Pengendalian Hama Terpadu (PHT) | Pemanfaatan Non Kimia Untuk mengendalikan Hama

natinedJs ⓚ 2018 Pengendalian hama terpadu artinya mengurangi penggunaan pestisida untuk mengendalikan hama. Terkait dengan hal ini, banyak cara dilakukan agar dapat mengurangi hama. Contohnya, gropyokan ala petani persawahan yang sedang menanam padi untuk. Bila terjadi serangan tikus, para petani akan beramai-ramai mencari dan mengejar tikus dan melakukan eksekusi pada tikus agar terkendalian.


Apabilahanya dengan pestisida saja masalah hama sulit dapat teratasi. Apalagi,untuk jangka waktu yang lama. Kenapa hal tersebut dapat terjadi, terutama karena pestisida adalah bahan kimia. 
  1. Permasalahan yang terjadi karena penggunaan pestisida terus menerus adalah resistensi hama
  2. Menggangu kesehatan manusia dan organisme alam
  3. Mengancam spesies yang bukan target dari penggunaan pestisida
  4. Pencemaran lingkungan karena limbah terurai hasil pestisida kimiawi
Perlu penanganan yang lebih nyata, penanganan yang langsung pada target hama yang sedang berpopulasi dan terlihat menggangu. Teknik aplikasi ini sangat banyak dan beragam. Dapat diubah, dapat dimodifikasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Hal tersebut terjadi karena, yang terutama adalah mengenal biologi hama dan siklus hidup hama tersebut.



Pengendalian Hama Terpadu (PHT) adalah proses menekan atau mengendalikan populasi hama menggunakan berbagai variasi dan praktek pengelolaan jangka panjang dan ramah lingkungan. Beberapa hal yang menjadi acuan pengendalian dengan cara ini antara lain
  1. Pencegahan
  2. Eksklusi adalah ciri-ciri yang diambil diluar keadaan inklusinya.
  3. Sanitasi
Sehingga terkait dengan hal ini, pestisida atau bahan kimia tidak akan menajdi solusi penangangan hama.


Perangkap serangga (insect trap)

Merupakan alat yang digunakan untuk menangkap lalat.Modifikasi alat ini berdasarkan keadaan umum serangga yang menyukai cahaya untuk hinggap atau mendapat sinar untuk bergerak. Dalam hal, ini contoh nyatanya gunakan kain putih yang dibelakangnya terdapat cahaya baik itu lilin atau senter. Lihat berapa banyak serangga akan hinggap di kain tersebut. Begitulah alat ini bekerja, akan tetapi dalam alat seperti ini terdapat kertas pelekat dimana ketika serangga masuk atau hinggap akan terperangkap di perekat tersebut. Beberapa alat juga menggunakan sengatan listrik. Sehingga ketika serangga menyentuh lampu akan mati karena sengatan listrik.

Mengenai sisi efektifitas alat dapat dilakukan perbandingan. Berapa jumlah masuk serangga dalam satu hari.

Raket Nyamuk (Mosquito Rackets)

Penggunaan raket nyamuk untuk mengurangi nyamuk sudah menjadi pembelian pengendali hama ramah lingkungan yang digunakan rumah tangga. Raket tersebut digunakan untuk mengurangi efek aerosol dari semprotan nyamuk. Karena, beberapa orang tidak terbiasa menghirup aerosol yang biasanya membuat sesak.

Lem Tikus (Rat Glue)

Siapa yang tidak kenal dengan lem tikus. Terjerat lem ini tikus tidak dapat bergerak. Karena, lapar kemudian mati. Beberapa orang yang tidak merasa jijik akan dengan mudah mengatasi tikus yang sudah mati. Akan tetapi bila belum terbiasa, gunakan perangkap lem tikus akan tetapi dalam keadaan tertutup seperti sebuah kotak yang dilubangi agar tikus dapat masuk dan terperangkap pada lem tersebut.

Perangkap Tikus (mousetrap)

Mousetrap juga merupakan peralatan umum yang digunakan rumah tangga untuk mengatasi serangan vertebrata hama tikus. Untuk memastikan perangkap tersebut efektif perhatikan langkah berikut;

  1. Tikus mendapatkan tempatnya mengerat karena terdapat alur atau jalan dari urin atau bekas kotoran yang memudahkan tikus untuk kembali ketempat semula. Disarankan pemasangan perangkan pada jalur tersebut.
  2. Tikus menyukai makanan berbau menyengat contohnya ikan asin atau makanan menyengat lainya yang dapat memacing tikus untuk masuk ke perangkap.
  3. Masukkan perangkap dalam air mengalir di siring atau lainnya untuk proses membunuh tikus.
  4. Pastikan perangkap dalam keadaan bersih setelah tikus mati tersebut dikubur.
  5. Tidak disarankan untuk membuang bangkai tikus di tempat umum karena akan membuat penyakit.

Post a Comment

Previous Post Next Post