Cara Melakukan Pembayaran di Warung Kecil dengan QRIS

natinedJs ⓚ 2018 Dengan pemikiran kecil dapat menghasilkan wujud besar. Banyak kemudahan dalam melakukan akitivitas manusia saat ini terutama dengan menggunakan gadget. Aplikasi OVO, GRAB, Go Jek, Link Aja dan yang lainnya termasuk didalamnya banyak obrolan kecil dimasyarakat sebelum ada Ojek Online berkisah keluhan tentang tidak adanya Ojek yang dapat dipesan secara online. Dan, ternyata waktu menjawabnya. Semua wilayah di Indonesia sudah dapat memesan ojek secara online.


Bukan hanya itu saja, ada lagi hal kecil dimana pembicaraan kecil ini sudah terwujud nyata. Apa itu, sepertinya menarik. Bisa beli kopi di warung kopi dengan uang elektronik?, bisa belanja sayuran di Kios sayur dengan menggunakan uang elektronik. Atau, istilah umumnya debit digital. Biasanya orang berbelanja di modern market dengan kartu debit. Tidak perlu mengeluarkan uang cash lagi atau cashless. Nah, ini juga sudah terjadi dengan QRIS kita dapat minum kopi di warkop dengan uang elektronik melalui saldo QRIS. Bisa gak ya beli beras kiloan atau literan dengan uang elektronik? Tentu bisa.

Cara Bertransaksi Di Warung Kecil dengan QRIS :

Berbelanja di kios atau toko dengan label yang berada di etalase atau dinding toko dengan tulisan Di Sini Bisa bayar dengan QRIS. Terdapat Barcode tepat disamping tulisan tersebut sebagai barcode terverifikasi dapat melakukan pembelanjaan dengan QRIS.


Seperti pada gambar tersebut, semua toko, warung, penjual makanan kecil di sekolahan dan kantin-kantin kampus. Bila terdapat tanda seperti gambar tersebut dapat menggunakan QRIS.

Berikut langkah-langkah dalam melakukan transaksi;
  1. Pastikan Saldo e Pay atau digital wallet anda cukup.
  2. Scan Bar Code di warung atau kios tersebut. Dengan melakukan klik Scan QR pada aplikasi OVO, Grab, Go Jek, Link Aja, Dana, BCA mobile, atau e Pay NOBU Bank  anda.

    Lihat Contoh dalam Gambar : (Contoh; Dalam aplikasi Go Jek)


  3. Hasil scan akan menunjukkan nama warung atau kios beserta alamat warung atau kios tersebut.
  4. Tunjukkan pada kasir atau penerima uang di warung atau kios tersebut untuk memastikan bahwa warung atau kios tersebut adalah benar.


  5. Masukkan jumlah uang sesuai dengan pembelanjaan.
  6. Buat catatan dalam pembayaran tersebut bila perlu. Catatan ini tidak diwajibkan, penggunaan catatan ini selayaknya catatan yang kita buat saat melakukan transaksi di teller sebuah bank. Tidak wajib,
  7. Klik KONFIRMASI
  8. Lalu langkah terakhir klik BAYAR


  9. Aplikasi akan menunjukkan pembayaran berhasil dengan tanda centang.
  10. Pastikan bahwa sudah terdapat short text message (SMS) yang diterima oleh kasir atau penerima uang di warung tersebut.
Previous Post Next Post