3 Obyek Humbang Hasudutan - Pariwisata di Tanak Batak

natinedJs ⓚ 2018 Bakara tempat kelahiran Sisingamangaraja I, tanah para raja. Sudah mempunyai kemasyuran nama karena identitas para raja ini di tanah Toba. Para raja yang cukup disegani di tanah Batak. Dari balik semua sejarah kebangsawanan Batak ternyata pesona alamnya yang tidak pernah kalah menarik dari tempat wisata lainnya. Panorama bukit barisan menutupi pemukiman seperti berada di dalam ruang tersendiri. Tempat wisata ini merupakan tempat wajib untuk dikunjungi.


Bakara merupakan sebuah lembah yang indah tepatnya berada di Humbang Hasudutan (Humbahas) di wilayah pinggiran barat daya Danay Toba, Sumatera Utara.




  • Pemandangan Bakara

Untuk menikmati pemandangan Bakara ada baiknya menuruni jalur perbukitan yang sempit dan berkelok-kelok untuk sampai menuju lembah tersebut. Udara terasa sangat sejuk dan akan dapat melihat berbagai-bagai pemandangan dari keelokan Danau Toba. Memasuki lembah Bakara, terdapat pemandangan rumah-rumah sederhana bersanding dengan persawahan dan tanaman bawang merah yang menjadi komoditas utama pertanian di daerah Humbahas ini.

Bakara disebut juga sebagai sebuah teritori yang terdiri dari beberapa dusun dan desa terhampar di lembah yang berjarak belasan kilometer dari Dolok Sanggul. Bakara dibelh oleh dua aliran sungai besr dengan aliran air yang sangat deras. Teras sekali suara-suara air berdesir begitu nikmat.



  • Sungai Aek Silang

Sungai terbesr dan mendominasi adalah Sungai Aek Silang yang bersumber dari air terjun curah dari bentangan perbukitan diantara lembah tersebut. Sungai lainnya yang lebih kecil bernama Aek Simaringa. Dua-dua sungai tersebut mengaliri sepanjang pemukiman perdesaan dan bermuara di Danau Toba.


  • Aek Sipangolu

Bakara lebih terkenal dengan Aek Sipangolunya yang berarti 'air yang memberikan kehidupan air yang menghidupkan'. Aek Sipangolu berasal dari air yang keluar dari bebatuan dan mengalir sepanjang masa airnya segar jernih tidak berbau akhir muaranya juga ke Danau Toba. Kepercayaan masyarakat setempat tentang air tersebut dapat menyembuhkan penyakit jika berendam di air tersebut. Keindaha pesona alam ini jangan sampai dilewatkan sekalian mempelajari berbagai sejarah yang telah terjadi di Tanah Batak.

Baca Juga : Tebing Breksi Sleman

Post a Comment

Previous Post Next Post