Statistika Matematika SMP Kelas 7

 natinedJs ⓚ 2024 Pemilihan umum baru dilakukan 14 Februari 2024. Menjadi pesta demokrasi 5 tahunan untuk memilih presiden dan wakil presiden serta anggota DPR. Pemilu dari setiap TPS dibuka pukul 9 pagi sampai jam 1 siang, nah momen yang paling di tunggu adalah ketika berita terupdate melalui TV atau internet menayangkan hasil qiuck count. Berita-berita tersebut menyajikan data hasil perolehan suara partai-partai dalam bentuk diagram batang.




Penemu Statistika

Gottfried Achenwall (1719 - 1772) maerupakan seorang filsuf dari Jerman, ahli ekonomi, hukum dan statistika. Istilah pertama kali tentang statistika diperkenalkan pada karyanya tentang "Konstitusi Politik Negara dan Masyakarat Eropa" (1749). Dengan karya tersebut ekonom Jerman menyebut Gottfried Achenwall sebagai bapak statistika.

Sir John Sinclair (1745 - 1835) menjadi orang pertama yang menggunakan istilah "statistics" dalam bahasa Inggris dengan karyanya "Statistical Account Of Scotland". Beliau menggunakan istilah statistika sebagai suatu metode untuk mengumpulkan data atau fakta yang bersifat numerik dari data-data yang diberikan oleh masyarakat atau pemerintah.

Pengertian Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari tentang cara-cara mengumpulkan data, menyusun data, menganalisis data dan menafsirkan data, serta cara mengambil kesimpulan yang logis berdasarkan hal-hal tersebut sehingga dapat di ambil keputusan akurat dari suatu permasalahan.

Perbedaan Statistika dan Statistik

Statistika merupakan ilmu yang berkenaan dengan data, sedangkan statistik merupakan kumpulan data atau informasi dalam bentuk angka maupun bukan angka yang menggambarkan masalah tertentu di mana data tersebut dapat disusun dalam bentuk tabel atau daftar atau diagram.

Contoh Statistik:

1. Statistik serangan DBD rawat inap di rumah sakit yang berisi angka-angka mengenai banyaknya pasien DBD seperti usia balita, usia di atas 6 tahun, usia di atas 20 tahun dan serangan pada laki-laki atau perempuan.

2. Statistik penduduk merupaan kumpulan angka-angka yang berkaitan dengan masalah penduduk seperti penggangguran, jenjang pendidikan dan jumlah penduduk.

Statistika menjadi ilmu dalam pengumpulan data tersebut yang awalnya disajikan melalui statistik.

Bentuk Penyajian Data Statistika

Penyajian data statistika dapat disajikan melalui 4 bentuk dasar yaitu bentuk tabel, bentuk grafik, dan bentuk diagram yang terbagi menjadi diagram lingkaran dan juga diagram batang.

1. Bentuk tabel

Nama Provinsi Jumlah Petani Gurem
11. ACEH 469.138
12.   SUMATERA UTARA 759.573
13.   SUMATERA BARAT 402.610
14. RIAU 139.174
15. JAMBI 100.791
16.   SUMATERA SELATAN 190.216

2. Bentuk Grafik


3. Bentuk Diagram


4. Diagram Batang


Penyajian tersebut berdasarkan data yang sama sehingga dapat dilihat perbedaan di antara bentuk penyajian tabel, grafik, diagram dan diagram batang. Penyajian ini sangat sering ditemukan pada artikel-artikel yang menampilkan data terbaru dari suatu pernyataan.

Pengumpulan data umumnya dilakukan dengan cara seperti berikut ini:

1. Angket atau kuisioner : pengambilan data dilakukan dengan lembar angket yang di isi oleh koresponden kemudian data tersebut disajikan oleh pengambil data.

2. Wawancara atau interview : pengambilan data dilakukan oleh petugas yang mewawancarai berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan data yang akan dikumpulkan.

3. Observasi atau pengamatan : pengambilan data dilakukan oleh individu atau kelompok yang mengamati.

Daftar Distribusi Frekuensi

Bagaimana menyatakan rata-rata suatu keadaan atau data dalam suatu kelompok. Misalnya pertanyaan seperti berapa banyak teman atau siswa dikelasmu yang memiliki nilai matematika antara 80 - 90? Biasanya pertanyaan tersebut disampaikan orang tua untuk melihat banyaknya teman kamu yang memiliki nilai matematika antara 80 - 90.

Daftar distribusi frekuensi merupakan sarana untuk meringkas data dalam bentuk tabel di mana data tersebut dikelompokkan dalam interval tertentu.

1. Interval Kelas

Perhatikan tabel berikut ini yang menunjukkan nilai matematika kelas VII SMP Widya Persada.

Nama Siswa Frekuensi
50 - 60 4
61 - 70 6
71 - 80 17
81 - 90 12
91 - 100 9

Pada pengelompokan dalam data pada tabel nilai matematika, yaitu nilai matematika antara 50 - 60 terdapat 4 siswa dengan nilai tersebut. Dengan kata lain frekuensi pada nilai 50 - 60 adalah 4. Interval dipilih dalam tabel tersebut disebut sebagai interval kelas.

2. Distribusi Frekuensi Relatif

Distribusi frekuensi relatif dapat menyatakan banyaknya data yang berada dalam suatu kelas interval. Artinya, dalam hal menentukan distribusi frekuensi relatif pada suatu kelas interval diperoleh dengan cara membagi frekuensi kelas dengan jumlah pengamatan di dalam suatu kumpulan data.

dengan:

fi = frekuensi kela ke i
N = jumlah amatan
fr = frekuensi relatif.

Contoh tabel distribusi dari nilai matematika siswa SMP Widya Persada Kelas VII dengan total jumlah siswa adalah 50 orang

Nama Siswa Frekuensi Frekuensi Relatif
50 - 60 4 0,08
61 - 70 6 0,12
71 - 80 17 0,34
81 - 90 12 0,24
91 - 100 9 0,18

Pada interval kelas ke 4 : 81 - 90, frekuensi relatif diperoleh dari:


Dalam contoh pada soal tersebut terdapat 24% siswa SMP Widya Persada Kelas VII memiliki nilai matematika antara 81 sampai 90.

Baca Juga
Sudut Matematika SMP Kelas 7
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Persamaan Trigonometri Sederhana (Kelas X, dan XII)


Post a Comment

Previous Post Next Post