Memahami Jenis dan Fungsi Media Sosial atau Jejaring Sosial

natinedJs ⓚ 2016 Jejaring sosial itu cuma satukah? Atau banyakkah?. Kita sudah mengenal banyak jejaring sosial seperti , Bebo, CrowdVoice, Estuface, Facebook, Flickr, ImTweet, Kaskus, Myspace, Temanku, Twitter dan masih banyak lagi. Note beberapa jejaring sosial hanya terdapat di negara itu sendiri dan belum meluas penggunanya.


Jenis Media Sosial yang Berkembang Saat ini;

Blog Maker

Blog sebagai jurnal pribadi merupakan kamar dari sebuah situs dalam komposisi internet. Bentuknya kecil karena adalagi bentuk mikro yaitu micro blogging. Jurnal pribadi tersebut menyerupai sebuah situs sehingga disebut dengan web log (blog). Contohnya blogger dan wordpress.

Sosial Network

Sosial network atau tepatnya jejaring sosial. Fokus untuk membangun jaringan dalam media tersebut. Media pertemanan, grup atau pekerjaan. Contohnya facebook atau linkedin.

Micro Blog

Tipe blog mungkin sudah bisa di analogikan mirip dengan dunia usaha kelas usaha mikro kecil dan menengah. Blog juga demikian kelas mikro blogging, blog kecil sampai web site. Interaksi pada micro bloging lebih cepat karena karakter isi blog terbatas sehingga penulis dapat mengirimkan pesan cepat. Contohnya twitter.

Media Sharing

Video maker atau sound maker membutuhkan media untuk sharing karya-karya mereka. Contohnya Youtube, Sound Cloud dan instagram dan flicker.

Forum Media

Jenis ini lebih tepatnya tempatnya membahas tuntas tentang suatu yang menurut partisipan penting untuk ditanyakan dalam forum tersebut. Semua akun dapat berinteraksi masif. Contohnya Kaskus dan Quora.    

Tentunnya kita sudah mengenal beberapa jejaring sosial seperti facebook. Jejaring sosial itu apasih? Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll (Wikipedia, 2016).

Berarti jejaring sosial itu seperti transportasi elektronik untuk menghubungkan banyak orang tanpa harus berdekatan. Begitulah kira-kira. Saya mau menyajikan dan menampilkan jejaring sosial yang digadang-gadang oleh Google Inc.. Apakah itu jejaring sosial google?

Situ ini diluncurkan tahun 2011, dengan sistem undangan dengan uji coba dihari tersebut penggunanya diizinkan untuk mengundang teman di atas 18 tahun membuat akun. Namun kejadiannya pembuatan akun tersebut langsung dihentikan sehari kemudian setelah pembuatan akun semakin membludak. Begitulah ceritanya.

Sudah tahu belum?

Inilah dia yang saya mau bagi. Google+, jejaring sosial yang dioperasikan oleh Company – Google

Google+ mengklaim nih, bahwa fasilitas dan manfaatnya jauh melebihi jejaring sosial yang telah ada. Beberapa aga mirip dengan fasilitas yang ada di facebook. Dalam Google+ banyak menawarkan informasi profil, circle, foto, acara, hangout, dan juga lama. Serta yang lainnya community, lokal, status dan berbagi dan mudah terlihat di Google search. Karena memang produk asli Google. Keunggulan Google+ dari sisi manfaat penggunaannya: tujuan publikasi.

Jumlah penggunanya. Google+ mempunyai kurang lebih 135 juta pengguna aktif seluruh dunia 60 persen dari pengguna teresebut memperbaharui informasi setiap hari.

  • Akun Google+ dapat menjadi fasilitas berasosiasi dengan Youtube, Picasa, Adwords, Adsence, Live Video dsb.
  • Google+ dapat meningkatkan jumlah tayang website kita pada engine Google Search. Dengan memberikan +1 pada logo G akan merekomendasikan publikasi tersebut pada semua akun Google+ yang berhubungan.
  • Google+ mampu menampilkan lokasi usaha di Google Search. Tampilkan nama usaha dan produk dengan benar pada tampilan laman yang akan menunjukkan posisi map lokasi usaha kita. Google+ juga menjadi bagian dari Google Maps sehingga titik koordinat dimana alamat tersebut dibuat akan menampilkan lokasinya.
  • Google+ mampu menjadikan kita pemilik konten. Pada saat membagikan informasi dalam postingan Google+ maka informasi itu akan tampil di perncarian Google dengan gambar profil kita.
  • Google+ communities tempat berbincanf kelompok. Diskusi kelompok atau grup atau regu, kita dapat publikasi dalam komunitas tersebut sebagai sarana perkenalan tidak langsung.
  • Google+ tidak membutuhkan perkenalan langsung, tidak perlu mendapatkan persetujuan pertemanan, sehingga kita dapat melihat siapa sata di dunia ini pengguna Google+.


Banyak fitur dari Google+ yang mirip dengan situs jejaring sosial seperti Facebook dan LinkedIn. Cara Google+ menampilkan pemberitahuan, pemberitahuan belum dibaca, dan link ke posting juga mirip dengan "Pemberitahuan" di Facebook.

"Circles" memungkinkan pengguna untuk mengatur kontak menjadi kelompok untuk berbagi, across various Google products and services. Meskipun pengguna lain dapat melihat daftar orang-orang dalam koleksi lingkaran pengguna, mereka tidak dapat melihat nama-nama lingkaran mereka. Pengaturan privasi juga memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan pengguna di kalangan mereka serta yang telah mereka dalam lingkaran mereka. Organisasi dilakukan dengan menyeret antarmuka. Sistem ini menggantikan fungsi daftar teman biasa digunakan oleh situs-situs seperti Facebook.

"Messenger"(sebelumnya dikenal sebagai Huddle) adalah fitur yang tersedia untuk Android, iPhone, dan perangkat SMS untuk berkomunikasi melalui pesan instan dalam Circles.

"Hangouts" adalah tempat yang digunakan untuk memfasilitasi kelompok obrolan video (dengan maksimal 10 orang berpartisipasi dalam Hangout tunggal pada setiap titik waktu). Namun, siapa pun di web ini berkesempatan untuk bergabung dengan 'Hangout' jika mereka kebetulan memiliki URL yang unik dari Hangout tersebut.

"Instant Upload" khusus untuk ponsel Android untuk menyimpan foto atau video dalam album pribadi untuk berbagi nanti.

"Sparks" adalah sebuah front-end untuk Google Search, memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi topik mereka mungkin akan tertarik dalam berbagi dengan orang lain; "menampilkan kepentingan" percikan juga tersedia, berdasarkan topik lain secara global menemukan sesuatu yang menarik.

"Streams," pengguna melihat perkembangan terbaru dari orang-orang di kalangan mereka, perkembangan terbaru mirip dengan news feed di Facebook. Kotak input memungkinkan pengguna untuk memasukkan status terbaru atau menggunakan ikon untuk mengunggah dan berbagi foto dan video.

"Games", 16 permainan telah dirilis pada bulan Agustus.

Dalam kesempatan ini saya juga mau berbai untuk para Blogger. Google+ promosikan blogmu di G+, dan nantinya Google akan mempromosikan G+ lewat Google Adsence karena promosi tersebut akan meningkatkan SEO sebuah blog dengan banyaknya promosi lewat G+ akan memberikan urutan pertama dalam pencarian Google. Dari banyaknya klik postingan blog tersebut melalui Google+ akan memberikan rangking baik dalam blog tersebut.

Blogger juga akan memperoleh backlink dofollow cuma-cuma dari sosial media ini.

Jadi bergudang manfaat Google+ dapat kita gunakan karena G+ sudah merefleksikan semua harapan dari pengguna jejaring sosial untuk mencapai yang lebih baik dan lebih mudah dan cepat untuk mengaksesnya. Begitulah cerita saya dalam pembagian informasi ini semoga bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan umum kita semua.
Previous Post Next Post