TES KARAKTER PRIBADI (TKP)

natinedJs ⓚ 2023 Tes kepribadian CPNS bertujuan untuk mendapatkan potensi nilai invidu terhadap pengetahuan, keterampilan, sikap peserta ujian dan untuk melihat tingkat kedewasaan dan stabilitas emosi peserta. Tidak ada jawaban BENAR dan SALAH akan tetapi individu dapat melihat ada poin paling tinggi dari setiap pertanyaan dimana poin tersebut dapat menjelaskan setiap sikap individu berdasarkan studi kepribadian yang dipertanyakan. Aspek dalam ujian diantaranya; integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, dan kemampuan bekerja secara berkelanjutan.




LATIHAN SOAL (Kerjakan secara berurut, klik lihat jawaban untuk memastikan jawaban Anda)

1. Teman-teman beranggapan bahwa Anda adalah orang yang...

A. Selalu tuntas jika diberi tanggung jawab kerja.
B. Dapat bekerja lebih baik jika bersama tim.
C. Selalu membutuhkan dukungan orang lain saat bekerja.
D. Mengutamakan kekompakan dalam menyelesaikan tugas.
E. Dapat menyelesaikan tugas dengan baik jika bekerja sendiri.

A. Selalu tuntas diberi tanggung jawab kerja. Jawaban skor tertinggi ini merupakan cara pandang dari teman-teman karena dengan tanggung jawab yang dikerjakan dengan baik memberikan penilaian positif kepada individu

2. Sebagai pelayan masyarakat, untuk meningkatkan kualita kinerja, Saya akan...

A. Melayani dengan ramah.
B. Memberikan informasi sebanyak mungkin.
C. Bertindak proaktif dalam pelayanan.
D. Melayani dengan ikhlas.
E. Menjaga perasaan supaya tidak mudah emosi.

C. Bertindak proaktif dalam pelayanan. Jawaban skor tertinggi ini merupakan cara kerja dinamis yang ditunjukkan individu kepada masyarakat dengan bertindak proaktif dalam melayani

3. Menurut Anda, kemampuan bekerja yang tingi diperlukan ketika...

A. Saat dalam keadaan terdesak.
B. Kapan saja saat kita sedang bertugas.
C. Bila situasi dan kondisi memungkinkan.
D. Bila di minta oleh atasan.
E. Ketika ada imbalan yang setimpal.

B. Kapan saja saat kita sedang bertugas. Jawaban skor tertinggi ini merupakan integritas yang ditunjukkan individu dalam bekerja.

4. Anak saya sedang sakit demam dan perlu dibawa ke dokter untuk diperiksa kesehatannya tetapi tanggal pembayaran gaji saya masih beberapa hari lagi. Sikap saya...

A. Mencari pekerjaan sampingan untuk mendapatkan uang.
B. Mencari pinjaman uang kepada rekan kerja.
C. Mencari pinjaman uang pada orang tua atau keluarga.
D. Mendesak atasan untuk membayarkan gaji lebih awal.
E. Merawat sendiri anak saya dan batal membawanya ke dokter.

C. Mencari pinjaman pada orang tua atau keluarga. Jawaban skor tertinggi ini merupakan individu yang positif dalam hubungan dengan orang tua atau keluarga untuk saling membantu dimana ada kejujuran anak kepada keluarga karena akan lebih sulit untuk mendapatkan pinjaman dari teman daripada dari orang tua atau keluarga

5. Rekan kerja saya mengeluh pada saya mengenai beban kerjanya. Sikap saya...

A. Mendengarkan tanpa komentar apapun.
B. Mendengarkannya dan berkomentar hanya bila dia memintanya.
C. Mendengarkannya dan menyampaikan keluhannya pada atasan.
D. Meninggalkannya karena pekerjaan saya masih banyak.
E. Menasehatinya dan menyemangatinya.

E. Menasehatinya dan menyemangatinya. Jawaban skor tertinggi ini merupakan apresiasi langsung ke teman kerja agar dengan nasehat tersebut teman kerja dapat kembali bisa berpikir positif dan kembali mengerjakan pekerjaannya dengan semangat

6. Ketika menyelesaikan tugas, Anda harus menyelesaikan suatu pekerjaan di kantor. Namun, menurut Anda hal tersebut cukup melelahkan. Maka, Anda akan...

A. Membawa pekerjaan tersebut ke rumah.
B. Meminta rekan kerja Anda untuk membantu menyelesaikan di kantor.
C. Menyelesaikan pekerjaan dimanapun.
D. Menyelesaikan pekerjaan di rumah, namun dikatakan di kantor saja.
E. Menyelesaikan pekerjaan dikantor.

E. Menyelesaikan pekerjaan di kantor. Jawaban skor tertinggi ini merupakan cara kerja individu agar dapat lebih maksimal menyelesaikan pekerjaan di kantor daripada di bawa pulang atau di tempat lain

7. Ketika berkunjung ke kantor klien, Anda mendapatkan uang dari klien sebagai pengganti uang lelah yang sudah menjadi budaya di tempat klien Anda yang diberikan kepada para tamunya. Maka, Anda akan...

A. Mengapresiasinya, tetapi tidak menerimanya.
B. Menerimanya karena kalau ditolak berdosa.
C. Menerimanya, namin untuk disumbangkan lagi.
D. Menolaknya karena hal tersebut budaya yang buruk.
E. Menolak karena itu termasuk gratifikasi.

E. Menolak karena itu termasuk gratifikasi. Jawaban skor tertinggi ini merupakan cara individu terhadap integritas dan dapat mengubah budaya menjadi lebih baik

8. Sehubungan dengan pekerjaan, kantor Anda memberikan jatah uang makan sebesar Rp 100.000,- untuk makan siang setiap hari. Uang tersebut akan diganti sesuai dengan bukti pembayaran makan siang. Namun, menurut Anda makan siang Anda selama ini tidak sebesar itu. Oleh karena itu, Anda akan...

A. Tetap makan dengan jumlah tersebut demi mendapatkan uang reimburse.
B. Makan dengan jumlah yang secukupnya menurut anda.
C. Makan secukupnya, tetapi memalsukan kuitansinya.
D. Ikut bagaimana rekan saya yang lain saja.
E. Makan secukupnya denga kuitansi yang sebenarnya.

E. Makan secukupnya dengan kutansi yang sebenarnya. Jawaban skor tertinggi ini merupakan integritas invidu berdasarkan pengeluaran sebenarnya yang dikeluarkan oleh individu tersebut

9. Anda ditunjuk sebagai petugas pengadaan barang. Ketika menyusun anggaran untuk barang yang diadakan pada tahun depa. Maka, Anda akan...

A. Membuat anggaran dengan mark up (harga beli dinaikkan 1-2 x lipat).
B. Membuat anggaran tanpa mark up.
C. Membuat anggaran untuk pengadaan fiktif.
D. Membuat anggaran yang rendah demi kehematan.
E. Ikut budaya kerja pengadaan sebelumnya.

B. Membuat anggaran tanpa mark up. Jawaban skor tertinggi ini merupakan integritas individu yang menanamkan kejujuran

10. Anda memberikan margin sebesar 20% atas pengadaan barang yang Anda lakukan yang ternyata terealisasi tanpa margin. Maka, atas kelebihan anggaran tersebut Anda akan bersikap...

A. Memberikan uang tersebut kepada keluarga anda.
B. Membagikannya kepada rekan sekantor Anda agar dianggap dermawan.
C. Membagikannya kepada atasan Anda agar hal tersebut dapat terulang lagi kedepannya.
D. Mengembalikan kepada negara walau penyerapan Anda dinilai buruk.
E. Ikut budaya kerja sebelumnya.

D. Mengembalikan kepada negara walau penyerapan Anda dinilai buruk. Jawaban skor tertinggi ini merupakan cara individu menyikapi kelebihan anggaran dan memberikan kontribusi positif terhadap pengembalian tersebut

11. Anda disuruh atasan untuk melakukan kunjungan kepada klien. Menurut teman Anda, klien tersebut adalah orang yang senang memberikan gratifikasi kepada pegawai kantor Anda yang datang ke kantornya. Maka sikap Anda...

A. Menolak untuk berkunjung ke kantor tersebut.
B. Menegaskan di awal pertemuan kepada klien itu agar tidak usah memberikan apapun.
C. Berkunjung ke kantor tersebut dan menerima pemberian dari klien.
D. Menerima dengan senang hati perintah atasan tersebut.
E. Mengikuti budaya kantor sebelumya.

B. Menegaskan di awal pertemuan kepada klien itu agar tidak usah memberikan apapun. Jawaban skor tertinggi ini merupakan tindakan preventif agar dapat mengurangi budaya gratifikasi

12. Saya hendak mengikuti ujian akhir semester, namun tiba-tiba Saya tidak bisa hadir karena sakit dan dosen Saya tidak menawarkan untuk melakukan ujian kembali, sikap saya...

A. Saya mungkin akan mengikuti ujian susulan jika diadakan.
B. Acuh, karena dosen tidak menawarkan ujian susulan.
C. Saya menghadap dosen untuk meminta ujian susulan.
D. Saya menyadari bahwa saya mungkin tidak akan lulus jika tidak mengikuti ujian.
E. Seharusnya dosen tahu bahwa saya sakit sehingga tidak bisa mengukuti ujian.

C. Saya menghadap dosen untuk meminta ujian susulan. Jawaban skor tertinggi ini merupakan sikap proaktif karena individu tetap ingin mengikuti ujian

13. Menurut Anda, kemampuan bekerja yang tinggi diperlukan ketika...

A. Saat dalam keadaan mendesak.
B. Kapan saja saat kita sedang bertugas.
C. Bila situasi dan kondisi memungkinkan.
D. Bila diminta oleh atasan.
E. Ketika ada imbalan yang setimpal.

C. Kapan saja saat kita sedang bertugas. Jawaban skor tertinggi ini merupakan individu dengan tanggung jawab yang sesuai dengan target kerja

14. Ada orang yang menawarkan uang terimakasih pada saya karena saya melayaninya mengurus surat-surat tertentu dengan cepat. Sikap saya...

A. Menerimanya dengan senang hati karena rekan-rekan lain juga demikian.
B. Menolaknya karena hal tersebut tidak sesuai dengan peraturan.
C. Meminta orang tersebut mengirim uangnya ke rekening pribadi agar tidak ketahuan.
D. Menerimanya lalu membaginya secara rata kepada reken-rekan sekerja.
E. Menolaknya karena jumlah uangnya tidak seberapa.

B. Menolaknya karena hal tersebut tidak sesuai dengan aturan. Jawaban skor tertinggi ini integritas untuk menjaga marwah instansi yang lebih baik dalam pelayanan

15. Hampir semua pegawai dalam instansi Anda meminta uang tambahan atas pengurusan surat izin tertentu meskipun hal tersebut bertentangan dengan peraturan kantor, maka sikap Anda..

A. Tidak akan melakukannya.
B. Berusaha semampunya untuk tidak melakukannya.
C. Ikut melakukannya karena itu merupakan kebiasaan kantor.
D. Melakukanya jika memang terpaksa karena kebutuhan ekonomi.
E. Mengumpat dalam hati.

A. Tidak akan melakukannya. Jawaban skor tertinggi ini merupakan individu yang berintegritas

16. Apakah Anda akan mudah menyambut kesempata bekerja di luar negeri?

A. Pasti, karena itu adalah kesempatan sekali selama bekerja.
B. Kemungkinan besar, jika tidak ada hambatan, saya akan berangkat.
C. Melihat situasi dan kondisi yang ada di sekitar saya terlebih dulu.
D. Saya tidak tertarik untuk bekerja di luar negeri.
E. Mempertimbangkannya dengan orang terdekat lebih dahulu.

A. Pasti, karena itu adalah kesempatan sekali selama bekerja. Jawaban skor tertinggi ini merupakan cara pandang dari individu untuk pengembangan diri dapat bekerja di aktivitas luar negeri

17. Sejumlah karyawan di perusahaan Saya bekerja menyampaikan ketidakpuasannya kepada Saya mengenai masalah peraturan pimpinan dan kesejahteraan. Tanggapan saya...

A. Saya harus mendukung kebanyakan pendapat rekan kerja.
B. Seharusnya pimpinan segera bertindak mengatasi masalah ini.
C. Saya akan menyampaikan saran kepada pimpinan bagaimana memperbaiki iklim kerja menjadi lebih positif.
D. Mengajak rekan-rekan untuk instrospeksi diri, berpikir, dan berbuat positif demi kemajuan perusahaan.
E. Iklim kerja di perusahaan tempat saya bekerja memang sudah seperti itu dan susah untuk di ubah.

C. Saya akan menyampaikan saran kepada pimpinan bagaimana memperbaiki iklim kerja menjadi lebih positif. Jawaban skor tertinggi ini merupakan tanggung jawab individu dalam menyampaikan ide atau saran bagi perusahaan

18. Saya mendapatkan kepercayaan penuh untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Sikap saya...

A. Menunggu perintah dan petunjuk dari atasan untuk mengerjakan tugas tersebut.
B. Meminta pendapat rekan senior mengenai cara melaksanakan pekerjaan tersebut.
C. Tidak mau membuat keputusan tanpa sepengetahuan atasan.
D. Mengerjakannya dengan penuh tanggung jawab.
E. Mengerjakannya dengan meminta bantuan rekan kerja.

A. Selalu tuntas diberi tanggung jawab kerja. Jawaban skor tertinggi ini merupakan cara pandang dari teman-teman karena dengan tanggung jawab yang dikerjakan dengan baik memberikan penilaian positif kepada individu

19. Saya ditugaskan pimpinan untuk menjadi notulen dalam rapat badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan. Bagaimana saya menyikapi hasil rapat tersebut kepada eksternal yang tidak ikut rapat...

A. Berusaha menghindari rekan yang ingin tahu tentang hasil rapat.
B. Dengan bangga menceritakan kepada rekan hasil keputusan rapat.
C. Memberitahukan anggota keluarga tentang hasil rapat.
D. Memberitahu sahabat saya di kantor tentang hasil rapat.
E. Tidak akan membocorkan hasil keputusan rapat karena bukan wewenang saya.

E. Tidak akan membocorkan hasil keputusan rapat karena bukan wewenang saya. Jawaban skor tertinggi ini merupakan individu yang dapat menjaga kerahasiaan hasil rapat diluar wewenangnya

20. Beberapa rekan kerja pulang 20 menit lebih awal dari jadwal pulang. Sikap Anda mengenai hal tersebut...

A. Karena banyak yang melakukannya, mungkin hal itu tidak masalah.
B. Banyak yang melakukannya sehingga saya juga harus melakukannya.
C. Demi toleranssi, saya ikut melakukanya.
D. Saya tidak melakukannya agar dinilai sebagai staf yang rajin oleh atasan.
E. Saya tetap mengikuti aturan yang berlaku sehingga pulang tetap sesuai jam pulang.

E. Saya tetap mengikuti aturan yang berlaku sehingga pulang tetap sesuai jam pulang. Jawaban skor tertinggi ini merupakan integritas individu pada jam kerja sesuai aturan

21. Atasan Anda menargetkan tugas harus selesai pada tanggal 28 di bulan ini. Maka, saya harus...

A. Saya akan selesaikan tepat tanggal 28.
B. Kalau tugas menumpuk, saya akan minta izin untuk menyelesaikan 1-2 hari dari deadline.
C. Saya mencoba menyelesaikan tanggal 27 jika memungkinkan.
D. Saya minta tolong rekan lain agar tidak terlambat deadline.
E. Saya menegosiasikan deadline yang ditetapkan atasan dengan baik-baik agar tidak terlalu memberatkan saya.

C. Saya mencoba menyelesaikan tanggal 27 jika memungkinkan. Jawaban skor tertinggi ini merupakan individu yang fokus menyelesaikan pekerjaan sebelum tenggat waktu

22. Rekan kerja Anda mendapatkan predikat sebagai pekerja yang paling ramah di kantor. Maka sikap Anda...

A. Mencibirnya karena mungkin hal tersebut hanyalah modusnya saja.
B. Berusaha agar tahun depan Anda juga mendapatkan predikat yang sama.
C. Menyukai keramahannya tersebut dan sepakat bahwa ia pantas menerima predikat tersebut.
D. Antipati padanya karena keramahannya terlalu berlebihan.
E. Mengucapkan selamat kepadanya.

C. Menyukai keramahannya tersebut dan sepakat bahwa ia pantas menerima predikat tersebut. Jawaban skor tertinggi ini sebagai apresiasi kepada rekan kerja yang berprestasi

23. Atasan Anda senang membandingkan kinerja Anda dengan rekan kerja lainnya. Maka, Anda akan...

A. Menerima saja apa yang diucapkan oleh atasan tersebut.
B. Bertanya kepada rekan kerja Anda bagaimana cara berkinerja yang lebih baik.
C. Meminta kepada Atasan untuk menyamakan beban kerja antara Anda dan rekan kerja.
D. Meminta kepada rekan kerja untuk menurunkan kinerjanya.
E. Meminta kepada atasan agar berhenti membanding-bandinkan kinerja.

B. Bertanya kepada rekan kerja Anda bagaimana cara berkinerja yang lebih baik. Jawaban skor tertinggi ini merupakan keinginan individu untuk juga ikut maju dan berprestasi

24. Anda adalah salah satu dari beberapa kandidat yang dikabarkan akan menerima promosi jabatan. Maka sikap anda...

A. Bekerja sebaik mungkin pada posisi Anda saat ini.
B. Tidak sabar untuk segera menerima jabatan yang baru.
C. Bermalas-malasan bekerja pada posisi sekarang.
D. Bekerja seperti biasanya saja.
E. Tetap bekerja dengan sebaik mungkin.

A. Bekerja sebaik mungkin pada posisi Anda saat ini. Jawaban skor tertinggi ini merupakan integritas dalam hal fokus mengerjakan pekerjaan

25. Anda mengetahui kantor Anda sedang melakukan penilaian untuk mencari siapa pegawai teladan di kantor Anda. Maka sikap Anda...

A. Memperbaiki kinerja Anda dalam bekerja.
B. Bertingkah sebaik-baiknya di hadapan tim penilai.
C. Mengabaikan hal tersebut.
D. Bersikap ramah dengan tim penilai tersebut.
E. Bertingkah yang sama seperti sebelumnya karena Anda bukan orang yang munafik.

E. Bertingkah yang sama seperti sebelumnya karena Anda bukan orang yang munafik. Jawaban skor tertinggi ini merupakan integritas individu yang selalu berada pada koridor yang tepat

A. Bekerja sebaik mungkin pada posisi Anda saat ini. Jawaban skor tertinggi ini merupakan integritas dalam hal fokus mengerjakan pekerjaan

26. Anda sedang mengemudi kendaraan ketika tiba-tiba HP Anda berdering. Bagaimana reaksi Anda...

A. Minggir ke jalan untuk mengangkat HP.
B. Menyuruh rekan yang ada di belakang untuk mengangkatnya.
C. Membiarkan saja sampai ke tempat tujuan.
D. Mematikan HP karena mengganggu konsentrasi berkendara.
E. Segera mengangkatnya karena membuat Anda tidak fokus berkendara.

A. Minggir ke jalan untuk mengangkat HP. Jawaban skor tertinggi ini merupakan cara yang tepat dalam situasi yang tiba-tiba agar lebih cepat mendapatkan informasi dari telepon tersebut
A. Bekerja sebaik mungkin pada posisi Anda saat ini. Jawaban skor tertinggi ini merupakan integritas dalam hal fokus mengerjakan pekerjaan

27. Saya melakukan kesalahan yang berakibat buruk bagi tim kerja. Sikap saya dengan keadaan tersebut...

A. Menyesali kesalahan saya.
B. Meminta maaf pada pihak manapun yang terkena imbas buruk dari kesalahan saya.
C. Melakukan instrospeksi dan berusaha agar tidak terulang lagi di masa depan.
D. Menyalahkan pihak lain yang membuat saya melakukan kesalahan.
E. Menerima semua konsekuensi akibat kesalahan tersebut.


A. Bekerja sebaik mungkin pada posisi Anda saat ini. Jawaban skor tertinggi ini merupakan integritas dalam hal fokus mengerjakan pekerjaan

28. Rekan kerja saya hendak meminjam uang pada saya. Dengan keadaan saya juga saat ini sedang membutuhkan uang. Sikap saya pada permintaan pinjaman dari teman...

A. Mencarikan pinjaman yang kepada rekan lain.
B. Menolak meminjamkan uang tersebut.
C. Meminjamkan uang tersebut sebagian.
D. Menyarankan rekan saya untuk meminjam dari yang lain.
E. Meminjamkan uang tersebut karena saya masih bisa meminjam uang dari orang tua saya.

E. Meminjamkan uang tersebut karena saya masih bisa meminjam dari orang tua saya. Jawaban skor tertinggi ini merupakan pilihan di mana masih ada solusi sementara rekan tidak ada solusi lain
A. Bekerja sebaik mungkin pada posisi Anda saat ini. Jawaban skor tertinggi ini merupakan integritas dalam hal fokus mengerjakan pekerjaan

29. Suatu hari tidak sengaja Saya bertemu dengan rekan kerja yang pernah terlibat konflik dan memusuhi saya. Reaksi saya pada pertemuan tersebut...

A. Saya dapat berpura-pura menyukai seorang walaupun saya sangat membencinya.
B. Lebih baik menghindarinya daripada harus bertemu dengannya.
C. Mengatakan langsung bahwa saya tidak menyukainya agar dia bisa instrospeksi diri.
D. Saat bertemu dengannya, saya menjaga jarak
E. Bila dia melakukan kesalahan itu adalah hal yang biasa karena tidak ada manusia yang sempurna.

E. Bila dia melakukan kesalahan itu adalah hal yang biasa karena tidak ada manusia yang sempurna. Jawaban skor tertinggi ini merupakan reaksi dari dapat menerima dan bertegur sapa lagi dari rekan yang berselisih
A. Bekerja sebaik mungkin pada posisi Anda saat ini. Jawaban skor tertinggi ini merupakan integritas dalam hal fokus mengerjakan pekerjaan

30. Seorang atasan menegur saya dengan keras karena telah melakukan kesalahan serius dalam membuat laporan. Sikap Anda...

A. Kemarahan atasan tersebut adalah hal wajar karena adanya kesalahan tersebut.
B. Apa yang atasan lakukan kepada saya adalah sikap kurang tepat.
C. Saya menjadi sadar akan kesalahan yang dilakukan dan berusaha tidak akan melakukannya lagi.
D. Saya marah dalam hati mencoba menjelaskan alasan-alasan kesalahan yang saya lakukan.
E. Saya diam dan menyimpan kemarahan saya.



Post a Comment

Previous Post Next Post