Cara Membuat Form Input Data ke Database dengan PHP-MySql

natinedJs ⓚ 2020 Penggunaan database open source untuk pemograman populer yang dikenal luas yaitu PHP dan Java. MySql pemograman dengan bahasa kompleks namun terdapat kemudahan dengan software berbasis GUI PHPmyadmin (Download Aplikasinya) layaknya sebuah OS software tersebut juga di kontrol oleh XAMPP. Software ini membundle apache, php, dan mysql, perl dan modul tambahan lainnya.


Alur kerja untuk membuat form database;

  1. Download XAMPP. XAMPP merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl.
  2. Download Sublime Text. Sublime Text merupakan aplikasi editor untuk kode dan teks  yang dapat berjalan diberbagai platform operating system dengan menggunakan teknologi Phyton API (Aplikasi Pemograman Antarmuka). Biasanya digunakan coding development sebagai alat bantu untuk mengkoding.
  3. Input data yang ingin dibuat. Contoh : data_siswa terdiri dari 2 kolom yaitu nama_siswa dan kelas. 
Dasar Singkat

Database adalah sistem yang dibuat untuk mengorganisasi, menyimpan, dan menarik data dengan mudah. Database tersebut diolah secara digital terorganisir di Database Management System (DBMS). Fungsinya menyimpan isi database, mengizinkan pembuatan dan mengolah data baik menggunakan metode pencarian atau aksesn lainnya. Database dewasa ini diantaranya MySql, Sql server, Ms. Accsess, Oracle, dan Postgresql.

XAMPP

Organ database dibentuk dari software ini terdiri dari apache, mysql, phpmyadmin, php, perl, freetype2 dan lainnya. XAMPP memudahkan instalasi php artinya software tersebut sudah mendukung pemograman yang akan kita buat.

Download dan Instal XAMPP untuk membuat database

XAMPP terinstal dapat langsung mengaktifkan Mysql dengan cara membuka XAMPP control di directory tempat instalasi. XAMPP di instal di C:XAMPP/XAMPPcontrol. Klik XAMPP kontrol untuk aktivasi software. Ikuti alurnya agar proses aktivasi berjalan normal;

  1. Login ke user root
  2. Masuk ke directory /opt/lampp/
  3. Ketik: #/lampp start
  4. XAMPP aktif action start diantaranya Apache dan MySql umum digunakan lainnya abaikan saja.
  5. Akses http://localhost/phpmyadmin/di browser sudah bisa aktif
Cara Membuat Form Input Data ke Database dengan PHP-MySql

Langkah Pertama tentukan jumlah data yang akan di minta. Contoh dasar buat dua data input misalnya nama_siswa dan alamat.

Kedua data REQUST tersebut nanti akan masuk pada tabel yang akan kita buat. Artinya di http://localhost/phpmyadmin/ buat directory database dan nama tabel

DATABASE contoh natinedjs
NAMA TABEL contoh data_siswa

  

Aturan Tabel berdasarkan Proyek latihan


Nama Type Leght/Values Default Collation Attributes Null Index AI (Auto Increments) Keterangan
id pilihan program otomatis Cek List Karena data akan bertambah otomatis
nama_siswa Text/Varchar 50 pilihan program otomatis Sesuai pertanyaan artinya isisnya ada karakter huruf
alamat Text/Varchar (tidak terbatas) pilihan program otomatis

Lihat gambar format database dan nama tabel sudah sesuai dengan arah yang kita inginkan. Data input tersebut hasilnya nanti akan ada di browser localhost.

Script Menghubungkan Database dan Menampilkan Isi Data

Editing scripts serta menyimpannya harus di C:XAMPP/htdocs/natinedjs/data_siswa.php. Last direktori terlihat di data_siswa.php. data_siswa.php tersebut kita buat dan edit dimana. Dalam artikel ini kita menggunakan sublime text (Download Aplikasinya). Pilih sublime text sesuai dengan O/S yang digunakan. Kemudian instal sublime text tersebut untuk menampilkan koding.

Script dibawah ini menerangkan tentang akses database dan menampilkan isi dari sebuah tabel. Penjelasan mengenai script seperti berikut;

  1. $hubung_db=mysql_content("localhost","root","open"); 
  2. if($conn->connect_error){
  3.     die("connection failed" .$com->connect_error);
  4. }

Baris 5 akses database yang digunakan yaitu natinedjs

Baris 7-8 memilih database $REQUEST umum digunakan terdapat juga penggunaan lainnya seperti $POST dan $GET (Coba ubah $REQUEST dengan $POST atau $GET lihat perubahannya apakan data dapat diterima di tabel data_siswa

Baris 13-16 jika koneksi eror maka akan ditampilkan "connection failed" bisa dibuah ke bahasa indonesia "koneksi gagal"

Baris 18 - 19 kirim data ke mysqli (pastikan bahwa mysql sudah di versi mysqli). Insert into atau masukkan ke dalam tabel data_siswa dengan values sesuai dengan aturan awal yang kita buat pada penentuan tabel

Baris 19 - 28 merupakan hasil dengan kondisi jika berhasil data diterima atau jika gagal data gagal diterima.






Isi PHP pada sublime text yang dibuat. Dapat dilihat dan kemudian digunakan dengan copy paste pada latihan. Kemudian .php untuk data_siswa sudah ada tinggal menggunakannya di localhost. Ketik pada tab browser localhost/natinedjs/data_siswa.php.

Baris 32 - 53 merupakan bahasa perintah di html local host tersedia. Perintah pada form tersebut adalah mengirimkan data dari input nama_siswa dan alamat. Kemudiat tombol kirim untuk mengeksekusi datanya agar sampai di localhost.

Lihat 
adalah REQUEST =  Baris 7-8 aksinya berada di php dengan nama data_siswa.php


Running dengan enter keyboard?



Terdapat Notice: Undefined variable: id in C:\xampp\htdocs\natinedjs\data_siswa.php on line 18
Input berhasil. Pada layar browser abaikan saja karena pada saat input sudah dapat diterima oleh tabel. Variabel input belum dapat di indeks ubah variabel pada baris 18 dengan menyamakan dengan baris-baris lainnya agar variabel undifined tidak muncul lagi.



nama siswa : william; alamat: jl di panjaitan
nama siswa: katarina; alamat: jl raya natar

Related Post :

3 Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Almost done gan. Thx tutorialny bs djalankan. Format ini cm bs di .php y? Kl masuk k html gmana gan?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post