Wow, Singkawang Mendapat 3 Rekor MURI pada Perayaan Cap Go Meh

natinedJs ⓚ2018 Singkawang terletak 120 km disebah utara Pontianak ini merupakan kota nomor dua terbesar di Kalimantan Barat setelah Pontianak. Walaupun kota nomor dua terbesar, Singkawang terbilang kota kecil dan tidak terlalu sibuk. Sebagian kecil warga Singkawang berprofesi sebagai pedagang dan pegawai negeri, sisanya nelayan petani dan tukang. Kekhasan kota Singkawang adalah penduduknya yang terdiri dari multi etnis tetapi dapat hidup berdampingan dan damai. Mayritas penduduknya adalah keturunan Cina. Kependudukan tersebut yang menyebabkan kota tersebut disebut Amoy yang menunjukkan wajah amoy yang cantik berkulit putih.

Sumber : Travel Kompas

Keunikan dari kota Singkawang adalah bangunan lama peninggalan Belanda seperti pasar, rumah, dan gedung pemerintah juga memiliki julukan seribu kelenteng. Kelenteng atau Pekong demikian masyarakat menyebutnya bertebaran dari pelosok kota hingga desa dan jumlahnya ribuan. 

Pada tahun baru Imlek, Singkawang sangatlah meriah puncak dari semunya adalah hari Cap Go Meh yang dirayakan 15 hari bulan  pertama tahun baru Imlek. Pada hari itu penduduk beramai-ramai memenuhi jalan-jalan kota. Arak-arakan naga dan Barongsai dapat ditonton secara gratis. Khusus di Singkawang penduduk dapat pula melihata arak-arakan Tatung. Para Tatung atau dukun yang sedang in-trance sebagai sebutan kerasukan. Menari-nari diatas tandu dengan dudukan pedang dan lantai tombak. Para duduk tersebut tidak segan-segan menusuk mulut dan wajah dengan kawat baja sampai tembus.

Hari-hari biasa Singkwang sangat tenang. Cocok sekali untuk dijadikan daerah peristirahatan. Malam hari warga Singkawang banyak menghabiskan waktu bersantai. Salah satu tempat favoritnya adalah pasar Hongkong. Sesuai dengan namanya pasar ini mirip sekali dengan pasar kaki lima di Hongkong. Resminya pasar diberi nama pasar beringin dan buka selama 24 jam. Siang hingga sore pasar ini dipenuhi took sembako dan kelonotong  setelah sore atau subuh berganti dengan pedagang gerobak yang menjajakan makanan dan minuman, mulai dari apam pulau pinang, bakpau, kue juadah, kwetiuw dan mie goring. Mie goreng sangat terkenal di pasar Hongkong yang baru pertama kesana pasti puas dan tidak dapat melupakannya.

Sekitar sepuluh tahun yang lalu, hanya sekitar satu blok saja yang dikenal sebagai pasar Hongkong. Sampai saat ini pasar beringin telah breubah wajah menjadi pasar Hongkong karena merambah semua blok yang ada dipasar itu. Inilah salah satu ketertarikan Singkawang salah satunya di Kalimantan Barat.

Rekor MURI yang diraih Cap Go Meh 2018 :

1. Lampu Lampion Terbanyak
  • Rekor MURI Pemasangan lampion terbanyak sebanyak 10.895 buah pada tahun 2009 telah terlampaui pada tahun 2018 yaitu sebanyak 20.607 buah dengan semua lampu terpasang dan menyala.
2. Jumlah Peserta Pawai Tatung Terbanyak
  • Rekor Muri peserta pawai tatung terbanyak sebanyak 777 pada tahun 2011 telah terlampaui pada tahun 2018 sebanyak 1.038 tatung.
3. Gerbang Cap Go Meh Terbesr
  • Rekor MURI Pendirian gerbang Cap Go Meh terbsesar dengan tinggi 6 meter dan lebar 16,20 meter dilengkapi dengan 12 zodiak (shio).
Baca selengkapnya : CI LUK BAA!!!

Post a Comment

Previous Post Next Post