Fungsi dan Manfaat Google Maps dalam Keseharian

natinedJs ⓚ 2017 Google Maps Pemetaan digital berbasis data dari Google satu ini memang trendnya bagi pencari lokasi (hobbyists- geocachers) atau keren Indonesianya blusukan ala Google Maps. Untuk beberapa kendala yang terjadi ketika bepergian dan juga tempat-tempat yang baru kita dengan dan tidak tahu persis lokasinya. Misalnya pada saat ada suatu acara undangan, pasti akan kesulitan sekali bila tempat tersebut tidak kita ketahui. Sekarang sudah dibuktikan Google dengan fasilitas yang sangat mudah untuk digunakan. Apalagi untuk beberapa smartphone versi Android, sudah ada interior kendaraan untuk meletakkannya agar memudahkan kita untuk meninjau lokasi.


Apa sih fungsi dari Google Maps???

Google Maps adalah layanan peta web (web mapping) dari Google. Data digital di ambil dari pencitraan satelit, maps yang memetakan nama jalan, dapat melihat sampai 360 derajat panorama jalan dapat dilihat, dapat di akses dalam waktu yang sama (real time conditions), dan mencari rute pejalan kaki, mobil, sepeda (dengan versi beta) dan juga transportasi publik.

C++ menjadi basis data program Google Maps yang didesain oleh Lars dan Eilstrup Rasmussen. Bulan Oktober tahun 2004, perusahaan ini berafiliasi dengan Google sehingga membuat aplikasi web. Aplikasi dapat digunakan publik sejak Februari 2005 setelah bekerja sama dengan perusahaan visualisasi data Geospatial, dan alat penganalisa traffic real time. Layanan ini juga disempurnakan dengan menggunakan JavaScript, XML dan Ajax.

Satelit Google Maps seperti mata burung resolusi ketinggian terpetakan seperti photografi usaha di ambil dengan pesawat kecil dari ketinggian 240 - 460 mdpl (meter dari permukaan laut), akan tetapi data makro tetap menggunakan pencitraan satelit. Variant Google Maps mempunyai umur yang lama karena menggunakan Proyeksi Mercator, lebih akurat dari basis data biasa yang hanya berumur 3 tahun.

Lihat Google Maps di Smartphonemu dengan mengakses ke google.maps.com/

Peta yang ditampilkan Google Maps memberikan sorotan definitif, menemukan lokasi terdekat yang kita jangkau dari alamat jalan. Jalan-jalan protokol sangat istimewa karena Google Maps mampu membentuk jalan itu sesuai dimensi masing-masing untuk jalan besar gambar terlihat besar, jalan kecil bahkan gang-gang sekalipun. Memang pada intinya basis data ini merupakan data yang juga di ambil dari data Googlerer karena hal tersebut menjadi bagian dari terbangunnya Goole Maps periodik dengan tempat-tempat yang semakin spesifik yang dapat kita cari.

Google Maps mobile di release September 2008, menggunakan Navigasi GPS (Global Positioning System). Pada Agustus 2013 menjadi aplikasi maps yang paling laris di smartphone hampir 54 % menggunakan aplikasi ini.

Begitulah sedikit- cerita tentang perjalanan Google Maps yang sudah membuat kita semua selalu membawa peta kemanapun kita berada. Dengan aplikasi yang ada di Smartphone masing-masing.


Fungsi Google Maps :

  1. Manfaatkan street view dengan mempercepat pencarian sebuah lokasi dalam waktu yang singkat. Karena dengan tekhnologi digital system pencarian akan berlangsung real time. Dengan layanan ini, seseorang dapat menemukan tempat yang diinginkan. Sangat mudah sekali, bahkan untuk tempat yang terkategori sebagai tempat terpencil pun masih dapat diakses.
  2. Membantu seseorang yang sedang bepergian untuk mencari jalan yang cepat pada location yang hendak ditujunya. 

    Kelebihan dari adanya layanan Google Maps. Banyak sekali perjalanan direction ke tempat tujuan. Banyak dari mereka yang tersesat karena tidak tahu jalan.

    Menjadi aplikasi searching dan bertanya langsung dengan Google Maps "next turn left". Mengakses Google Maps sebagai alat real time dimana customer service online penunjuk jalan tersebut tidak akan membuat tersesat.

    Optimalisasi ruang di beberapa titik maps terdekat dari tujuan. Bila penunjukkan jalan berlawanan maka Google Maps akan mengarahkan turn back ke jalan sebelumnya.
  3. Maps application untuk penyimpanan Peta. 

    Google Maps memberikan ruang dari user untuk dapat mengakses peta tersimpan. Aplikasi zoom perbesaran view image sudah dapat memetakan lagi lokasi tujuan.
  4. Bisa diakses dari mana saja. 

    Manfaatkan fitur “Offline” tidak terbatas oleh waktu selama oleh penggunanya terhubung dalam layanan internet, mereka tetap dapat untuk mengakses layanan ini. Juga tak terbatas oleh waktu, kapan pun tetap dapat mengaksesnya.
  5. New place direction untuk penunjukkan lokasi-lokasi baru.

    Basis data teknologi GPS mobile ini, mudah mengakses tempat baru. Pada umumnya itu terjadi karena berdasarkan Google Maps ada tempat-tempat terdaftar dengan Gambar seperti di atas.
             
Untuk wilayah asia dengan penggunaan kendaraan roda dua mendominasi aktivitas lalu lintas. Google memberikan metode update agar dapat menggunakan versi motor. Guna menghindari jalan toll yang tidak dapat kendaraan roda dua di asia dan juga dapat masuk ke gang-gang kecil untuk memaksimalkan waktu tempuh yang lebih cepat. Merupakan versi mobile karena untuk versi dekstop fitur ini tidak dapat digunakan. Update Google Maps melalui Play Store fitur menggunakan motor sudah dapat digunakan.

Untuk pelaku bisnis pastinya ingin mudah dikunjungi customer, bukan? Dengan customer usaha untung dan maju. Bila usaha tersebut sudah ada titik lokasi di Google Maps akan memudahkan customer mencari lokasi usaha tersebut. Bahkan bisa memberikan review terkait dengan bagaimana usaha tersebut berjalan.

Previous Post Next Post