Sejarah Blog serta Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contohnya

natinedJs ⓚ 2020 Hobi menulis dan menyampaikan berbagai pandangan melalui suatu media merupakan harapan para penulis. Tapi untuk sampai ke media tersebut tampaknya lebih sulit. Terus, gmana caranya tulisan itu disampaikan. Google buat para penulis merasa lega. Dengan produk bloggernya.



Sejarah Blog

Tahun 1994 : Personal Home Page pertama yang dibuat oleh Justins Hall (Sumber : Wikipedia)


Jurnal pribadi online tahun 1994 tersebut merupakan perintis pengembangan blog. Tampilan blog tersebut sangat sederhana seperti ketika kita menampilkan HTML ke web browser tanpa ada layout apapun didalamnya. 

Justin's Hall mendapat penghargaan dari The New York Time Magazines tahun 2004 sebagai the founding father of personal blogger. Struktur perintis buatan Justin's Hall tidak disebut blog akan tetapi lebih identik sebagai personal home page

Tahun 1997 : Munculnya istilah weblog. John Barger memperkenalkan istilah weblog dengan akronim web dan log. Pencetusnya menggunakan istilah tersebut dengan alasan sebagai aktivitas internet "logging to the web". Artinya adalah mencatat tentang apapun secara daring. (Sumber : Wikipedia)


Istilah blog digunakan tahun 1997, oleh Jorn Barger untuk menyebut kelompok website pribadi terupdate secara kontiunitas dan berisi link web menarik lainnya dengan komentar-komentar disematkan di dalam web itu. Alexa Rank menyebut ada 5.612.854 jumlah blog sampai saat ini. Situs web ini dapat di akses melalui internet sebagai bentuk tulisan yang muncul di SEO sehingga pengguna internet dapat menemukan blog tersebut.

Tahun 1999 : Istilah Blog diperkenalkan. Peter Merholz profesional dalam pembuatan desain-desain web site. Memperkenalkan istilah blog dan menggantikan weblog sampai saat ini. (Sumber : Wikipedia)

Blog pertama kali (2002) dipopulerkan oleh Blogger yang dimiliki oleh Pyra Labs kemudian di akuisisi Google. Fungsinya sangat banyak catatan harian, media publikasi kampanye politik sampai program media dan sebagainya. Google mendapatkan tempat pertama dalam weblog ini, saat ini beberapa situs lain mengikuti jejak Google dengan fasilitas pembauatan blog seperti 
  1. Blogger url : https://www.blogger.com
  2. Wordpress url  : https://wordpress.com
  3. Mywapblog url : http://www.mywapblog.com 
  4. Tumblr url : https://www.tumblr.com
  5. Blog.com url : http://blog.com 
  6. BlogDetik url : http://blogdetik.com
  7. Instagramblog url : http://blog.instagram.com/
  8. BingBlog url : http://blogs.bing.com/germany 
Sebelum lebih lanjut simak dulu yukk mengenai apa itu blog?

Blog adalah domain khusus yang digunakan publik untuk membuat konten personal dalam bentuk artikel video, foto serta link website lain yang disajikan penulis blog (Sumber : Glosbe). 

Fungsi Blog diantaranya;
  1. Membuat catatan pribadi salah satu contohnya diary.
  2. Membuat catatan pelajaran sekolah.
  3. Membuat informasi tentang lokasi usaha, mengenalkan usaha baru dan item-item yang diperbualbelikan.
  4. Membuat informasi tentang pelajaran.
  5. Membuat informasi tentang tempat-tempat wisata serta hal-hal menarik di tempat wisata tersebut.
  6. Sebagai media pribadi. Fungsi blog yang satu ini lebih ditekankan kepada keseharian pemilik blog itu sendiri, seperti pengalaman hidup, curahan hati, dan semata-mata hanya untuk kepentingan diri saja dan bersifat pribadi. Biasanya blog yang seperti ini hanya diperlihatkan kepada sebagian orang saja, seperti teman-teman, keluarga, rekan kerja, ataupun kerabat.
  7. Sebagai media untuk berbisnis. Blog bisnis merupakan blog yang dipergunakan untuk melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan usaha seseorang, seperti usaha berdagang dengan menawarkan produk-produknya melalui blog. Dan ada juga yang menawarkan jasa, toko online, jual beli, dan masih banyak lagi blog usaha yang lainnya.
  8. Sebagai media Grafis. Blog juga tempat untuk mempublikasikan media grafis dalam bentuk gambar dan video. Sehingga beberapa gambar yang dibuat melalui program atau desain pribadi serta video-video yang dibuat secara unik untuk infromasi bagi banyak orang dapat dilakukan dalam blog.
  9. Sebagai media untuk promosi atau iklan. Jenis blog ini lebih diperuntukkan kepada pemilik blog yang ingin mengedarkan barang, jasa, maupun produk orang lain dalam blog kita dengan maksud dan tujuan untuk mendapat upah dari orang yang sudah kita promosikan.
  10. Sebagai media untuk berbagi informasi. Blog ada juga yang berguna sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi kepada umum. Jenis blog seperti ini sangat bagus karena lebih mengutamakan kepentingan para pembacanya. Misalnya, sobat memiliki pengetahuan lebih tentang Android, maka tidak ada salahnya sobat berbagi ilmu, tips, maupun trik yang dapat dipublikasikan melalui sebuah blog.
Jenis Blog diantaranya;
  1. Blog pribadi merupakan blog yang bersifat pribadi. Catatan online dimana konten serta isi dari blog kehidupan sehari-hari. Blog juga disebut sebagai jurnal online karena penulis dapat mencatat berbagai hal melalui blog. Intip siapa saja yang sukses dengan blog pribadinya diantaranya adalah Raditya Dika dan Agus Mulyadi.

  2. Blog profesional merupakan blog dengan konten terbatas pada profesionalitas penulis di bidangnya. Contohnya keahlian dalam membuat origami atau keahlian membuat benda-benda dari kertas. Setiap artikel yang dibuat kontennya diisi dengan berbagai cara membuat sesuatu dari kertas. 

  3. Blog Bisnis (Marketing purpose) merupakan blog dengan konten bisnis dimana artikel yang disajikan berisi tentang produk yang diperjual belikan. Blog memberikan kolom komentar sehingga para pembaca dapat menanggapi produk yang ditampilkan serta dapat mengomentarinya.
Topik-Topik Umum Blog :
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fashion, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

Beberapa Contoh blog sebagai sumber inspirasi mengembangkan tulisan-tulisan melalui blog;

Menulis di blog pasti ada manfaatnya terutama untuk meningkatkan kemampuan menulis. Batasan-batasan dalam tulisan merupakan kreatifitas dari si penulis sendiri. Sehingga berbagai inspirasi dapat tersampaikan lewat media tersebut. 

Link blog dapat disebarkan kemana saja dan kepada siapa saja sehingga setiap orang yang mengakses link tersebut dapat membaca artikel yang disajikan. Seperti pembahasan di awal tidak ada seleksi dari tulisan yang tersaji. Tulisan akan segera mendapat berbagai komentar setelah banyak pembaca dari tulisan yang sudah dipublikasikan. 

Reklame online dengan konten-konten gratis kita dapat membuat berbagai konsep terkait dengan minas konsumen. Dapat dikatakan juga sebagai media branding serta membentuk Point of Interest (POI) pembaca dimana artikel yang disajikan sangat menarik sehingga informasinya dapat dibaca serta digunakan long term.

Menulis di blog juga bisa menghasilkan uang. Point paling krusial dari berbagai usaha yang dilakukan oleh para penulis. Mendapat benefit dari tulisan-tulisan yang dibuat. 

Blog Menghasilkan Uang

Apakah blog bisa menghasilkan uang? Jawabannya ya. Salah satu contohnya adalah blog bisnis. Blogger sekaligus pengusaha akan memberikan berbagai informasi tentang produk yang dijualnya. Mungkin juga dia akan menyertakan informasi tentang lokasi usaha, contact phone yang bisa dihubungi dan lain sebagainya. 

Walaupun dibawah domain blogspot atau lainnya dengan kata lain free domain. Blogger masih bisa mendapatkan hasil, dengan kerja keras dan rajin menulis tentunya akan menghasilkan uang seperti skema berikut;

Contohnya;

  1. Menjadi mitra dari Google Adsence situs pengelola iklan dimana ketika kemitraan tersebut disetujui oleh Google maka google akan memberikan benefit berdasarkan pay per click (PPC). Ambang batas pembayaran untuk kemitraan pemula sampai dengan Rp 1.300.000,- dibayarkan ke rekening pemilik blog.
  2. Mendapatkan uang dari endorsement produk. Key Opinion Leader (KOL) disebut juga dengan penggerak opini pembaca. Dengan kata lain penulis dengan kriteria KOL dapat membentuk opini baru tentang produk, tempat, dan lain sebagainya dan pihak kedua (endorse) akan merasakan manfaat serta keuntungan dari setiap tulisan yang disajikan dalam blog tersebut.
Related Post :

1 Comments

Previous Post Next Post