Pengertian e-Commerce
natinedJs ⓚ 2017 Dalam bisnis dapat terjadi pertemuan antara dua pihak sampai tiga pihak. Hal yang umum kita mendengar dua pihak tapi bagaimana dengan tiga pihak atau lebih. Pihak ketiga ini biasanya adalah perantara yang mempertemukan antara penjual dan pembeli. Kemudia dari pertemuan itu terjadi transaksi bisnis untuk menjual suatu barang. Bagaimana bila hubungan sosial yang terjadi di masyarakat terkait dengan aktivitas usaha atau bisnis pada umumnya. Tentunya ini menjadi sangat menarik karena dari hubungan elektronik ini kita akan menggantikan peran manusia menjadi sistem elektronik. Tetap dengan cara mempertemukan antara penjual dan pembeli tapi melalui Perdagangan Elektronik.
Perdagangan elektronik (electronic commerce) adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa, melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi dengan melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis. Aplikasi penerapannya adalah e-bisnis, Ada lagi keterkaitan bisnis umum sehingga dapat kita jadikan dengan sistem elektronik?. Pasti masih banyak.
Untuk itu dalam artikel kali ini berhubungan dengan perdagangan elektronik, karena menggunakan fasilitas Blogger tentunya sudah pasti artikel ini akan membahas tentang e-Commerce dalam dunia Blogger.
Beberapa definisi juga dibuat oleh Kalakota dan Whinston :
Dalam buku Encyclopedia of Information Science and Technology karya Yuan Gao (2005) menyatakan bahwa e-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transaksi komersial.
Pengertian-pengertian e-Commerce yang dapat kita kembangkan. Sekarang ini sudah sangat banyak sekali web site e-Commerce di Indonesia :
Aplikasi e-Commerce. Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah:
Bacaan sebelumnya tentang DUNIA BLOG
Masih banyak lagi site yang menawarkan untuk berjual beli online. e-Commerce. Bagaimana dengan Blogger apakah dengan blog kita bisa melakukan semua itu. Tentu saja dalam bahasan sebelumnya tentang blog kita sudah tahu bahwa perbedaan dengan domai dengan blog sangat berbeda tipis. Sebagai blog UMKM, saya mendefinisikan kesamaan itu antara Bank Konvensional Danamon dengan Danamon Simpan Pinjam. Keduanya adalah sama. Keterkaitan dalam bahasan saya kali ini bahwa Blog dari Blogger pun dapat membuat berbagai macam layanan e-Commerce. Kita dapat merefleksikan berbagai kejadian sosial. Misalnya dalam natinedJs.blogspot.co.id yang berminat untuk menghubungkan orang-orang yang mencari barang-atau jasa dari perdagangan mikro. Jadi, blog ini akan memperkenalkan berbagai usaha yang dapat pembeli cari dan bertemu langsung. Sehingga bentuk layanannya akan semakin besar. Bukan dalam satu item yang sama tapi hampir semua item perdagangan mikro.
Kembangkan Blog e-Commerce kamu akan menguntungkan dan banyak berkah menjadi pusat pertemuan berbagai orang untuk melakukan transaksi bisnis.
|
Tags
Infopedia