Google Hangouts Chat ala Google!

 

Dari Google Talk (G Talk) telah berubah saat ini menjadi Google Hangouts. G Talk merupakan suatu layanan aplikasi berbasis web yang dibuat sebagai sarana komunikasi melalui pesan instan dan VoIP. Google Talk.

Pada tanggal 23 Agustus 2004, Eoban Binder memberi usulan agar layanan IM (instan messaging) Google berbasis XMPP melalui website Applexnet.com. Setahun kemudian talk.google.com menggunakan XMPP server yang aktif untuk membuat Google Talk. Pada 7 febuari 2006, Gmail mulai menambahkan kemampuan untuk memberikan layanan percakapan dengan mendirikan klien XMPP. 

Selanjutnya, pada 14 maret 2007, Google mengeluarkan alat yaitu Google Talk Gadget. Adobe flash berbasis modul percakapan ditambahkan ke halaman depan iGoogle atau disimpan dalam halaman web, sehingga bisa chatting dari berbagai sistem operasi yang didukung oleh Adobe Flash Player. 

Tahun 2007 Google Talk mengeluarkan layanan percakapan (chatting) kelompok. Sebelumnya, pengguna hanya bisa melakukan percakapan dengan satu orang tiap jendela. Adanya kelompok chatting memungkinkan para pengguna berbicara satu sama lain dalam lingkungan yang serupa dengan IRC. Google meningkatkan integrasi Gmail chatting untuk menyertakan kemampuan chatting AOL Instant Messenger. Hal ini menjadikan pengguna Gmail dapat masuk ke layanan berbicara AIM dan berkomunikasi dengan pengguna AIM ketika masih dalam layanan Google Talk. Google menambah fitur yang disebut dengan Chatback tahun 2008. Fitur ini memungkinkan pemilik akun Google Talk tetap bisa chatting dengan orang yang tidak memiliki akun Google. Pada, 11 November 2008, diluncurkan fitur video chat. Hal ini memungkinkan para pengguna Google Talk untuk chatting dengan menggunakan video di dalam Gmail. Pada 7 Juli 2009, Google Talk diberitahukan keluar dari versi beta bersama-sama dengan Gmail, Google Docs dan Google Apps.

Google Hangouts  https://hangouts.google.com/  adalah peralatan komunikasi yang dikembangkan oleh Google dengan fasilitas instant messaging, video chat, Short Message Service, dan fitur VoIP. Pengertian VoIP (Voice over Internet Protocol) merupakan fitur dengan menjadikan media internet bisa melakukan komunikasi jarak jauh secara langsung. Sinyal suara analog, seperti di telepon berubah menjadi suara digital yang dikirimkan melalui paket data secara real time. 

Komuniasi VoIP ini sendiri sebagai fasilitas G Hangouts, terbilang ringan lebih murah daripada telepon analog. Paket data dengan menggunakan byte digital Internet Protocol (IP) sehingga lebih murah karena bersifat global . 
G Hangouts sendiri merupakan pemutakhiran dari tiga produk messaging yang telah Google kembangkan sebagai fasilitas layananya Google Talk, Google + messanger, Hangouts video chat lewat G+. Ketiganya seperti tumpang tindih dalam penggunaan dan pemakaiannya untuk itu Google membuatnya menjadi satu di Hangouts. Di Desain untuk menjadi telepon digital masa depan dengan mengubahkan konsep Google Voice. Fasilitas komunikasi ini telah berubah di Android yang dulunya G Talk menjadi Hangouts.

Asal Usul Hangouts 
Berawal dari ketatnya persaingan diantara media sosial untuk fasilitas telekomunikasi digitalnya seperti messaging platform, suara, fitur videoconfrence, dll. Pertumbuhan kompetisi ini terjadi di Facebook, Messenger, iMessage, dan WhatsApp semakin mengembangkan sayapnya dalam hal kemudahan chat serta fitur-fitur dengan layanan telekomunikasi digital. Google Hangouts disempurkan dari Google Talk (dasar XMPP) dan Google+ Messanger. Keputusan tersebut diambil oleh Google untuk memodifikasi kode Google Talk yang pernah eksis menjadi produk perpesan digital yang baru dari Google.

Hanggouts dikembangkan pada tanggal 15 May 2013 dari hasis konfrensi Google. Kemudian 16 Februai 2016 Google tidak akan melanjutkan produk lamanya G Talk dengan merekomendasikan para penggunanya untuk berimigrasi ke Hangouts untuk smartphone dibawah tahun perkembangan Hangouts hanya dengan memperbaharui aplikasinya sudah dapat menjalankan Google Hangoutsnya.
Produk ini tidak berfungsi sebagai sms lagi Hangouts sekarang adalah fasilitas chat yang sangat mudah digunakan dengan mengakses Hangouts App di Chrome Browser.

Fungsi Hangouts

Kemudaha dalam melakukan percakapan dengan banyak user. Layanan ini dapat di akses sebagai pengguna G Mail atau Google + website serta aplikasi mobile seperti Android dan iOS sebagai sistem yang mendistribusikan G Talk sebelumnya. Dengan penggunaan protocol XMPP tersebut akses pada Hangouts tidak perlu dilakukan lagi pada Google + karena sudah berdiri sendir tapi masih dapat di akselerasikan oleh pengguna sebagai fungsi chat dalam Goggle +.

Perjalanan chat di simpan secara online, dapat terlihat diantara peralatan yang menggunakan Google Hangouts. Percakapan Hangouts dapat memperlihatkan lembar read dengan avatar yang menandakan chat tersebut telah dibaca oleh pengguna yang dihubungi. Foto dapat di kirim selama menjalankan percakapan dan secara otomatis dapat terkirim sebagai Google + album. Pengguna saat ini dapat menggunakan emoticon berwarna dalam percakapan.

Dalam suatu waktu Google+ Hangouts dapat menjalankan videoconfrence dengan 10 pengguna. Google juga telah mengupgrade untuk 25 user Hangouts HD video untuk pekerjaan dan juga edukasi. iOS sudah memperbaharui Hangoutsnya untuk mengindetifikasi suara, hanya saja untuk Android perkembangan aplikasinya lebih lambat dukungan sms belum sepenuhnya terintegrasi dari Google Voice panggilan dan teks.

Dalam Chrome, user atau pengguna tidak perlu melakuka install Hangouts. Tapi, untuk beberapa browser lainnya seperti Internet Explorer 11 harus dilakukan penginstalan kembali untuk mendapatkan aplikasi. Dalam Android versi 4,4 Hangouts sudah memiliki icon pengiriman teks (text message sending). Tetap lakukan upgrade dari Play Store Google untuk mendapatkan kenyamanan fitur ini agar smartphone lama bisa mendapatkan semua fitur dari Hangouts.

Selamat menggunakan Google Hangoutsnya Lebih Fun dengan Chat ala Google!!!

Akses Google Hangouts natinedjs di sini bertambah teman dalam Gmail merupakan keberuntungan bersama dapat berbagi bersa Hangouts.
   
    

1 Comments

  1. The first time I saw this website, I was immediately attracted to zoom. Moreover, all the information is in my opinion quite interesting and intriguing. I hope you also visit my website and pass judgment on my website. Thanks.XMPP

    ReplyDelete
Previous Post Next Post