Fungsi dan Manfaat Alat Pembayaran Scan Quick Response (QR) Code atau QRIS

natinedJs ⓚ 2018 Uang Elektronik merupakan perkembangan teknologi dalam bidang keuangan. Ajungan Tunai Mandiri (ATM) mesin tarik dan kelola keuangan digital dalam kartu tersebut dikenal pada era 1950-1960 di Amerika, Eropa dan Jepang. Muncul pula kemudian transaksi uang elektronik melalui online media Nottingham Building Society (NSB) meluncurkan layanan perbankan internet pertama di inggris. Sejarah Internet Banking ini terlaksana pada tahun 1983.


 Perkembanga teknologi saat ini semakin memberikan kemudahan dalam genggaman. Pengguna ponsel pintal semakin dimanjakan dengan perkembangan teknologi alat bayar melalui scan QR Code. Apa itu sebenarnya?. Biasanya kita melihat barcode hanya pada saat mengecek harga di toko modern. Dimana setiap produk sudah ada label barcode untuk mengetahui harga jualnya. Barcode dikembangkan untuk mendapatkan identitas dari tempat usaha tersebut kemudian user atau pengguna dapat membayar pembelanjaannya hanya dengan melakukan scan QR tersebut lalu klik bayar.

Alat bayar ini merupakan modifikasi Quick Response Code (QR Code) yang merupakan suatu jenis kode matriks dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Corporation di Jepang. Teknologinya sudah ada sejak 1994, dewasa ini perkembangannya adalah sebagai alat bayar. Terdapat dua jenis kode Barcode batang hanya menyimpan informasi secara horizontal dan yang kedua adalah QR Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal. Dengan dua lajur tersebut QR Code dapat menampung informasi yang lebih banyak.

Sudah pernah menggunakan QR Code untuk membayar belanjaan, pastikan saldo ada di aplikasi digital kalian. Lihat beberapa QR Code yang dikembangkan oleh perusahaan digital dibawah ini;

1. Alat bayar GO PAY
  • Aplikasi Go-jek user yang biasa digunakan penumpang mempunyai fitur scan QR. Alat bayar ini terdapat pada pilihan pertama untuk aplikasi Go-jek yang sudah di update. Go-jek mempunyai visi besar agar penggunaan Go-pay dapat lebih universal untuk apapun. Sehingga pengguna dapat melakukan Top Up Saldo Go-pay sampai dengan 10 juta rupiah. Ada tempat unik lainnya yang juga berafiliasi dengan Go pay yaitu pedagang kaki lima. Bukankah kita tahu bahwa pedagang tersebut bahkan tidak kompatible dengan ponsel pintar?. Ya, tapi bukan halangan untuk Go-pay mengembangkan pedagang kecil dengan skema pembayaran modern scan QR. Lihat cara menggunakan Go-pay di Warung DISINI

2. Alat Bayar OVO Pay
  • Grab sebagai aplikasi driver online bekerja sama dengan Bank LIPPO yang mengembangkan OVO sebagai alat pembayaran. OVO Pay adalah aplikasi smart  memberikan kemudahan dalam bertransaksi (OVO Cash) dan juga kesempatan yang lebih besar untuk mengumpulkan poin di banyak tempat (OVO Points). Kemudahan bertransaksi dan pembayaran untuk segala kebutuhan Terdapat dua pengguna OVO. OVO.Loyalty rewards yang diperoleh pengguna OVO setiap bertransaksi di berbagai merchant rekanan OVO dan dapat digunakan kembali sebagai alat pembayaran di seluruh merchant rekanan OVO (1 OVO Point = Rp 1). Kedua OVO Club - Saldo OVO Cash hingga Rp 2.000.000. OVO Premier - Saldo OVO Cash hingga Rp 10.000.000. Gratis Transfer ke semua Bank. Gratis Transfer Antar Pengguna.


3. Alat Bayar T-Cash

  • TCASH adalah layanan keuangan digital dari Telkomsel berupa uang elektronik (e money). TCASH berfungsi layaknya rekening bank yang fleksibel dan tidak ada bunga. Layanan yang dicakup oleh TCASH di antaranya adalah melakukan pembayaran di Merchant TCASH terdaftar. Cara menggunakannya dengan TAP, Bayar Beli di HP, membeli pulsa, belanja Online, dan Berbagi Uang.

4. Alat Bayar dari BNI Your All Payment (YAP)

  • YAP juga memiliki tools terintegrasi ke e-commerce. Merupakan produk BNI yang berguna sebagai alat pembayaran secara online, dengan transaksi debit, kartu kredit, bahkan penarikan uang.

5. Kredit Payment AKULAKU

  • AKULAKU sebagai aplikasi kredit online juga mempunyai banyak merchant. Dimana dana kredit tersebut dapat digunakan untuk berbelanja di Merchant terdaftar. AKULAKU masih menggunakan Barcode, terdapat garis barcode horizontal bila kita berkunjung ke merchant AKULAKU.


Semua alat bayar tersebut cara menggunakannya sama. Semua tinggal klik BAYAR atau Scan QR atau Scan Barcode. Tanyakan berapa jumlah belanja, kemudian masukkan jumlah uang yang harus dibayarkan. Terdapat tanda pembayaran selesai. Jangan lupa tunjukkan Pembayaran Berhasil Tersebut pada merchant. Hal yang wajib dipastikan UANG pada aplikasi, atau Kredit Cukup untuk melakukan pembayaran.

Previous Post Next Post