Struktur Organisasi Perbankan MIkro

natinedJs ⓚ 2017 Struktur organisasi merupakan sebuah bagan yang menunjukkan tugas, pokok dan fungsi bagaimana pekerjaan di bagi, dikelompokkan, dan di koordinasikan secara formal menurut susunan setiap fungsi kerjanya. Untuk mendesain struktur organisasi ini diperlukan beberapa kriteria seperti spesialisasi pekerjaan, susunan komando atau disebut juga garis wewenang tersusun dari atas ke bawah yang dapat menjelaskan siapa bertanggung jawab pada siapa. Berikutnya adalah rentang kendali jumlah bawahan yang dapat diarahkan seorang pimpinan efektif dan efisien. Sentralisasi dan desentralisasi.

Sentralisalisasi disebut juga sebagaimana tingkat pengambilan keputusan terkonsentrasi pada satu titik dalam suatu organisasi. Desentralisasi merupakan anonim dari sentralisasi yang bersifat memecah-mecah tanggung jawab.


File Struktur organisasi dapat di DOWNLOAD  PDF File
File Struktur organisasi dapat di DOWNLOAD  Word 2000 File

natinedJs menyediakan LOWONGAN PERBANKAN TERBARU
  1. Distrik atau Cabang

    Struktur organisasi desentralisasi membagi pekerjaan atau wewenang yang lebih besar. Dalam kredit mengenal istilah BWMK, hampir struktur organisasi perbankan keseluruhan memperkenalkan tentang Batas Wewenang Memutus Kredit itu sendiri.

    Dalam hal ini distrik atau cabang biasanya akan membawahi 5 unit usaha perbankan mikro dan lebih besar sampai dengan 10 unit usaha perbankan mikro. District Manager atau kepala cabang akan mengkoordinasikan seluruh pekerjaan sampai ke unit melalui rapat district dimana akan terdapat pembahasan dari target pekerjaan unit dalam hal bisnis dan tagihan.
  2. Unit Manager (UM) (experience)

    Memimpin unit, menerima koordinasi distrik mengenai target pekerjaan unit tersebut. Dalam hal ini Unit manager tetap menggunakan penargetan tertinggi yang harus dipertanggungjawabkan. Beberapa bank mendapat penugasan pemusatan diturunkan di semua unit. Batasan pencapaian target tersebut merupakan perhitungan matang dari seorang manager unit untuk mengelola portofolionya dengan sumbangan bisnis dan penagihan.

    Bisnis disini adalah mengomandoi account officer atau marketing kredit unit untuk mempercepat proses kredit sehingga menambah ONCA unit atau disbursement pencairan unit rata-rata akan mentargetkan sampai 500 juta, dari dua marketing artinya wajib memberikan kontribusi sampai 250 juta per individu.
  3. Credit Officer (CO) (experience)
    Garis putus-putus mempunyai kesamaan wewenang karena dapat menjadi alternate unit manager saat keadaan tertentu rapat atau tidak hadir atau absen. Credit officer tidak mempunyai wewenang dalam mentargetkan unit. Tidak mempunyai target tapi mempunyai keputusan mutlak untuk setiap keputusan kredit.

    Credit officer harus membuat proposal pengajuan kredit sampai BWMK terakhir. Setiap aplikasi yang sudah disetujui dan sudah dilakukan pengikatan kredit terhadap debitur CO wajib melakukan administrasi. Awalnya perbankan mikro menggunakan Administrasi Kredit. Namun, karena tidaj begitu penting perbankan mikro menghapus Admin sehingga semua pekerjaan dilakukan oleh CO. Mayapada Mitra usaha masih mempunyai Admin kredit karena kredit Bank Mayapada berbasis hukum sehingga setiap administrator kreditnya harus berbasis hukum. Bagaimana mempercepat keputusan kredit (BACA DISINI)
  4. Operational Officer (OO) (experience)

    Operational officer mempunyai fungsi koordinasi kepada teller dan jajaran dibawahnya. OO juga akan mengadministrasi setiap pekerjaan unit dimulai dari brankas sampai detail kepada pelaporan harian. Memeriksa nasabah akan jatuh tempo h-3 sampai hari saat aktivitas dilakukan. Mengkoordinasikannya pada teller untuk melakukan pick up atau pengambilan pembayaran nasabah.

    OO biasanya bertanggung jawab pada UM dan District Operational Officer. Sehingga setiap pekerjaan atau pembayaran operasional usaha unit harus diketahui keduanya. Perbankan menganut sistem dual custodi alih-alih agar tidak terjadi penyelewengan keculai dibuat bersama. Karena, pada intinya setiap pekerjaan mempertahankan pekerjaan masing-masing bila sudah terjadi persekongkolan Fraud akan menyebabkan operasional unit akan mengalami kerugian.
  5. Team leader atau AO Koordinator (experience)

    Merupakan garis koordinasi kepada marketing. Memberi pekerjaan pada setiap marketing dan memantau setiap pekerjaan tersebut sampai berjalan dengan baik dan dapat terselesaikan. Dalam koordinasi nya team leader tidak mempunyai wewenang penuh dalam kredit akan tetapi berdasarkan garis pengalamannya dapat menentukan apakah pembiayaan tersebut harus tetap diaplikasikan atau tidak.
  6. Account Officer (AO) (Basic)

    Baca : Menjadi Marketing handal Pada BAHASAN DISINI
  7. Collection Unit  (Basic)

    Baca : Kolektor mempunyai pekerjaan Berat (Pantang Pulang Bila Tidak Bawa Tagihan)
  1. Teller (unexperience)

    Petugas harian front officer untuk pelayanan pembukaan rekening, penarikan dana dan juga melakukan proses harian cash pick up mengambil pembayaran angsuran nasabah.
  2. Security

    Melakukan pelayanan dari depan untuk memberikan service kepada nasabah agar dapat langsung diarahkan untuk mendapatkan pelayanan seperti apa.
  3. Officer Boy
Baca juga : Informasi terbaru Perbankan MIkro

1 Comments

  1. Saya punya ponakam yg kerja d salah satu bank mikro. Saya melihat bahwa bank mikro ini ptnya labil mudh goyang dan mudah tutup. Skrg ini sy mlihat ada suatu traumatis org untk kerja di bank mikro. Gmana kalau tidk bgitu sy tidak yakin bisa berkarir d bank mikro. Apa kira2 pemerintah tidk memperhatikan bank mikro seperti itu yg cepet buka cpet tutup. Di blog ini sy juga tmukan artikel bank mikro tutup seperti bank mega syariah bank cimb niaga dan bank pundi. Dan tanpa jaminanny danamon mohon masukan pak. Thx

    ReplyDelete
Previous Post Next Post