumlah pinjaman maksimum (300,000.000 $ / €) dengan
    durasi 1 tahun sampai 35 tahun. Hubungi kami oleh perusahaan
    E-mail di: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com

    Misi perusahaan ini adalah untuk memberikan individu dan perusahaan dengan
    bahwa lembaga kerjasama membutuhkan layanan keuangan membantu mereka
    memenuhi kebutuhan mereka, harapan dan membantu meningkatkan kehidupan pelanggan kami
    dan komunitas mereka. Butuh Pinjaman mendesak ?? disetujui sekitar
    48 jam layanan lengkap kepada pelanggan kami.

    Saya berharap untuk meminta Anda sesegera mungkin untuk melanjutkan
    waktu dekat, kami siap melayani Anda.

    pencari pinjaman yang tertarik untuk mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah Persetujuan ..

    (PEMINJAM INFORMASI)

    Nama lengkap:......................
    USIA.............................
    STATUS PERKAWINAN ..................
    Kontak Alamat:...........................
    Negara....................................
    Negara...................................
    Telepon:.....................................
    E-mail:.....................................
    Pendudukan:................................
    Pendapatan bulanan:............................
    Agama:..................................
    Keluarga terdekat:...............................
    Apakah Anda berbicara atau mendengar bahasa Inggris? .............................

    (PINJAMAN INFORMASI)

    Jumlah Dibutuhkan sebagai Pinjaman: .....................
    Pinjaman Durasi: .............................
    Tujuan Pinjaman: ................................
    Jaminan:................................
    Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? ..........................
    Cara pembayaran: bulanan atau tahunan ....................


    salam benar-benar istimewa.
    Clara Banny Pinjaman Perusahaan .

    ReplyDelete

  11. PELUANG PINJAMAN INVESTASI:

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman? Apakah Anda tertarik untuk mendapatkan jenis pinjaman? Atau apakah Anda khawatir finansial ?. Apakah Anda memiliki utang untuk melunasi? Kami memberikan pinjaman untuk setiap bagian dari dunia. Suku bunga pinjaman kami adalah 3% per membatalkan dengan durasi dinegosiasikan terlepas dari Lokasi atau status kredit. Untuk mendapatkan pinjaman hari ini Hubungi kami melalui Perusahaan email Alamat di: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com

    CATATAN: Kami memberikan keluar minimum (3.000 $ / €) untuk maksimal (300,000.000 $ / €) E.T.C. Permintaan Kredit harus dinyatakan dalam US DOLLAR ATAU EURO, Dan setiap UANG bekas lainnya.

    Hubungi: clarabannyloaninvestmentplc@gmail.com: untuk pinjaman Anda hari ini, kami siap melayani Anda.

    Terima kasih karena kami menunggu Response cepat Anda.
    Clara Banny Pinjaman Perusahaan .

    ReplyDelete
  12. Halo pelanggan berharga berharga,

    Selamat Datang di Eco Teck Company Plc, apakah Anda mencari pinjaman untuk membayar tagihan dan pembiayaan atau investasi Anda dalam proyek ini? Kami menerbitkan perusahaan pinjaman internasional dan individu yang telah ditutup karena bank dan lembaga keuangan lainnya tidak khawatir lagi saat Anda menghubungi kami hari ini dan mendapatkan kredit Anda dengan cepat dan mudah saat Anda mendaftar sekarang.

    Kami menawarkan semua jenis pinjaman sekarang bisnis Pinjaman dan banyak lagi: Jika Anda sangat tertarik dengan kredit
    Tawarkan, silahkan hubungi kami di id email di bawah ini:
    E-mail: ecoteckcompanyplc@gmail.com

    ReplyDelete
  13. Selamat pagi,

    Apakah Anda dalam masalah keuangan? Butuh pinjaman untuk menghapus hutangmu? Atau Anda seorang pria atau wanita yang berniat mengembangkan bisnis mereka. Menawarkan pinjaman dari segala jenis dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2% pada hari ini untuk pinjaman rumah melalui email: Arlenewilliamsloanfinance@hotmail.com) atau whatsapp +2349079785567

    REQUEST FOR LOAN / INFORMATION (DALAM APLIKASI)

    nama:
    Nama:
    negara:
    Jumlah yang dibutuhkan:
    Jangka waktu pinjaman:
    Obyek pinjaman:
    profesi:
    Pendapatan bulanan:
    Tanggal lahir (yyyy-mm-dd):
    Mobile:
    seks:
    Status:

    Salam

    Nyonya Arlene Williams

    ReplyDelete
  14. Selamat siang

    ini adalah dasar dana global, kami memberikan pinjaman per pendanaan proyek tahunan 100% dengan pinjaman aman dan tidak aman yang tersedia kami dijamin dalam memberikan layanan keuangan untuk banyak klien kami dengan paket pinjaman fleksibel kami pinjaman dapat diproses dan dana ditransfer ke peminjam dalam waktu sesingkat mungkin kita beroperasi di bawah persyaratan yang jelas dan mudah dipahami dan kami menawarkan pinjaman kepada semua jenis untuk tertarik klien perusahaan perusahaan dan semua jenis organisasi bisnis, individu swasta dan investor real estate hanya menghubungi kami dengan nama di bawah Jika Anda sedang melihat bagaimana mendapatkan pinjaman hubungi kami kami dapat membantu Anda keluar EMAIL: globalfundfoundation9@gmail.com
    BBM:D8633B93

    ReplyDelete
  15. Selamat siang

    Saya datang dengan sangat hormat kepada Anda, untuk menawarkan layanan saya kepada Anda dengan tingkat bunga yang terjangkau sebesar 2%. Akibatnya, saya adalah direktur pinjaman Mrs. Rose dari perusahaan pemodal bersih saya yang mengkhususkan diri dalam memberikan pinjaman kepada orang serius yang ingin mendapatkan pribadi. Pinjaman untuk bisnis atau untuk mewujudkan impian mereka. Mau yang sebenarnya, mau konkret, entah kualitasnya, dengan perusahaan kita anda akan puas. Kami membuat impian Anda proyek kami.

    SILAKAN HUBUNGI LANGSUNG KEPADA DIREKTUR KAMI:
    Nomor whatsapp: +19513957929

    Jangan ragu dengan menghubungi kami sekarang juga.

    ReplyDelete
  16. Hari yang baik,
    Nama saya Marcu Dorlca, saya berasal dari Romania. Saya ingin memberi keterangan mengenai peminjam yang baik yang menunjukkan saya cahaya selepas dia ditipu oleh dua peminjam antarabangsa yang berbeza di Internet, mereka semua berjanji untuk memberi saya pinjaman selepas mereka membuat saya membayar banyak cukai dan mereka tidak memberi saya apa-apa dan Tidak mempunyai sebarang keputusan yang positif. Saya telah kehilangan wang yang saya hasilkan dan jumlah itu (3,000 euro). Pada suatu hari saya sedang melayari internet yang kelihatan keliru dan kecewa, kemudian saya jumpa kesaksian seorang Wanita yang juga ditipu dan akhirnya terikat dengan kredit yang sah dan boleh dipercayai Puan Alicia Radu (aliciaradu260@gmail.com) di mana dia akhirnya mengambil Pinjaman, jadi saya memutuskan untuk menghubungi syarikat pinjaman yang sama dan kemudian saya ceritakan kepada mereka cerita saya tentang bagaimana saya dirompak oleh dua pemiutang yang berbeza yang tidak lebih daripada memberi saya lebih banyak kesakitan. Saya menerangkan kepada mereka melalui e-mel. Mereka memberitahu saya untuk berhenti menangis kerana saya akan mengambil pinjaman saya dari syarikat mereka dan juga membuat pilihan yang tepat dengan menghubungi mereka. Saya telah menyelesaikan borang pinjaman dan saya telah melakukan semua yang saya telah diminta dan saya telah diberi pinjaman sebanyak 25,000.00 € oleh syarikat yang hebat ini. Di sini saya gembira dengan keluarga saya hari ini kerana ibu Alicia Radu telah memberikan saya pinjaman, jadi saya bersumpah kepada diri saya bahawa saya akan terus memberi keterangan di internet tentang bagaimana saya menerima pinjaman saya. Saya fikir orang lain juga menjadi saksi dan pemiutang yang sama. Adakah anda memerlukan pinjaman kecemasan? Mohon dan cepat hubungi ibu dengan e-mel: (aliciaradu260@gmail.com)
    Anda masih boleh menghubungi saya jika anda memerlukan maklumat lanjut melalui e-mel: (marcudorlca750@gmail.com)

    ReplyDelete
  17. TESTIMONI MEMBERIKAN PINJAMAN DARI KREDIT LAYANAN PRUDEN DAN RAHASIA, ANDA TERLALU DAPAT MENJADI PARTISER ITU!

    Hello Every One, saya adalah Nyonya Caro White dengan nama, warga negara Amerika Serikat. Saya segera ingin menggunakan media ini untuk menyiarkan kesaksian tentang bagaimana Tuhan menuntun saya kepada pemberi pinjaman dan pinjaman Legit nyata yang telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi anugerah, dari tingkat kesedihan sampai seorang wanita sukses yang sekarang dapat membanggakan orang kaya, Kaya dan sehat bahagia tanpa stres atau kesulitan keuangan. Hari ini saya sekarang dianggap sebagai wanita kehormatan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet, tidak ada gunanya dan kebetulan saya jatuh di tangan penipuan, yang menipu saya dengan jumlah $ 2000. Dan saat ini terjadi, saya sangat bingung dan putus asa dan berdoa kepada Tuhan untuk menemukan saya kepada pemberi pinjaman pinjaman nyata dan sah dan tidak akan menambah rasa sakit saya. Jadi saya memutuskan untuk menelepon seorang teman saya yang baru saja mendapat pinjaman secara online, kami membahas tentang masalah ini dan untuk kesimpulan kami, dia menceritakan kepada saya tentang seorang pria bernama Mr. Deacon Francis Johnson yang merupakan CEO FRANCIS JOHNSON CORPORATIVE LOAN COMPANY WORLDWIDE. Jadi saya mengajukan pinjaman sebesar itu ($ 506.000,00), dengan tingkat bunga serendah 3% per tahun, dan saya memberi mereka perusahaan maksimum saya dan mematuhi instruksi yang diberikan kepada saya oleh Institusi, dan segera, pinjaman saya disetujui Mudah tanpa ada tekanan atau penundaan, dan semua persiapan yang dibuat mengenai transfer kredit dan dalam waktu kurang dari dua (2) hari pinjaman yang disimpan ke dalam Rekening Bank saya. Umat ​​saya jauh dan dekat, apakah ini bukan kesaksian yang bagus? Ini sekarang membuat saya percaya bahwa di mana ada yang buruk masih ada yang baik dan jujur. Jadi saya ingin saran Anda yang ada di sana yang ingin mendapatkan pinjaman yang nyata dan asli, untuk menghubungi FRANCIS JOHNSON CORPORATIVE LOAN COMPANY melalui alamat email berikut: (Corporativeloancompany@gmail.com), saya selalu berdoa agar Tuhan di Surga Untuk memberkati dia atas hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidupku. Sekali lagi, hati-hati saat mencari pemberi pinjaman pinjaman online banyak yang menipu! Satu hal yang selalu saya katakan kepada orang-orang adalah bahwa mengajukan pinjaman ke institusi ini, Anda harus memiliki Keyakinan dan Impian yang Bagus.

    Terima kasih dan Tuhan memberkati

    Tertanda
    Nyonya Caro Putih

    ReplyDelete
  18. Apakah Anda seorang pria atau wanita bisnis? Apakah Anda memerlukan dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi hutang Anda atau melunasi tagihan Anda atau memulai bisnis yang bagus, Membeli rumah atau mobil? Transaksi "Pinjaman Investasi"? Kami memberikan pinjaman konsolidasi utang,
    Pinjaman usaha, pinjaman refinancing rumah, pinjaman mobil, pinjaman pribadi
    Dan pinjaman perusahaan dengan bunga 2% per tahun. Apakah Anda dalam kekacauan keuangan atau apakah Anda ditolak oleh bank dan ditipu? Kami menawarkan jenis pinjaman berikut dan banyak lagi, persetujuan cepat, transfer dana yang cepat, berlaku dengan kredit buruk dan sukses. Sampai tingkat keberhasilan 95% ketika Anda mengajukan pinjaman di perusahaan kami; Dari € 2000.00 Minimum sampai dengan maksimum € 9.000.000 Syarat Pembayaran (1-30 tahun) untuk pembayaran, dengan fasilitas standar Kelas Dunia dan untuk memastikan bahwa dana masuk ke rekening bank Anda dalam 48 jam ke depan, kami menawarkan yang berikut. Pinjaman kami diasuransikan dengan baik untuk keamanan maksimal adalah prioritas kami. Jika berminat, silakan balas kepada kami melalui email di aaminahrahmanloancompany@gmail.com, BBpin = D8AD26CA

    ReplyDelete
  19. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memperbaiki bisnis Anda? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Cari tidak lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu !! Kami meminjamkan kepada perusahaan, entitas swasta dan individu dengan bunga rendah dan harga terjangkau 2%. Anda bisa menghubungi kami melalui e-mail via: (lorrainefaye243@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) nama ...........................
    2) Negara .......................
    3) Alamat ......................
    4) Jenis Kelamin ........................
    5) status perkawinan .............
    6) Bekerja ................
    7) Nomor Telepon ...........
    8) posisi di tempat kerja .....
    9) penghasilan bulanan ....................
    10) total pinjaman .........
    11) durasi pinjaman .....
    12) Tujuan pinjaman ..................
    13) Tanggal lahir ........................

            Terima kasih.

    ReplyDelete
  20. Halo,

    ARLENE WILLIAMS FINANCE FIRM hari ini menawarkan pinjaman untuk memenuhi kendala keuangan Anda, terlepas dari situasi Anda yang dimulai pada 5.000 USD. Pada 100 juta USD dengan tarif terjangkau 2%, asuransi gratis, kredit macet diterima. Jumlah pinjaman bisa dinegosiasikan, layanan keandalan yang kami tawarkan. Aplikasi disunat hanya melalui (Arlenewilliamsloanfinance@hotmail.com) atau apa yang sebenarnya Nyonya Arlene Williams +2349079785567 Semua sukses.

    FORMULIR DATA PEMOHON

    Nama lengkap:
    Negara:
    Alamat:
    Nama Perusahaan :
    Nomor telepon:
    Pendudukan:
    Nama perusahaan yang anda pinjam dari:
    Jangka waktu pinjaman:
    Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan:
    Pendapatan bulanan:
    Tujuan Pinjaman:
    Nama situs web tempat Anda menemukan pos tersebut:
    Posisi saat ini di tempat kerja:

    Salam pembuka!

    Mr Williams

    ReplyDelete
  21. Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  22. Halo,
    Nama saya Yuli dari Jakarta Selatan di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari uang Anda, Saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dari seorang wanita di Dubai dan saya kehilangan sekitar 10 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berkali-kali meminta bayaran, saya membayar hampir 10 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman,

    Tuhan menjadi kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya pada Ibu Olivia Daniel, dan saya mengajukan 400 juta, saya pikir itu adalah sebuah lelucon dan Kecurangan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya selamat dari kemiskinan.

    Jadi saya saran semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
    Ibu Olivia Daniel, via email: (oliviadaniel93@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (yuliy3531@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran

    ReplyDelete
  23. Halo, kami adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 1,5%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (hartfordfinancialservice@gmail.com)

    ReplyDelete
  24. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  25. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Mr. Raymond Million, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memiliki reputasi bagus, telah membuka peluang keuangan bagi semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk menghapus hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman modal untuk memperbaiki bisnis Anda? Pernahkah Anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Hanya karena, kita di sini untuk semua masalah keuangan Anda. Kami memberikan bunga sebesar 2% kepada publik, perusahaan dan masyarakat secara jelas dan mudah dipahami, syarat dan ketentuan ini. Tidak diperlukan pemeriksaan kredit, 100% dijamin.
    Email kami di: (raymondmillionloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  26. Do you need 100% Loan? I can serve your financial needs with fewer problems of return that is why we fund you for just 2%. whatever your situation, self-employed, retired, have apoor credit rating, we can help. Flexiblerepayment over 1 to 30 years.Contact us at: ceciliagodfreyloanfirm@gmail.com


    you are looking for a long or short-term loans

    1 Full Name: ............................
    2 Contact Address: .......................

    3.Country:.....................

    4.Sex:...............

    5. Loan Amount Needed: ....................
    6. Duration Loans: ...................
    7. Direct Telephone Number: .................

    Much Love,

    ceciliagodfreyloanfirm

    l
    mrs:cecilia

    ReplyDelete
  27. Halo saya (Angga Maria), yang mengatakan tidak ada ALLAH dia berbohong karena saya adalah rahasia hidup / seumur hidup bagi bangsaku di indonesia dan di negara-negara Asia lainnya di dunia,
    Saat ini saya tidak banyak bicara tapi saya akan saran anda, anda mencoba untuk diri anda. Saat ini saya tinggal di indonesia bersama keluarga saya, kami membuat bisnis sendiri hari ini dan suami saya hidup dengan baik, jadi Pukul 24 saya berada di rumah bersama anak-anak saya ketika saya menerima telepon saya karena saya butuh kecelakaan Uang untuk operasi yang harus dia lakukan / saya pergi ke bank uang yang kami dapatkan, saya berikannya kepada mereka tapi uang itu tidak cukup saya pergi untuk ikut tapi tetap saja saya banyak dia? Jadi tidak mudah dengan saya dan tiga anak saya, saya masuk ke dalam pencarian pemberi pinjaman online Saya adalah korban dari beberapa kreditur penipuan saya adalah seorang yang dilarang di bank dan ditangkap oleh orang-orang yang saya sendiri / saya masuk penjara selama 2 bulan ketika saya Ut Ini saya mencoba dan saya melamar pinjaman yang harus dipinjam ibu sebesar Rp450.000.000,00 sangat mudah dalam 48 jam yang saya isi. Saya sudah menerima saya, jadi saya yang bilang untukaran kebaikan ALLAH Bekerja dan ALLAH akan memberkati ibu (Annisa Ahmad) atas bantuannya jadi tolong jika anda mencari pinjaman, dan pemberi pinjaman yang benar tidak perlu scam semua Yang perlu anda lakukan adalah menghubungi (annisaahmadlaoncompany@Gmail.com) Anda juga bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan tentang cara melakukan (anggamaria60@gmail.com)

    ReplyDelete
  28. Halo saya (Angga Maria), yang mengatakan tidak ada ALLAH dia berbohong karena saya adalah rahasia hidup / seumur hidup bagi bangsaku di indonesia dan di negara-negara Asia lainnya di dunia,
    Saat ini saya tidak banyak bicara tapi saya akan saran anda, anda mencoba untuk diri anda. Saat ini saya tinggal di indonesia bersama keluarga saya, kami membuat bisnis sendiri hari ini dan suami saya hidup dengan baik, jadi Pukul 24 saya berada di rumah bersama anak-anak saya ketika saya menerima telepon saya karena saya butuh kecelakaan Uang untuk operasi yang harus dia lakukan / saya pergi ke bank uang yang kami dapatkan, saya berikannya kepada mereka tapi uang itu tidak cukup saya pergi untuk ikut tapi tetap saja saya banyak dia? Jadi tidak mudah dengan saya dan tiga anak saya, saya masuk ke dalam pencarian pemberi pinjaman online Saya adalah korban dari beberapa kreditur penipuan saya adalah seorang yang dilarang di bank dan ditangkap oleh orang-orang yang saya sendiri / saya masuk penjara selama 2 bulan ketika saya Ut Ini saya mencoba dan saya melamar pinjaman yang harus dipinjam ibu sebesar Rp450.000.000,00 sangat mudah dalam 48 jam yang saya isi. Saya sudah menerima saya, jadi saya yang bilang untukaran kebaikan ALLAH Bekerja dan ALLAH akan memberkati ibu (Annisa Ahmad) atas bantuannya jadi tolong jika anda mencari pinjaman, dan pemberi pinjaman yang benar tidak perlu scam semua Yang perlu anda lakukan adalah menghubungi (annisaahmadlaoncompany@Gmail.com) Anda juga bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan tentang cara melakukan (anggamaria60@gmail.com)

    ReplyDelete
  29. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    ReplyDelete
  30. DAVID DORIS | Halo, Apakah Anda mencari Keuangan / Pemberi Pinjaman yang sah dan terpercaya? Apakah kamu butuh pinjaman? Apakah Anda memerlukan bantuan keuangan yang mendesak? Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman modal untuk memperbaiki bisnis Anda? Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan tingkat bunga 2% kepada perorangan, perusahaan dan perusahaan dengan persyaratan dan ketentuan yang jelas dan dapat dimengerti. Kami memberikan pinjaman dari jumlah apapun ke tujuan manapun jadi hubungi kami hari ini untuk mendapatkan pinjaman instan hari ini. Kirimkan kami email ke: (daviddorisfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  31. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka ada di sini. Menipu Anda dari uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp1.000.000.000,00 dari seorang wanita di Turki dan saya kehilangan sekitar 27 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 27 juta Masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan Bisnis saya adalah tentang menabrak karena hutang.

    Seiring pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaannya adalah GLOBAL FUND dari Nigeria. Saya kehilangan jumlah 13 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman tersebut, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat diandalkan dimana Ibu Ana Michael bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp1.000.000.000,00, Dan mereka meminta surat kepercayaan saya yang saya sampaikan dan setelah mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon dan mungkin ini adalah salah satu tindakan penipuan yang membuat saya kehilangan uang, namun saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melesat ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan bahwa dia tidak Tahu tentang perusahaan fashion saya

    Jadi saya saran semua orang yang tinggal di indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Ana Michael melalui email: (anamichaelguarantytrustloans@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (dianpelangiindonesia@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    ReplyDelete
  32. Halo

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan jumlah yang Anda butuhkan (Annisa Ahmad) ke sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami menginvestasikan Di properti, proyek / bisnis dan juga menawarkan semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah anda ditolak oleh bank lain atau kreditor? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui email di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: annisaahmadlaoncompany@gmail.com

    ReplyDelete
  33. Halo

    Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan jumlah yang Anda butuhkan (Annisa Ahmad) ke sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami menginvestasikan Di properti, proyek / bisnis dan juga menawarkan semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah anda ditolak oleh bank lain atau kreditor? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga terjangkau, kami juga membutuhkan layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui email di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor
    Email: annisaahmadlaoncompany@gmail.com

    ReplyDelete
  34. Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.
     
    Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.
     
    Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan tidak ada biaya pinjaman, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

    ReplyDelete
  35. Hai semua,

    Saya Lady Susan Saya menerima kartu ATM saya yang sudah diprogram dan divalidasi untuk menarik maksimal $ 5.000 per hari untuk maksimal 30 hari via (clara_morgan@outlook.com). Saya sangat senang dengan hal ini karena saya menerima tambang minggu lalu dan menggunakannya untuk mendapatkan $ 150.000. Hacker Clara Morgan memberi The Card hanya untuk membantu orang miskin dan membutuhkan, meski ilegal, tapi ini adalah sesuatu yang keren karena setiap orang tidak dilahirkan dengan sendok perak dan juga memberikan kredit Pinjaman sebesar 2%. Dapatkan milikmu dari Clara Morgan Hacker hari ini! Kirimkan saja email ke (clara_morgan@outlook.com) untuk bertanya....

    ReplyDelete
  36. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi hutang atau memulai bisnis jika saya menghubungi Bishop Elijah melalui mail: bishopelijahloanfirm002@hotmail.com atau apa yang dikatakan oleh Bishop Elijah : +2349035555247

    ReplyDelete
  37. Apakah Anda mencari investasi dan pinjaman pribadi? Cari tidak lebih karena Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! NICALEX FINANCIAL loan Company memberikan pinjaman kepada perusahaan dan perorangan dengan bunga rendah dan tingkat bunga 2%, silahkan hubungi kami via e-mail via: (nicolealex8n@gmail.com)

    APLIKASI DATA

    1) Nama:
    2) Negara:
    3) Alamat
    4) Jenis Kelamin:
    5) status perkawinan:
    6) Tanggal Lahir:
    7) Agama:
    8) Pekerjaan:
    9) Nomor Telepon:
    10) Posisi di tempat kerja:
    11) Pendapatan bulanan:
    12) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    13) Durasi pinjaman:
    14) Tujuan Pinjaman:
    15) Sudahkah anda melamar sebelumnya:

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  38. Apakah Anda memerlukan Pinjaman 100%? Saya dapat melayani kebutuhan finansial Anda dengan sedikit masalah pengembalian, karena itulah kami mendanai Anda hanya 2%. Apapun situasi Anda, wiraswasta, pensiun, memiliki peringkat kredit yang bagus, kami dapat membantu. Flexiblerepayment lebih dari 1 sampai 30 tahun. Hubungi kami di: ceciliagodfreyloanfirm@gmail.com


    Anda mencari pinjaman jangka panjang atau jangka pendek

    1 Nama Lengkap: ............................
    2 Alamat Kontak: .......................

    3.Country: .....................

    4.Sex: ...............

    5. Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: ....................
    6. Durasi Pinjaman: ...................
    7. Nomor Telepon Langsung: .................

    Banyak cinta,

    Ceciliagodfreyloanfirm

    L
    Mrs: cecilia

    ReplyDelete
  39. HARTFORD FINANCIAL SERVICE
    Halo, kami adalah HARTFORD FINANCIAL SERVICE, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi di bisnis di tingkat 1,5%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami dapat diandalkan dan memberikan penerima bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: (hartfordfinancialservice@gmail.com)

    ReplyDelete
  40. Halo,

    ARLENE WILLIAMS FINANCE FIRM hari ini menawarkan pinjaman apapun untuk memenuhi kendala keuangan Anda, terlepas dari situasi Anda mulai dari $ 5.000. Pada $ 100 juta dengan tarif terjangkau 2%, Asuransi gratis, kredit buruk diterima. Jumlah pinjaman bisa dinegosiasikan, layanan keandalan yang kami tawarkan. Aplikasi yang disunat hanya melalui (Arlenewilliamsloanfinance@hotmail.com) atau whatsapp +19513957929 Kesuksesan semua.

    Salam Hormat!

    Nyonya Arlene Williams

    ReplyDelete
  41. Halo,

    ARLENE WILLIAMS FINANCE FIRM hari ini menawarkan pinjaman apapun untuk memenuhi kendala keuangan Anda, terlepas dari situasi Anda mulai dari $ 5.000. Pada $ 100 juta dengan tarif terjangkau 2%, Asuransi gratis, kredit buruk diterima. Jumlah pinjaman bisa dinegosiasikan, layanan keandalan yang kami tawarkan. Aplikasi yang disunat hanya melalui (Arlenewilliamsloanfinance@hotmail.com) atau whatsapp +19513957929 Kesuksesan semua.

    Salam Hormat!

    Nyonya Arlene Williams

    ReplyDelete
  42. Halo,
    Ini adalah untuk memaklumkan kepada orang ramai bahawa Puan Henrietta Fernando, pemberi pinjaman pinjaman swasta telah membuka peluang kewangan kepada sesiapa yang memerlukan sebarang bantuan kewangan. Kami memberi pinjaman pada kadar faedah 2% untuk individu, syarikat dan syarikat di bawah terma dan syarat yang jelas dan difahami. Hubungi kami hari ini melalui e-mel untuk memohon dan mendapatkan pinjaman segera: (henriettafernandoloanfirm@gmail.com)

    ReplyDelete
  43. Halo,
    Saya adalah Nyonya Alicia Radu, pemberi pinjaman pinjaman pribadi yang memberikan pinjaman kesempatan hidup. Apakah Anda memerlukan pinjaman segera untuk melunasi hutang Anda atau Anda memerlukan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Mencari lebih karena kita di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan dana kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi pada bisnis dengan tarif 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang andal dan bermanfaat dan bersedia menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini melalui email di:
    (aliciaradu260@gmail.com)


    DATA APLIKASI

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat:
    4) Negara:
    5) Jenis Kelamin:
    6) Status perkawinan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) Posisi sekarang di tempat kerja:
    10) Pendapatan bulanan:
    11) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
    12) Durasi pinjaman:
    13) Tujuan pinjaman:
    14) Agama:
    15) Sudahkah anda melamar sebelumnya:
    16) Tanggal Lahir:
    Terima kasih,

    ReplyDelete
  44. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  45. Kabar baik !!!!


    Nama saya Mira Mia, CEO sebuah toko pakaian di Malaysia, saya ingin menceritakan kisah saya kepada dunia dan bagaimana saya mendapatkan pinjaman dari Dangote Loan Company untuk memulai toko pakaian saya, beberapa bulan terakhir saya tidak mempunyai uang atau pekerjaan. membuat uang Untuk memulai sebuah toko pakaian, Jadi saya mulai mencari pinjaman dimana-mana tapi tak ada yang mau membantu bank

    Jadi saya putus asa dan mencari-cari secara online tapi saya tertipu karena biaya pendaftaran, biaya lisensi, biaya asuransi tapi tidak ada pinjaman yang diberikan kepada saya. Saya hampir menyerah tapi saya membaca sebuah artikel yang ditulis oleh seorang wanita tentang bagaimana dia mendapatkannya, jadi saya kenyang.

    Perusahaan pinjaman Dangote memberikan pinjaman 2% dan dapat menawarkan jumlah pinjaman yang Anda inginkan, Dangote Loan Company adalah satu-satunya perusahaan online, sehingga Anda dapat memiliki perubahan cerita.

    Hubungi Dangote Loan company Via emai Dangotegrouploandepartment@gmail.com
    dan saya di: miramia124@gmail.com

    ReplyDelete
  46. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  47. Saya adalah Ibu Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. Charity meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah Indonesia (Rp750.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan suku bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajarkan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda memenuhi persyaratannya.

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post