Sejarah Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945

natinedJs ⓚ 2023  natinedJs ⓚ 2023 Rangkaian peristiwa dalam sejarah kemerdekaan Indonesia menjadi tonggak sejarah panjang. Dimulai dari prakolonial dimana muncul kerajaan-kerajaan Hindu, Budha dan Islam di Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Aktivitas di zaman tersebut mengandalkan perdagangan. Kemudian era kolonial dimana negara-negara Eropa seperti Belanda, Portugal dan Spanyol masuk ke Indonesia dengan tujuan untuk menguasai rempah-rempah hasil pertanian. Akibat dari datangnya bangsa tersebut terjadi penjajahan 350 tahun (abad ke-17 - abad ke-20). Dalam artikel kali ini akan banyak membahas tentang Era kemerdekaan tahun 1945.



Bagaimana awal mula kemerdekaan Indonesia?

Penjajahan yang dilakukan Jepang selama 3,5 tahun sejak tahun 1942-1945. Penjajahan tersebut terjadi karena penguasaan terhadap perkebunan dan pertanian, penguasaan terhadap keuangan dan perdagangan, pengawasan pendidikan, pengawasan media komunikasi dan rakyat mengalami kesengsaraan di masa tersebut. 

Dalam masa tersebut juga terjadi perang dunia ke 2 dimana terjadi peperangan antara AS dan Jepang. Tanggal 6 Agustus 1945 Amerika menjatuhkan bom di kota Hirosima, 3 hari kemudian Amerika menjatuhkan bom ke Nagasaki sehingga memaksa Jepang menyerah dari Amerika dan sekutunya. Berita kekalahan Jepang tersebut sampai ke Indonesia.

Perbedaan pandangan Golongan tua dan golongan muda

Golongan tua Soekarno dan Moh Hatta tergabung dalam PPKI
Golongan muda diwakili para anggota PETA (Pembela Tanah Air) - Pembentukan PETA dilakukan pada tanggal 3 Oktober 1943, berdasarkan maklumat Osamu Seirei No. 44 yang dikeluarkan oleh Letnan Jenderal Kumakichi Harada, Panglima Angkatan Darat ke-16.

Golongan muda berpendapat golongan tua terlalu konservatif. Sebab, golongan tua menginginkan pembacaan proklamasi melalui PPKI. Golongan muda menolak proklamasi melalui PPKI. Dan juga menyesuaikan dengan prosedur yang telah dijanjikan Jepang. Janji tersebut adalah proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan Jumat, 24 Agustus 1945.



a.
Previous Post Next Post