3 Cara Menabung Sehingga Menjadi Terbiasa dan Disiplin

natinedJs ⓚ 2018 Dalam artikel sebelumnya ada wacana yang memberikan pemahaman tentang cara melunasi hutang dalam ide dalam video tersebut dapat dipahami bahwa hutang itu suatu yang mengikat. Dia tidak dapat dielakkan. Tapi, pada intinya hutang masih dapat dihindari dengan membentuk pos-pos keuangan dengan proporsi pos masing-masing sudah fixed. Tidak saling menggangu satu sama lain.


Dengan beberapa ketubuhan pokok dibandingkan kebutuhan lain yang tentunya setiap orang akan medapatkan kebutuhan pokonnya dulu. Bagaimana saat hutang itu sudah terjadi, sedangkan penghasilan hanya bertambah linier setiap tahunnya. Bagian satu ini patut dihindari, agar setiap orang memaksimalkan penghasilannya terlebih dahulu dan tidak menjadikan hutang sebagai alternatif keuangan.

Cara Menabung yang efektif dan tepat diantaranya :

  • Tabungan berhubungan dengan waktu (kronos) dimana waktu tersebut dapat membuat pertambahan jumlah bahkan pengurangan.

PropellerAds

  1. Pertambahan terjadi karena efektivitas jumlah tabungan sudah ditetapkan dari perencanaan sampai pada akhir jatuh tempo
  2. Pengurangan terjadi karena ekspektasi diluar dugaan sehingga tabungan tidak berguna sebagaimana mestinya.
  • Tabungan berhubungan dengan jumlah penghasilan
  1. Pertambahan terjadi bila penghasilan bertambah ternyata bukan seperti itu kejadian yang sebenarnya akan tetapi pertambahan terjadi bila penggunaan uang berjalan efektif dan lebih menitikberatkan pada kebutuhan pokok daripada kebutuhan sekunder.
  2. Pengurangan terjadi karena terlalu banyak penghasilan yang keluar diluar dugaan (out of control)
  • Tabungan berhubungan dengan Aktivitas Sehat (Health Activity)
Health Activity ini didasarkan seberapa besar kesehatan aktivitas setiap orang. Ada beberapa orang mempunyai aktivitas yang sehat sehingga setiap waktu penggunaan uang lebih positif. Sedangkan untuk aktivitas yang kurang sehat atau tidak sehat sekalipun akan banyak pengeluaran yang out of control. Sebagai contoh aktivitas sales atau pekerjaan yang berhubungan dengan jalan atau transportasi pekerjaan ini akan banyak menyita tenaga sehingga banyak memerlukan pengeluaran yang tidak terduga diluar kebutuhan sebenarnya.
Pembelian es, makanan atau jajanan bahkan mungkin kebutuhan yang belum tentu akan digunakan terus seperti sarung tangan atau jas hujan karena kebutuhannya mendadak langsung dibeli. Bila dalam kondisi tersebut preparasi setiap orang terjadi pada saat belum ada musim panas tetap atau musim penghujan tentunya barang tersebur sudah dibeli dengan tabungan rencana.



Sehingga pada artikel kali ini bagaimana sebenarnya tabungan itu ada dan dapat dipastikan adalah dengan perencaan tetap. Empat siklus searah dengan hal tersebut dimulai dari perencanaan menjadi visi menjadi pengharapan (wishes) menjadi wujud nyata dari program yang dibuat setiap orang. Kenapa progam setiap orang mudah mengalami kendala karena setiap orang keluar dari perencanaan yang sebenarnya sehingga dia masuk ke terminal yang salah.

Secara logika dapat dipastikan bila seseorang masuk terminal yang salah dampaknya adalah beban pengeluarannya membengkak.

Post a Comment

Previous Post Next Post