6 Cara Menghindari Skimming Kartu Kredit dan Debit

natinedJs ⓚ 2018 Kejadian skimming yang terjadi saat ini bukan merupakan teknik baru melainkan sudah terjadi 10 tahun yang lalu. Terjadi pada dua bank yang mengalami kerugian karena kasus skimming tersebut pada Bank BRI dan Bank Mandiri. Pencurian data atau informasi nasabah melalui data strip magnetik (strip hitam) tersebut kebanyakan terjadi pada mesin ATM.



Perangkat atau hardware yang sering digunakan dibagi menjadi dua;
  1. Perangkat yang diletakkan di dekat nasabah yang sedang bertransaksi di ATM, untuk membaca strip magnetik dan nomor akun serta data lainnya.
  2. Kamera kecil untuk mengetahui nomon Personal Identification Number (PIN) saat nasabah memasukkan PIN di atm.
Pelaku skimming sudah mahir dengan perangkat tersebut bisa langsung mendapatkan informasi akun pada saat yang sama. Karena, biasa pelaku tetap memantau perkembangan gerai ATM tersebut.

Lihat PUSTAKA natinedJs DISINI

Dari keadaan tersebut perlu kewaspadaan nasabah agar tidak mengalami skimming. Dalam artikel ini terdapat 5 cara menghindari skimming kartu kredit dan debit. Agar menjadi perhatian nasabah.
  1. Menutup tombol penomoran atm

    Pada saat melakukan transaksi dalam keadaan apapun disanrankan setiap nasabah untuk menutupi dengan tangan pada saat menekan tombol. Agar dapat menghindari kamera mendapatkan angka PIN yang ditekan nasabah. Menghindari pindaian pasword melalui kamera pengintai tersebut.

    Dari saat itu juga agar tidak ada akses sidik jari lakukan pengusapan pada tombol atm tersebut. Dengan pengusapan tersebut sidik jari tertempel akan menghilang.
  2. Penggunaan Internet Banking dan SMS banking

    Diperlukan penggunaan fasilitas perbankan tersebut agar dapat melakukan update pada saldo rekening nasabah yang bersangkutan. Setiap transaksi terdapat pada pelaporan internet banking tersebut dan juga melalui sms banking.
  3. Mengingat jumlah saldo terakhir

    Setiap melakukan transaksi nasabah diwajibkan untuk mengingat atau memperhatikan jumlah saldo. Bila terjadi selisih dengan angka terakhir yang kita ingat atau yang tertera pada lembar slip atm di dompet nasabah dan data tersebut valid. Disarankan setiap nasabah untuk melakukan print pada mesin atm, karena bila hanya melihat saldo terakhir melalui layar atm sangat mudah untuk lupa.

    ATM perbankan tidak disarankan untuk mengurangi biaya print atm, karena print kertas atm tersebut mudah disimpan.
  4. Lokasi ATM

    Pada pembahasan Mengenal Arti Skimming, lokasi atm menjadi perhatian penting nasabah. Gerai ATM yang banyak kasus skimming dan wajib dihindari ATM sepi dan gelap, atm di restoran dan bandara.
  5. Kondisi Mesin ATM

    Biasakan untuk menempelkan jari pada slot atm, coba untuk menyentuhnya dengan cepat untuk memastikan slot tersebut tidak berbeda secara fisik pada atm. Tidak terdapat benda lain timbul di atm yang menimbulkan kecurigaan.
  6. Reaksi tidak benar di atm

    Bila pada saat melakukan transaksi di atm nasabah sudah mempunyai perasaan atau keadaan yang tidak wajar segera saja tinggalkan mesin atm tersebut cobalah mencari mesin lain. Dalam keadaan apapun baik itu keadaan terburu-buru atau tidak.
Baca juga : Kampanye Anti Fraud

Post a Comment

Previous Post Next Post