Mengelola Keuangan Dengan Mesin Kasir Online dan Offline

natinedJs ⓚ 2018 Memiliki usaha tentunya harus mempunyai catatan keuangan baik berupa pencatatan manual maupun oleh mesin. Karena setiap usaha tidak mengharapkan kejadian dimana siklus uang usaha tidak terkontrol. Sehingga teknologi menemukan mesin kasir. Cash register merupakan peralatan elektronik yang digunakan untuk mencatat dan menghitung transaksi penjualan usaha. Contohnya paling umum kita temukan adalah supermarket, rumah makan, cafe dan restoran. Mesin memberikan kemudahan usaha berjalan dengan pelaporan barang keluar atau terjual dengan cepat. Setiap angka yang muncul merupakan historical penjualan dan pembeli mendapatkan struk paymentnya.

  

Sejarah Mesin Kasir

Jamus Jacob Ritty merupakan penemu dan membuat mesin kasir tahun 1879 paska perang sipil di Amerika Serikat. Dia merupakan pemilik salon yang berada di Dayton, Ohio Amerika Serikat. Fungsi dari mesin kasir adalah sebagai pencatat komponen pajak dalam sebuah penjualan, dan kemudian perkembangan teknologi membuat mesin kasir kini dikembangkan lebih mudah baik versi digital atau online maupun offline. Seperti Mesin Electronic Data Capture (EDC) yang saat ini menjadi trend yang berbasis digital dan juga barcode Scanner Alat Pemindai barcode.

Dari sejarah tersebut dapat kita ketahui untuk mengembangkan usaha atau bisnis yang aktivitas penjualannya harian sangat memerlukan kasir elektronik. Keadaan ini bukan saja dimiliki oleh pemilik usaha yang mobile bahkan pemilik usaha yang menjalankan usahanya sendiripun disarankan memiliki mesin kasir agar dapat memudahkan pencatatan.

Perkembangan Kasir Online.

Kasir offline, tidak berlalu. Masih terdapat keunggulan dari mesin kasir tersebut karena dapat menyimpan cash money untuk pecahan kembalian penjualan. Akan tetapi mesin ini tidak dapat digunakan mobile dan tidak terintegrasi dalam jaringan sehingga usaha berjalan hanya dapat melihat hasil transaksi secara manual.

Mesin kasir milenial dikembangkan untuk meningkatkan fungsi dasar dari tradisional point of sale (POS). Keunggulannya menyediakan mesin kasir online untuk mengelola penjualan, stok, operational, manajemen pelanggan dan keuangan secara efektif.


Model dan desain mesin kasir milenial sudah disesuaikan untuk kemudahan dan mobilitas. Terintegritas berbasis online dalam jaringan sehingga terdapat satu akun yang digunakan untuk mengakses transaksi penjualan. 

Nadipos dan Olserapos mengembangkan mesin kasir berbasis online. Kasir tersebut sudah memberikan kontribusi perkembangan usaha. 

Nadipos

SPESIFIKASI Mesin Kasir
Ukuran Layar 5.5 Inch Touchscreen
Koneksi internet menggunakan GSM 3G dan Wi-Fi
Terminal Wireless (menggunakan baterai 5200mAh berkapasitas tinggi dan tahan lama)
Printer Thermal
Dilengkapi petunjuk penggunaan

KEUNGGULAN

Laporan Harian
Menampilkan laporan harian secara keseluruhan, berdasarkan menu, maupun berdasarkan tipe pembayaran.

Mudah Dioperasikan
Menyajikan menu antarmuka yang mudah dioperasikan siapapun dengan petunjuk penggunaan yang lengkap.

Bekerja Secara Offline
Aplikasi kasir NADIPOS dapat bekerja dalam keadaan offline (tanpa akses internet).

Terintegrasi Wireless Printer
Terminal dan printer yang terintegrasi tanpa kabel (wireless).

Upgrade Gratis
Gratis pembaharuan (upgrade) aplikasi maupun fitur-fiturnya.

Olserapos

Bekerja sama dengan OVO sebagai alat pembayaran dan juga bagian dari perkembangan bisnis grab. Olserapos megembangkan mesin kasir untuk pembayaran melalui kartu debit, kredit dan juga scan QR melalui aplikasi OVO. Guna menunjang perkembangan usaha Olserapos mengembagkan sistem yang dapat digunakan dengan mudah baik untuk pengelola yang belum kompatibel dengan android maupun pengusaha yang tidak kompatibel dengan perkembangan teknologi daring.

Perkembangan mesin kasir tersebut menjadi bagian dari perkembangan UMKM untuk semakin baik dalam pengelolaan bisnisnya. 

Baca juga :

Post a Comment

Previous Post Next Post