Cara Mendaftar Go Food 2020

IND | ENG

natinedJs ⓚ 2019 Kebutuhan makanan saat ini, sudah banyak dimudahkan karena berbagai fasilitas pembelian (buy) dan pengantaran (delivery) berbasis online. Sehingga setiap orang akan merasakan manfaatnya, apalagi ketika kesibukan sangat padat dan juga keengganan untuk keluar membeli bahan makanan atau makanan siap santap. Tentunya dengan melalukan order by online delivery food akan mempermudah aktivitas.



Akan tetapi adakah makanan yang kita suka di aplikasi tersebut. Mungkin tidak, atau bisa jadi tempat tersebut belum mendaftarkan diri sebagai mitra dari aplikasi. Pada, kenyataannya hal ini yang masih jadi kendala. Sehingga tutorial ini dapat dimanfaatkan oleh pengusaha kuliner agar dapat bermitra dengan aplikasi online. 

Point pertama yang perlu diketahui oleh Calon Merchant aplikasi online adalah dapat membuat titik lokasi usaha melalui Google Maps. Karena, aplikasi online yang menggunakan fasilitas layanan pemetaan map. Lihat juga Cara Membuat Titik di Google Maps.

Aplikasi online sudah dapat menerbitkan berbelanja tanpa harus bermitra tentu saja pembelian layaknya kita memesan ke tempat penjualan yang sering kita belanja dan sudah mengetahui harga-harganya. Sehingga fasilitas berbelanja online ini merupakan alternatif awal sebelum merchant masuk di daftar rekanan penjualan makanan.

Pembelanjaan Online Non Mitra

Cara kerjanya sangat mudah. Klik bagian Shop di aplikasi akan muncul cari lokasi toko. Ketik tempat pembelanjaan driver delivery. Contoh Bubur Ayam Kang Aceng, berada di Titik yang kita ketahui misalnya daerah Pasar di Bogor Tengah. Aplikasi akan menampilkan lokasinya. Kemudian masukkan item barang yang tidak terdaftar dan juga masukkan harga yang memang kita ketahui karena kita sering berbelanja di Outlet tersebut. Kemudian pilih tujuan pengiriman dan lanjutkan dengan pemesanan. Aplikasi akan menentukan driver mana yang akan mengirimkan pesanan kita ke tujuan. Dan lakukan pembayaran baik cash atau uang elektronik.

Pembelanjaan Online Mitra

Hanya terdapat beberapa mitra yang sudah terdaftar di aplikasi online sebagian lainnya masih dalam tahap belum tahu, pendaftaran dan atau memang tidak ingin menjadi outlet mitra. Nah, untuk menjadi mitra berbasis online tentunya harus melalui beberapa tahap. Pada bagian ini kita akan membahas Cara Mendaftar Go Food - Powered by Go Jek.

Langkah Pertama :

Buka link Go Food dengan metode pencarian di Browser https://www.go-jek.com/go-food/. Masuk ke link tersebut dan mulai membaca dan mempelajarinya. Syarat dan Ketentuan berlaku.

Langkah Kedua :

Klik Register As Seller (Daftar Sebagai merchant) https://www.go-jek.com/go-food/bisnis#!/. Maka, kita akan masuk ke dalam cara pendaftaran. Baca artikel di link tersebut untuk memastikan bahwa informasinya sudah jelas kemudian klik Daftar Go Food Parter dan Go Biz. Kemudian kita akan masuk ke menu-menu pendaftaran.

Isi dengan lengkap setiap menu tersebut. Untuk Mitra UMKM NPWP bukan persyaratan wajib sehingga dapat melanjutkan ke submit bila data-data yang di isi sudah lengkap.

Lihat langkah-langkahnya dengan via chanel Youtube:



Formulir Onlie Pendaftaran Go Food dan Go Biz (Pastikan foto KTP, NPWP dan Foto buku rekening Bagian depan ada dalam satu folder di galeri);

+ Profil Perusahaan Pemilik
  • Contoh ;
    Bubur Ayam Kang Aceng
    Personal
  • Bubur Ayam Kang Aceng bukan merupakan perusahaan, sehingga item Company tidak perlu. Dapat dilanjutkan ke item berikutnya. Kecuali, Bubur Ayam Kang Aceng merupakan usaha perusahaan dalam bidang kuliner wajib memindahkan botton ke Company.
+ Data Personal
  • Isi nama tanpa karakter spesial dan tanda baca apapun. Isi no telepon pemilik, email, identitas yang digunakan. Isi no identitas yang tertera di identitas tersebut. Pilihan identitas yang dapat digunakan KTP dan Passport. Kemudian langkah terakhir upload Foto Identitas.
  • Pilih Kota dan alamat pemilik.
  • NPWP tidak wajib
+ Data Pembayaran
  • Pilih daftar nama Bank Rekening aktif pemilik usaha. Masukkan No Rekening yang tertera di Buku Rekening halaman depan. 
  • Pilih status pemilik baik itu Bapak atau Ibu (Sudah menikah), Saudara atau Saudari belum menikah. Isi nama pemilik Rekening.
  • Upload Foto Buku Rekening bagian depan yang memperlihatkan No Rekening aktif.
+ Data Outlet 1
  • Data berikut di isi secara lengkap berdasarkan keberadaan outlet. Contoh Outlet 1 merupakan Outelet ini, sedangkan penambahannya merupakan hal yang wajib langsung di isi oleh pemilik usaha bila Outlet lainnya juga akan langsung didaftarkan Go Food.
+ Syarat dan Ketentuan
  • Baca dan pahami syarat dan ketentuan agar di kemudian hari tidak terdapat informasi yang salah.
Langkah Ketiga :

Cek list I'm Not Robot. Akan menampilkan permintaan memilih gambar yang sesuai. Situs dapat memastikan bahwa data tersebut adalah benar dan bukan di buat oleh peretas. Klik submit, dalam proses loading data sudah masuk ke dalam daftar merchant yang akan menjadi rekanan.

Data tersebut masuk dalam daftar Calon Merchant. Data akan diteruskan oleh Crew Aplikasi Go Food. Dan, kemudia Crew akan mengirimkan format data lengkap yang akan dilanjutkan oleh Calon Merchant.




Follow Up, calon merchant di kirimkan melalui email yang didaftarkan ke Go Food. Download setiap data yang ada dan isi file berdasarkan data yang sudah pernah di daftarkan di Online. Untuk mengisi file .xls follow up yang diterima disarakan untuk menggunakan Laptop. Dalam pengisian Sheet di .xls yang diterima kesulitan pengisian hanya terdapat pada lattitude dan longitude titik usaha di Google Maps. Sehingga disarakan untuk Calon Merchant agar lebih kompatible dengan android. 

Contoh lattitude, longitude :


Bagian berwarna merah merupakan lattitude dan longitude yang benar yang berada di titik yang sama. Hapus bagian !4d kemudian pisahkan dengan tanda koma antara angka 7 dan 10. Masukkan dalam pencarian Google Maps titik akan berada pada titik yang sama sesuai yang kita daftarkan. Isilah bagian titik di Google Maps di .xls yang diterima dengan Copy Paste lattitude dan longitude bagian paling belakang di link G Maps di Browser.

Proses dan Tahapan akan selesai dalam waktu yang singkat apabila merchant dapat lebih cepat melakukan Follow Up email yang diterima. Dari penginputan data dalam bentuk xls, membutuhkan waktu rata-rata 3-7 hari. Kemudian akan ada balasan Docu Sign, dimana merchant dapat melakukan penandatanganan kontrak melalui android. Kemudian merchant akan mendapat email untuk mendownload Go Biz melalui Play Store. Link Go Food Merchant terdaftar sudah ada di aplikasi Go Food hanya saja belum aktif. Tunggu 1 x 24 jam agar Go Biz aktif.

Sebar melalui media sosial dan juga grup pelanggan merchant. Bahwa merchant yang dikelola merchant sudah dapat di order melalui Go Food.

Ada 4 tahapan yang harus dilewati agar pendaftaran disetujui. Lihat pada gambar berikut ini.


Profil Restoran - data disetujui tidak ada masalah dengan profil restoran yang di upload online.
Daftar Menu - Data telah disetujui administrasi telah kelakukan verifikasi pada daftar menu yang dilampirkan.
Jam Operasional  - data telah disetujui sudah sesuai dengan jam operasional yang dapat disupport oleh sistem Gojek.
Pengecekan Oleh Driver -  Data ditolak Go Food menerapkan verifikasi lokasi usaha dengan menggunakan vendor mitra Gojek atau driver. Driver memberikan penilaian berdasar jarak tempuh driver ke restoran.

Baca juga : Cara Daftar Grab Food

14 Comments

  1. Daftar go food lama gk? Kl usahany tutup trus buka lg biar go foodny jalan lagi gmana? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl dr kantornya katany 14 hari. Maklum sih kt juga namany masukkan data ke aplikasi android. Nanti aplikasiny gk running karena bug kan repot? Tp gk bs lebih cepet lg y..

      Delete
    2. Kalau dulu enak diurusin sama sales-nya. Kelar 2 hari kl tdk salah pake gobiz juga sales-nya. Pas di aktivasi sudah ada di aplikasi gojek online dah rumah makan pdf di Serpong. Thx mas sales

      Delete
    3. Service Levelnya rata-rata 14 hari kerja atau 2 minggu. Diluar hari kerja.

      Delete
    4. Blm ada balesan jg gan. Mungkin krena wfh alias work from home y

      Delete
  2. Bisa dibantu gk y. Sy bakso bang entis di Ciomas Bogor. Salah titik di gojekny. Kl di mapsny sudh ada. Lumayan jauh melesetnya sampe ke pagelaran. Gimana cara mindahin titikny, gk enak sm driverny kl dapet pasti yg dipagelaran.?

    ReplyDelete
  3. Si gojek tdk bs proses ceper lagi y untuk go food. Pada kemana eta sales-nya?

    ReplyDelete
  4. Masih bisa daftar gk gan? Martabak di sentul dari ok Odeng nasi rames

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa masih direspon prosesnya seperti biasa aja kayak di artikel ini masukin datany online. Kayakny sales lapangannya gofod sudah gk ada

      Delete
  5. Cara mindahin titik gmana gan? Ribet gk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di aplikasi Gobiz masuk ke bantuan klik pindah titik tempat usaha

      Delete
  6. Replies
    1. Lihat di Gobiz masuk ke bantuan aja om. Klik akun masuk ke bantuan. Proses by email biasanya nanti ada review dari tim gojeknya

      Delete
  7. Minta tolong teman teman, aplikasi gobiz saya di tolak karena pengecekan driver, bagaimana cara ya biar bisa aktif ya. Terimakasih

    ReplyDelete
Previous Post Next Post