natinedJs ⓚ 2024 Dalam diagram distribusi kita mengetahui terdapat 3 mata rantai penting. Produsen - distributor - konsumen, konsumen merupakan pembeli tingkat akhir dimana produksi barang dapat digunakan langsung. Artinya barang tersebut dalam tahap akhir proses penjualan. Penyaluran barang tersebut terbentuk lagi dalam kegiatan pemasaran. Diantaranya produsen - distributor - agen/grosir - semi grosir - retail - konsumen. Segmentasi ini merupakan segmentasi berdasarkan skala pembelian dari tiap tingkat.
Distributor merupakan segmentasi korporasi dengan tugas dan fungsi mendistribusikan produk dari produsen. Produsen memberikan target day to day (DTD), month to month (MTM) dan year to year (YTY) berdasarkan tingkat distribusi dan juga berdasarkan tingkat produksi pabrik. Sehingga distributor akan mendistribusikan produk tersebut ke berbagai segmen agar spread produk merata di pasaran dan ke konsumen.
Distributor akan menggunakan tenaga kerja bulanan atau harian untuk mencapai target tersebut. Tenaga penjual atau disebut sebagai sales mempunyai tugas dan tanggung jawab sebagai berikut:
1. Melakukan kunjungan agen/grosir/semi grosir/retail. Kunjungan dapat dilakukan berdasarkan jadwal atau waktu kunjungan (bila database distribusi telah terbentuk). Apabila dalam proses pengenalan berarti sales akan melakukan kunjungan door to door.
2. Memperkenalkan produk yang dibawa serta melakukan push penjualan dengan menawarkan berbagai keuntungan kepada agen/grosir/semi grosir/retail agar dapat membuat order pada produk tersebut dan menjualnya kepada konsumen.
3. Melakukan pencatatan kunjungan dengan berbagai potensi yang di dapatkan dari kunjungan tersebut.
4. Membuat jadwal kunjungan berikutnya untuk mendapatkan informasi dari toko tertarik untuk menjual produk yang ditawarkan.
Penamaan Sales dalam Lowongan Kerja Terkait dengan Fungsinya
1. Sales - Penjual - jual putus artinya servis after sales hanya sebatas barang yang terjual.
2. Sales Motorist - membawa barang dari gudang dan menjual langsung kepada toko barang yang di bawa. Biasanya menggunakan motor pribadi untuk tenaga penjual ini. Fasilitas yang dapat digunakan di antaranya sadle bag (kantung barang yang ditempatkan di atas dudukan belakang motor).
Sales motorist melakukan tugas hariannya mirip dengan sales pada umumnya. Perbedaannya adalah segmentasi penjualannya adalah retail. Distribusi dengan skala terkecil.
3. Representatif - sales akan merepresentatifkan produk yang dijual kepada pengguna. Artinya proses edukasi berdasarkan knowledge yang akurat dengan produk tersebut. Representatif berhubungan dengan edukasi keilmuan. Produk tersebut digunakan berdasarkan penggunaannya.
4. Account eksekutif - jual lanjut artinya servis after sales dilakukan secara berturut-turut karena ada keterkaitan konsumen terhadap barang yang digunakan dan akan melakukan pembayaran berdasarkan jadwal bayar. Biasanya tenaga penjual bekerja di jasa perbankan, leasing, atau koperasi dan lain sebagainya.
5. Istilah-istilah lain yang digunakan sebagai tenaga penjual.
Pada umumnya lowongan untuk tenaga penjual di sosialisasikan secara sproradis. Dengan kata lain tenaga ini sangat dibutuhkan agar mempercepat proses distribusi produk. Tenaga penjual akan di tempatkan di berbagai area potensial sesuai dengan target distribusi.