Pengertian Wirausaha dan Cara Membangun Usaha

natinedJs ⓚ 2017 Ahli ekonomi sering mencari jawaban yang sederhana untuk pertanyaan seperti. “Berapa kenaikan harga di tahun ini?”. Pertanyaannya lainnya “bagaimana dengan produksi industri tahun ini, apakah meningkat?”. Tidak ada jawaban yang sepenuhnya memuaskan, dari pertanyaan-pertanyaan itu. Semua harga tidak bergerak bersama-sama. Pertanyaan kedua juga begitu, tidak ada yang dapat menjumlahkan berapa ton batubata yang diproduksi. Lihatlah harga-harga akan mengalami perubahan secara fluktuatif.


Kewirausahaan mempelajari betul mengenai pertanyaan-pertanyaan yang muncul oleh ahli ekonomi. Setiap-hari kewirausahaan harus memperoleh dari setiap perubahan harga. Kalau tidak demikian bila terjadi perubahan harga dibawah Harga Pokok Pembelian (HPP) tidak akan ada keuntungan bila kondisi ini terus menerus berjalan berarti usaha tersebut bangkrut. Sehingga usaha harus mempunyai keuntungan dari setiap penjualannya agar pewirausaha juga mendapat manfaat dari barang yang dijualnya itu untuk beraktifitas jual beli juga memenuhi kebutuhannya.

Dalam kondisi ini setiap orang harus memenuhi kebutuhannya. Pendapat ahli ekonomi :

Peter F Drucker
Kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different).
Arif F. Hadipranata
Wirausaha adalah sosok pengambil risiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan financial ataupun non uang.
Thomas W Zimmerer 
Kewirausahaan adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.

Tindakan Kewirausahaan dari Fluktuasi

Mereka akan mengatur seribu langkah untuk menempatkan kebutuhan ekonomi sebagai pembentuk harga. Sehingga harga menjadi invisible, tidak tahu persis nilai dari setiap harga yang diperjualbelikan dalam aktivitas usaha itu.

Dalam kondisi ini setiap orang harus memenuhi kebutuhannya. Pendapat ahli ekonomi :

Kathleen
Wirausaha adalah orang yang mengatur, menjalankan, dan menanggung risiko bagi pekerjaan-pekerjaan yang dilakukannya dalam dunia usaha.

Andrew J Dubrin
Seseorang yang mendirikan dan menjalankan sebuah usahayang inovatif (Entrepreneurship is a person who founds and operates an innovative business).

Robbin&Coulter
Entrepreneurship is the process whereby an individual or a group of individuals uses organized efforts and means to pursue opportunities to create value and grow by fulfilling wants and need through innovation and uniqueness, no matter what resources are currently controlled

(Kewirausahaan adalah proses dimana seorang individu atau kelompok individu menggunakan upaya terorganisir dan sarana untuk mencari peluang untuk menciptakan nilai dan tumbuh dengan memenuhi keinginan dan kebutuhan melalui inovasi dan keunikan, tidak peduli apa sumber daya yang saat ini dikendalikan.

Soeharto Prawiro tahun 1997
Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diperlukan untuk memulai suatu usaha (start-up phase) dan perkembangan usaha (venture growth).

Perubahan yang Dinamis

Bagaimana bila kewirausahaan tersebut aktivitasnya bertambah. Aktivitas yang semakin padat ini terjadi dari banyak sisi dengan penambahan jumlah konsumen dengan permintaan yang berbeda tentunya usaha harus ditingkatkan lagi dari stok barangnya. Atau bagaimana bila diperlukan tambahan sumber daya manusia untuk mengelolanya.

Dalam kondisi ini setiap orang harus memenuhi kebutuhannya. Pendapat ahli ekonomi :

Acmad Sanusi tahun 1994
Kewirausahaan adalah suatu nilai yang diwujudkan dalam perilaku yang dijadikan dasar sumber daya, tenagapenggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis.

Jean Baptista Say tahun 1816
Seorang wirausahawan adalah agen yang menyatukan berbagai alat-alat produksi dan menemukan nilai dari produksinya.

Frank Knight tahun 1921
Wirausahawan mencoba untuk memprediksi dan menyikapi perubahan pasar. Definisi ini menekankan padaperanan wirausahawan dalam menghadapi ketidakpastian pada dinamika pasar. Seorang worausahawan disyaratkan untuk melaksanakan fungsi-fungsi manajerial mendasar seperti pengarahan dan pengawasan.


Joseph Schumpeter tahun 1934
Wirausahawan adalah seorang inovator yang mengimplementasikan perubahan-perubahan di dalam pasar melalui kombinasi-kombinasi baru. Kombinasi baru tersebut bisa dalam bentuk:
  1. Memperkenalkan produk baru atau dengan kualitas baru,
  2. Memperkenalkan metoda produksi baru,
  3. Membuka pasar yang baru (new market),
  4. Memperoleh sumber pasokan baru dari bahan atau komponen baru, atau
  5. Menjalankan organisasi baru pada suatu industri. Schumpeter mengkaitkan wirausaha dengan konsep inovasi yang diterapkan dalam konteks bisnis sertamengkaitkannya dengan kombinasi sumber daya.

 Kegiatan dan Aktivitas yang Sangat Mobile

Dari sudut pandang yang berbeda lagi. Kali ini ada proses penciptaan, dengan berbagai kegiatan-kegiatannya sehingga tercipta alur wirausaha yang memberikan komponen-komponen baru sebagai bentuk dari kepemimpinan dari identifikasi yang unik dan mengalami perubahan yang terus menerus.

Dalam kondisi ini setiap orang harus memenuhi kebutuhannya. Pendapat ahli ekonomi :

HarveyLeibenstein tahun 1968 dan 1979
Kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatann yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.

Penrose tahun 1963
Kegiatan kewirausahaan mencakup indentifikasi peluang-peluang di dalam sistem ekonomi. Kapasitas atau kemampuan manajerial berbedadengan kapasitas kewirausahaan.

Israel Kirzner tahun 1979
Wirausahawan mengenali dan bertindak terhadap peluang pasar. Entrepreneurship Center at Miami University of Ohio: Kewirausahaan sebagai proses mengidentifikasi, mengembangkaan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu.

Raymond tahun 1995
Wirausaha adalah orang yang kreatif dan inovatif serta mampu mewujudkanya untuk meningkatkan kesejahteraan diri masyarakat dan lingkungan.

Kasmir tahun 2006
Wirausaha adalah orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan.


Membangun Usaha Menurut Berdasarkan Pengertian Sesuai dengan Paparan diatas;
  1. Menjual produk dan jasa dalam satu dimensi usaha sebagai faktor exponensial peningkatan keuntungan usaha.
  2. Dimensi tersebut merupakan wadah persepsi atas customer dengan mengedepankan produk dan jasa tersebut merupakan hits permintaan dalam masa tersebut.
  3. Penanganan berkesinambungan dengan mengedepankan produk tepat guna disajikan bersamaan dengan produk masa atau term tentunya akan memberikan manfaat lebih pada customer.
  4. Nilai produk dan jasa tidak berubah dan tetap karena pertimbangan usaha untuk memberikan satisfy kepada pelanggan.
  5. Monopoli produk penting karena produk tersebut akan menjamin produk lain berjalan berkesinambungan untuk mencapai omset.
Previous Post Next Post