Kompetensi Manajerial PPPK

natinedJs ⓚ2017 Materi kompetensi manajerial bertujuan untuk menilai komitmen, kemampuan, dan perilaku individu dalam berorganisasi yang dapat diamati dan diukur. Ukuran yang dipusatkan dalam Keputusan Mentri MENPAN-RB No 652 Tahun 2023 tentang nilai ambang batas seleksi kompetensi pengadaan PPPK diantaranya integritas, kerja sama, komunikasi, orientasi pada hasil, pelayanan publik, pengembangan diri dan orang lain, mengelola perubahan dan pengambilan keputusan. Untuk mewujudkan standar penilaian yang sesuai.



Contoh Soal dan Pembahasan Kompetensi Manajerial

1. Atasan ana melakukan rekayasa laporan keuangan kantor, maka anda...

A. Dalam hati tidak menyetujui hal tersebut
B. Hal tersebut sering terjadi di kantor manapun
C. Mengingatkan dan melaporkan kepada yang berwenang
D. Tidak ingin terlibat dalam proses rekayasa tersebut

C. Mengingatkan dan melaporkan kepada yang berwenang.

2. Secara umum orang yang mengatakan saya orang yang dapat dipercaya karena...

A. Saya orang yang ramah dan mau mendengar keluhan orang lain
B. Saya orang yang terbuka
C. Saya melakukan apa yang saya katakan
D. Saya siap membantu tanpa memikirkan imbalan yang akan saya terima

C. Saya melakukan apa yang saya katakan.

3. Jika saya menjadi anggota yang melanggar pakta integritas, maka ketika mendapat teguran biasanya saya....

A. Memberi alasan yang dapat diterima mengapa saya melanggar pakta integritas
B. Saya akan menerima teguran tersebut karena memang salah meskipun menghadapi konsekuensi juga akan disalahkan oleh anggota yang lain
C. Menemui Anda sebelum mendapat teguran
D. Menunggu dipanggil dan mempersiapkan jawaban-jawaban yang akan saya berikan

B. Saya akan menerima teguran tersebut karena memang salah meskipun menghadapi konsekuensi juga akan disalahkan oleh anggota yang lain.

4. Pilihlah salah satu yang paling sesuai dengan apa yang Anda lakukan saat bekerja...

A. Saya bekerja sesuai dengan apa yang ditargetkan pada saya
B. Saya bekerja datang dan pulang tepat waktu sesuai jam kerja
C. Saya bersemangat justru ketika menghadapi kesulitan dalam bekerja
D. Saya menjadi kurang produktif apabila menghadapi hambatan dalam bekerja

C. Saya bersemangat justru ketika menghadapi kesulitan dalam bekerja.

5. Pilih salah satu pernyataan yang menurut anda paling bisa menggambarkan diri Anda...

A. Saya bekerja sesuai kebiasaan rekan-rekan saya bekerja
B. Saya sering lembur untuk menyelesaikan tugas-tugas saya
C. Saya tetap berusaha sesulit apapun tugas yang diberikan ke saya
D. Saya keberatan melakukan tugas yang sekiranya Saya tidak mampu

C. Saya tetap berusaha sesulit apapun tugas yang diberikan ke saya.

Post a Comment

Previous Post Next Post