Rayap (Isoptera : Termitidae)

natinedjs ⓚ 2018 Setelah membaca artikel rayap sebelumnya terdapat poin penting mengenai rayap dalam artikel tersebut. Pertama rayap dapat merusak furniture sampai kerusakan yang parah. Kedua pertumbuhan populasi rayap dan migrasi rayap sangat cepat. Diperlukan antisipasi sejak awal untuk menggunakan jenis-jenis kayu yang dapat tahan terhadap serangan rayap. Terdapat tiga kasta pada beberapa jenis rayap, dimana setiap kasta mempunyai pekerjaan masing-masing. Termasuk ke dalam bangsa Isoptera dan family Termitidae serangga berikut ini menjadi hama perusak kayu. Bahan kayu tersebut banyak digunakan pada instalasi rumah seperti kusen atau pintu. 


Morfologi Rayap

Sama seperti serangga pada umumnya rayap memiliki tida segmen tubuh. Disebut tagmata yaitu tagmata kepala, toraks, dan abdomen. Rayap memiliki kutikula yang mengalami penebalan, dan rayap ratu mengalami penebalan kutikula yang sempurna karena harus menjaga telur yang ada dalam tubuhnya.

Kepala

Terdapat mata majemuk terutama kasta reproduktif. Terdapat juga mata sederhana disebut ocelli. Antena berbentuk miniliform. Mulut terdiri dari mandibel, labrum, maksila dan labium. 

Rayap termasuk serangga dengan tipe mulut menggigit mengunyah:
  1. Labrum fungsinya untuk memasukkan makanan ke dalam rongga mulut.
  2. Efifaring fungsinya sebagai pengecap.
  3. Mandibel fungsinya untuk mengunyah, memotong dan melunakkan makanan
  4. Maksila alat bantu untuk mengambil makanan.
  5. Labium fungsinya untuk menutup/membuka mulut. 
Toraks



Bagian dada terdiri dari tiga segmen prothorak, mesothorak, dan metathorak. Leher rayap disebut serviks. Menghubungkan toraks dengan kepala. Tungkai rayap berada pada masing-masing segmen toraks. Pada laron, si rayap imigran ini terdapat sayap pada metathoraks.

Sayap

Tingkat perkembangan sayap bervariasi. Terbentuknya sayap terjadi karena pertumbuhan dorsoventral kulit dan ditunjang oleh satu seri pertumbuhan sederhana. 

Tungkai

Terdapat beberapa segmen/bagian pada tungkai:
  1. Coxa adalah bagian kaki yang menempel pada toraks
  2. Trocanter adalah sambungan kaki pertama
  3. Femur adalah sambungan kaki selanjutnya dari trocanter. Dalam pandangan sederhana femur adalah PAHA. Berukuran besar dan bersambung dengan tibia berukuran panjang dan kecil.
  4. Tarus sambungan kaki terakhir yang terdapat cakar. 
 Abdomen

Terdapat 10 segmen pada bagian terakhir dari tubuh rayap. Sternit atau tulang dada pada rayap betina terjadi pembesaran pada sternit ketujuh. Sternit ke 8 dan 9 mengalami reduksi. Sebaliknya pada rayap jantan sternit ke 7 tidak mengalami pembesaran. 

Permukaan tubuh rayap disebut integumen. Integumen berfungsi untuk melindungi bagian dalam tubuh rayap dan otot. Satu-satunya struktur yang membentuk tubuh rayap. Fungsi lainnya sebagai cadangan makanan saat pergantian kulit dan juga kekurangan makanan. Dalam keadaan rayap masih bekerja untuk membangun rumahnya mungkin dia masih menunggu waktu agar dapat masuk ke permukiman dengan berbagai furnitur kayu. Tetap mempunyai makanan cadangan dari dalam tubuhnya.

Pada semua serangga peranan kutikula sangat penting. Utamanya untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami dehidrasi permukaan tubuh. Apakah kutikula juga dapat melawan insektisida?. Ternyata tidak, insektisida terutama racun kontak kulit sangat mudah menembus rayap. Hal tersebut disebabkan oleh :
  1. Insektisida dirancang bersifat apolar (Biologi) Tidak memiliki proses memancar; - Diterapkan terutama pada sel-sel saraf tertentu. Insektisida akan dengan mudah menembus kutikula. Seperti layaknya membran sel lainnya kutikel juga bersifat hidrofob dan lipofilik. Hidrofob bersifat tidak larut oleh air. Lifofilik tidak larut dalam lemak.
  2. Ukuran tubuh rayap kecil, spektrum insektisida besar. Sehingga butir pestisida tersebut dapat kena pada seluruh permukaan tubuh rayap.  
Rayap merupakan serangga sosial. Perilaku makan rayap paling diminati adalah selulosa. Pada pencernaan rayap terdapat simbion yang mengolah selulosa tersebut. 



Selulosa adalah polisakarida yang sangat penting karena merupakan senyawa organik yang paling berlimpah di bumi. Selulosa adalah komponen utama dinding sel yang keras yang mengelilingi sel-sel tumbuhan, dan apa yang membuat tanaman batang, daun, dan cabang begitu kuat.

Banyak hal unik lainnya dari rayap ini. Beberapa gudang kayu atau kardus dipergudangannya pasti merasa cukup khawatir rayap bermigrasi kegudang tersebut. Berkenalan lebih dalam tentang perilaku aktivitas rayap sangat penting untuk mencegah perkembangbiakan rayap disekitar gudang. Sanitasi yang baik walaupun usaha atau gudang tersebut mengelola kayu.

Post a Comment

Previous Post Next Post