Cara Mendaftar Grab Food

IND | ENG
natinedJs ⓚ 2019 Dunia kuliner saat ini sangat menjanjikan karena aktivitas penduduk yang begitu padat sehingga kebutuhan untuk menyantap makanan atau masakan yang dibuat orang lain menjadi pilihan dalam mengelola makan. Dari tiga waktu makan terbaik ada waktu yang memang harus membeli makanan dari outlet-outlet kuliner. Baik outlet yang berada di pinggir jalan, kantin atau tempat-tempat khusus seperti foodcourt.


Outlet kuliner menjadi tempat untuk menikmati sarapan pagi, makan siang atau bahkan makan malam. Dimana hal tersebut tidak dapat kita lakukan di rumah. Pengunjung kuliner outlet disebut sebagai pengunjung offline. Terjadi transaksi langsung antara pembeli dengan penjual sehingga disebut offline. Artinya dalam kondisi kita tidak dapat berjalan menuju lokasi outlet karena lemburan, hujan atau keadaan tidak memungkinkan lainnya apa yang kita lakukan?

Tentunya berkunjung ke toko tersebut melalui online.

Apa yang dimaksud dengan online. Dewasa ini tentunya tidak ada yang tidak tahu menggunakan jasa online untuk menjemput makanan (delivery food). Awalnya bermula dari sulitnya melakukan order dengan online chat. Pembeli menghubungi penjual untuk mengantarkan makanan. Akan tetapi karena keterbatasan tenaga akhirnya transaksi tersebut batal. Saat ini aplikasi berbasis telepon pintar mengembangkan teknologi tersebut. Diantaranya Grab Food, sehingga pengunjung toko yang bermitra dengan aplikasi tersebut mendapatkan makanannya melalui pihak ketiga yang disebut dengan driver.

Pihak yang paling berjasa dalam menghubungkan penjual dan pembeli. Wajar kalau driver sangat berjasa untuk menyembuhkan rasa lapar kita, dan wajar untuk memberikan tips kepada driver karena jasanya.

Bagaimana menjadi mitra GRAB Food? Sangat mudah hanya dengan masuk melalui website Klik di GRAB Food.

Terdapat kolom isian seperti gambar diatas. Isi sesuai dengan pertanyaan yang dimaksud di setiap kolomnya.

Nama bisnis atau restoran :
Alamat bisnis atau restoran :
Kota :
Nama depan (Sesuai KTP) :
Nama Belakang (Sesuai KTP) :
No HP :
Alamat Email :
Berikan catatan khusus bila ada.

Langkah selanjutnya adalah cek list I'm not a robot. Bahasa pemograman untuk menampilkan bahwa input data benar dilakukan oleh manusia. Pilih gambar sesuai permintaan yang ada di web site. Misalnya lampu lalu lintas (traffic light). Kemudian klik verifikasi, ketika pilihan sudah benar maka link tersebut sudah dapat di klik DAFTAR.

Akan muncul Terimakasih Telah Mendaftarkan Diri Menjadi Mitra Grab Food Kami akan menghubungi anda kembali.

Data yang diterima oleh pihak GRAB akan diverifikasi dan akan menghubungi kembali untuk proses penyelesaian data berdasarkan Perjanjian Kemitraan yang dikirimkan ke alamat email yang didaftarakan. Cek email yang didaftarakan dan isi data sesuai yang diminta.

Isi email seperti berikut ini;

Bapak / Ibu XXX,

Terima kasih atas minat Anda menjadi Partner GrabFood dengan mendaftarkan diri melalui website https://www.grab.com/id/GrabFood/

Cara bergabung menjadi Partner GrabFood:

Cek dan Print / cetak kontrak GrabFood yang dilampirkan di email tersebut. Pastikan nama di kontrak tersebut sesuai dengan KTP, isi jabatan Anda, tanda tangan di halaman ke-4 di atas materai.

Jika data-data belum benar, silahkan mengunjungi halaman website https://grb.to/pendaftaran/GrabFood/ dan isi data-data Anda di website tersebut.

Lengkapi Data atau Dokumen yang dibutuhkan

  • Foto KTP (yang masih berlaku) Bisa menggunakan resi, sebagai pengganti KTP, KTP harus asli, tidak boleh fotokopi, Foto KTP harus tampak jelas terbaca, Tidak dapat digantikan dengan SIM
  • Foto Selfie dengan KTP (foto diri Anda dengan memegang KTP). Foto selfie harus jelas. Bisa foto dengan menggunakan resi, sebagai pengganti KTP.
  • Foto NPWP, NPWP harus asli tidak boleh fotokopi
  • Foto Daftar Menu, Lengkap dengan Harga yang akan ditampilkan di aplikasi Grab, Foto Makanan. Sesuai dengan menu. Foto makanan bisa lebih dari satu. Makin banyak foto makanan makin menarik bagi pemesan
  • Foto Tampak Luar Restoran. Pastikan terdapat tulisan nama Restoran Anda (di spanduk, stiker, atau kertas)
  • Foto Tampak Dalam Restoran. Pastikan terlihat kasir, meja makan, atau dapur
  • Foto Logo Restoran (Jika ada)
  • Foto Buku Tabungan atau Tampilan E-Banking. Pastikan nomor rekening Anda terlihat jelas. Jika pemilik Tabungan atau Rekening berbeda dengan Penanggung Jawab Utama, Anda harus melampirkan Surat Kuasa, yang bisa di unduh di link : https://ufile.io/h5zd0
  • Masuk ke halaman website https://grb.to/forminfoGrabFood. Isi detail yang dibutuhkan di pada halaman website tersebut.
  • Di link tersebut, Anda akan memasukkan kontrak GrabFood yang sudah ditanda tangani di atas materai dan data atau dokumen yang disebutkan di atas.

Ada 6 bagian pada halaman website tersebut, yaitu:
  1. Detail Restoran
  2. Alamat Lengkap Restoran
  3. Jam buka tutup toko
  4. Kontak Penanggung Jawab
  5. Menu dan Harga
  6. Informasi rekening untuk pembayaran melalui OVO

Bentuk Kerja Sama GrabFood

Sistem bagi hasil 20% (dua puluh persen) yang sudah termasuk PPN
Tidak ada biaya pendaftaran lainnya.

Proses masuknya menu di akun Grab Penumpang sesuai dengan waktu pengisian data. Dan pihak GRAB akan memasukkan data tersebut ke menu yang akan tampil di GRAB penumpang. Nah, usaha kuliner kita sekarang sudah bias dipesan melalui tranportasi online.

Untuk melihat merchant sudah ada di aplikasi atau belum. Gunakan Grab Customer dan cek informasi mengenai merchant yang dimaksud apakah sudah muncul di pencarian atau belum. Jika belum artinya perlu dilakukan tindakan follow up.

Catatan Penting;
  • Aplikasi penyedia jasa layanan jemput makanan memberikan kontribusi pertambahan jumlah makanan keluar atau omset tapi tidak memenuhi unsur pembelian total dari aplikasi.
  • Merchant sebagai penjual makanan ada baiknya untuk meningkatkan penjualan offline dan dibantu dengan aplikasi online.

10 Comments

  1. Saya sudah input datanya. Tapi belum ada NPWP. Wajib y, soalnya go food sy tdk pake NPWP?

    ReplyDelete
    Replies
    1. GRAB wajib menggunakan NPWP disarankan untuk membuat NPWP di kantor pajak setempat. Mengenai dua aplikator tersebut ada yang menggunakan dan ada yang tidak bergantung dari kebijakan masing-masing.

      Delete
    2. Harus bikin dulu dong? Ok, terimakasih infonya. Sangat membantu

      Delete
  2. After all i have great ideas with this article. How long distance the proceed to join as merchant culinery food? However grab Will call me or not?

    ReplyDelete
  3. Belum disetujui jg wak? Ini grab proses berapa lama ya. Ada aplikasi jg gk kayak di gopood,?

    ReplyDelete
  4. Informasinya akurat bisa dicoba terimakasih gan

    ReplyDelete
  5. Kalau misalnya saya tidak punya NPWP boleh tidak saya pakai NPWP orang tua saya?

    ReplyDelete
Previous Post Next Post