Menggunakan QRIS Sebagai Media Kontrol Keuangan Usaha

natinedJs ⓚ 2018 Usaha dapat berjalan bila keuangan dikelola dengan baik. Pengelolaan keuangan usaha lebih tepat dengan cara memaksimalkan kewajiban-kewajiban yang muncul akibat aktivitas usaha. Tentunya hal ini sudah menjadi dasar berjalananya usaha. Tapi, apakah dengan pembelian wajib dengan hanya nota kertas bungkusan kemasan sudah dapat dikatakan sebagai perincian pembelian barang.



Mencatat transaksi keuangan dalam buku catatan. Sudah sangat konvensional saat dewasa ini. Beberapa kali catatan tersebut hilang karena diambil orang lain yang bukan bagian dari usaha tersebut kemudian ada dua kemungkinan terjadi catatan tersebut dapat ditemukan. Dan, atau catatan tersebut tidak diketemukan lagi.

Bila catatan masih bisa ditemukan tentunya akan lebih mudah. Dapat menelurusi kembali pencatatan keuangan baik dari pembelian dan juga nota bon bila ada piutang di usaha tersebut.

Koresponden UMKM yang Memiliki Catatan Pembukuan dan Tidak

Koresponden Usaha Catatan Keuangan Alasan
Ada Tidak
Imron Sembako Tidak Ribet
Sri Hartati Mebel Ya
Abdul Gani Sembako Tidak Masih bisa diingat
Rohim JB Plastik Ya
Fauzan Sembako Tidak Ribet
Romli Sembako Ya
Anwar Pangkas Rambut Tidak Ribet
Siti Badriah Sembako Ya
Amniyatun Sembako Tidak Malah susah
Danang JB hasil bumi Tidak -
Rizal Sembako Tidak -
Teguh Sembako Ya
Mety Wr Makan Tidak -
Ruli Kos Tidak -
Total Survei 5 9

Terdapat 14 koresponden yang menjalankan usaha. Kriteria yang diminta dari koresponden tersebut agar tiap koresponden memberikan jawaban terhadap ada atau tidak catatan pembukuan dalam menjalankan usaha. Diantaranya dominasi pada usaha sembako, jual beli dan ada usaha jasa. Terdapat 5 usaha yang berjalan dengan menggunakan catatan dan sisanya tidak menggunakan catatan.


Dari hasil tersebut terlihat bahwa koresponden merasa kesulitan untuk membuat catatan karena lebih memakan waktu. Dan, beberapa lainnya tidak mengerti tentang cara membuat catatan pembukuan. Ada baiknya hal tersebut tidak merupakan suatu alasan karena catatan pembukuan mempunyai fungsi yang sangat banyak terutama untuk historikal pembelian, barang keluar dan operasional usaha. Sederhananya catatan mungkin seperti ini setiap item barang untuk barang terjual dapat memperlihatkan mana barang cepat laku (fast moving) dan juga barang lambat laku (slow moving).

Bagaimana sudah mempunyai keinginan untuk membuat catatan pembukuan kembali. Bila belum berminat ada cara ampuh dan terkoneksi secara online setiap pembayaran dari pembelian oleh konsumen akan mudah terlihat. Dapat diupdate melalui layanan ini.

QRIS dalah Quick Respon QR Code Indonesia Standard 

Empat aspek yang diatur dalam standarisasi yang diterbitkan oleh Bank Indonesia pada QR antara lain:
  • Interoperabilitas adalah kapabilitas dari suatu produk atau sistem dimana interface diungkapkan sepenuhnyauntuk berinteraksi dan berfungsi dengan produk atau sistem lain, kini atau di masa mendatang, tanpa batasan akses atau implementasi.
  • Interkonektivitas adalah keterhubungan antar jaringan telekomunikasi dari penyelenggara jaringan telekomunikasi contohnya telkomsel, xl, indosat dan semua jaringan. Interkoneksi antar operator telekomunikasi wajib dilaksanakan di Indonesia untuk memberikan jaminan kepada pengguna agar dapat mengakses jasa telekomunikasi
  • Security
  • Inklusi adalah pendekatan untuk membangun dan mengembangkan sebuah lingkungan yang semakin terbuka, mengajak masuk dan mengikutsertakan semua orang dengan berbagai perbedaan latar belakang, karakteristik, kemampuan, status, kondisi, etnik, budaya dan lainnya

Keuntungan Usaha menggunanakan QRIS  :
  1. Catatan penjualan mudah dideteksi
  2. Tidak menggunakan cash money yang sering tidak berwujud
  3. Dapat dijadikan sarana untuk membayar kebutuhan usaha seperti listrik dan PDAM
  4. Mudah digunakan
Developer Pengembang QRIS terbagi menjadi dua;
  1. QRIS perbankan
  2. QRSI Lembaga Keuangan Bukan Bank
  3. QRIS Aplikasi 

QRIS Perbankan
  1. QRIS Individu BCA
  2. e-Pay Nobu Bank

QRIS Aplikasi
  1. OVO Pay
  2. Go Pay
  3. Link Aja
  4. Dana
  5. Shopee Pay

Dalam penggunaannya kode QR tersebut bersifat universal. OVO pay bisa membayar di QR Gopay dan sebaliknya, begitu juga dengan QR Link aja bisa bayar di QR Nobu Bank. Transaksi tersebut bersifat secure dan hanya akan memotong pembayaran sesuai dengan jumlah transaksi pembelanjaan di lokasi belanja customer pengguna e pay tersebut.

Kekurangan dari QRIS :
  1. Transaksi besar dapat membuat sistem bekerja lebih cepat sehinga dapat mengakibatkan toko atau outlet atau merchant penerima dana dari QRIS lebih lambat masuk.
  2. Terjadi miss transaksi bila QR tersebut terduplikasi lebih dari dua kali. Misalnya terjadi salah cetak QR dengan data penerima dana QR adalah sama sehingga pada saat di scan salah satu toko dana tersebut akan masuk ke toko yang sama.
Customer harus memastikan dengan seksama bila terdapat perbedaan data antara toko dan QR. Segera tanyakan pemilik toko apakah hal tersebut benar atau tidak agar tidak terjadi kesalahan transaksi yang dapat merugikan toko atau outlet penerima dana QR tersebut.
Previous Post Next Post