Perbedaan antara Serangga yang Bermetamorfosis dengan Tidak Bermetamorfosis

natinedJs ⓚ 2018 Di dalam phylum Anthropoda terdapat 5 kelas penting diantaranya kelas insekta dengan jumlah tungkai 6 (hexapoda). Arthropoda berasal dari kata Arthro yang berarti ruas, dan poda disebut juga dengan tungkai. Binatang dengan tungkai berjumlah 6 dan beruas. Sedangkan dari bagian thorax (badan) terdapat segmen-segmen.


INSEKTA

Insect berasal dari kata insecare terdapat dua suku kata ini artinya menjadi sedangkan secare artinya memotong atau membagi. Dengan pengertian yang sebenarnya bersegmen-segmen. 

PropellerAds

- Serangga tidak bermetamorfosis (Tidak bersayap, sederhana)

Ordo Thysanura

Thysanura artinya ekor yang berumbai (jumbai). Termasuk dalam ordo Thysanura tidak bersayap dan tidak bermetamorfosis. Serangga muda disebut nimfa (nymps). Secara istilah, Thysanura berasala dari kata Thysan = bulu, dan ura = ekor. Habitat serangga dalam ordo ini biasanya di barang-barang bekas, di dedaunan yang mulai membusuk, pada buku, pakaian, kertas, dibawah kayu dan batu bata, serta di lingkungan yang gelap dan lembab.

Nimfa adalah tidak mengalami metamorfosis karena induk akan mengeluarkan nimfa dari saluran reproduksi. Perkembangan nimfa sama seperti serangga tidak ada perubahan bentuk kecuali perubahan ukuran tubuh. 

Nimfa makan dengan mengunyah. Abdomen atau perut teridir dari 10 - 11 segmen. Antena panjang dengan banyak ruas. Pada bagian belakang abdomen terdapat 2-3 ekor berbulu seperti antena. Badan sangat lunak tertutup dengan sisik seperti kelihatan bersinar kilap. 

Serangga dengan ordo Thysanura :

Thermobia domestica, pac atau ngengat biasanya terdapat pada buku berwana keputihan dengan sisik mengkilat.

- Serangga dengan Metamorfosis tidak sempurna

Ordo Orthoptera

Orthoptera berasal dari bahasa Yunani, dengan pengertian ortho artinya lurus sedangkan ptera artinya sayap. Secara harfiah dapat diartikan sebagai insekta dengan sayap lurus. 

Beberapa serangga dalam ordo ini antara lain :
  1. Gryllidae atau jangkrik 
  2. Tarbinskiellus portentosus, sin. Brachytrupes portentosus atau Gangsir
  3. Gryllotalpidae atau anjing tanah dengan bahasa lebih umum orong-orong
  4. Blatodae atau KECOA
  5. Sexava atau jenis-jenis Belalang.
Insekta dalam ordo ini kebanyakan mengeluarkan suara. Dengan tungkai panjang dan kuat sehingga banyak digunakan untuk meloncat. 

Post a Comment

Previous Post Next Post