Cara Mudah Memindahkan Titik di Gmaps karena pindah lokasi

 natinedJs ⓚ 2023 Titik lokasi banyak sekali manfaatnya terutama berkaitan dengan pengguna jasa aplikasi transportasi berbasis online. Bukan hanya itu saja, masih banyak lagi manfaat lainnya. Khususnya new visitor, dimana pengunjung tersebut belum mengetahui secara pasti direction menuju lokasi dan informasi mengenai lokasi tersebut. Dengan berselancar di maps akan memudahkan pengunjung untuk tracking informasi terkait dengan lokasi yang dituju.

Kontrakan tempat usaha, atau tempat tinggal saat ini sudah habis tentunya harus segera pindah. Namun bagaimana jika titik lokasi pada Google Maps sudah di create?. Pemilik harus memastikan lokasi tersebut juga di pindahkan ke titik yang sekarang. Agar memudahkan konsumen untuk mendapatkan lokasi tempat usaha tersebut. 

Langkah untuk memindahkan titik lokasi cukup mudah karena Gooogle Maps menyediakan tool untuk support ke pengembangan usaha. Tool tersebut adalah Google My Business, yang diluncurkan Juni 2014. Tool ini digunakan untuk membantu pemilik bisnis untuk menampilkan berbagai informasi tentang usaha tersebut. Penelusuran dari customer dapat bersifat aktif maupun pasif. Penelusuran aktif dilakukan oleh customer bila setelah mendapatkan arah kemudian berdasarkan penelusuran tersebut customer menuju lokasi usaha, sedang pasif merupakan penelusuran awal dimana customer baru mencari informasi yang berhubungan dengan ulasan, foto dan info terbaru (Wikipedia).

Saat ini Google tidak menggunakan G-My Business lagi untuk posting foto dll. Google mengembangkan cara yang lebih mudah hanya dengan menggunakan Goole Maps untuk mengelola usaha.

Langkah-langkah untuk memindahkan titik di Google Maps ada dua cara. Pertama titik yang di create tanpa verifikasi kepemilikan dan kedua titik yang di create dengan verifikasi pemilik.

Kita akan memindahkan titik dengan dua cara di atas.

Cara memindahkan titik tanpa verifikasi kepemilikan;

1. Klik tiga titik di bagian kanan atas di samping nama usaha. 

2. Klik setelan profil bisnis.

3. Klik pengelola

4. Tambahkan pengelola atau klaim usaha tersebut sebagai usaha anda. Bila proses klaim sudah terverifikasi akan memudahkan untuk pemilik mengubah data-data yang ada pada titik lokasi tersebut.

5. Klik titik yang akan di ubah. Contoh seperti pada gambar di atas.

6. Klik nama tempat usaha yang ditampilkan.

7. Scrool ke bawah untuk mendapatkan tombol edit profil. Kemudian klik Edit Profil tersebut.

  • Informasi bisnis
  • Jam buka
  • Pemesanan makanan
  • Foto
  • Logo
  • Foto Sampul
Item-item tampil seperti di atas. Kemudian klik informasi bisnis. Ubah data-data seperti nama bisnis, kategori bisnis, deskripsi, tanggal pembukaan, informasi kontak serta tujuan utama pemilik adalah untuk mengubah lokasi bisnis. Klik tanda seperti pensil pada bagian paling kanan dari item yang ingin di ubah.


Setiap mengubah data seperti nama bisnis. Lihat contoh di atas awalnya dengan nama Tekwan ANtasari Bogor Barat di buah menjadi Tekwan Antasari Dramaga pastikan klik tombol simpan di bagian bawah, agar proses perubahan dapat dipastikan sudah sesuai. Dapat di lihat perubahan alamat serta titik setelah klik simpan.

Informasi bisnis ini belum menjadi patokan bahwa titik pada Google Maps sudah berubah ke lokasi terkini. Sehingga pemilik harus memastikan bahwa titik tersebut sudah berpindah agar memudahkan penelusur untuk mendapatkan lokasi baru.

Langkah berikutnya adalah pada titik lokasi yang ingin di ubah pada bagian muka Google Maps, klik Kontribusi (+), klik Edit Peta, klik Perbaiki alamat. Tampilan awal biasanya Google Earth tampak atas bumi, bila ingin lebih mudah klik persegi di bagian kanan atas dan ubah ke tampilan default. Geser titik tersebut menuju titik yang sebenarnya saat ini. Klik Berikutnya pada bagian kanan atas, isi data-data sesuai dengan data alamat terkini. Klik kirim pada baigan kana bawah, kontribusi tersebut untuk memastikan bahwa proses pemindahan titik di proses by Google Maps.

Cara memindahkan titik pemilik yang sudah terverifikasi. 

Untuk memindahkan titik yang sudah terverifikasi pemilik langkah-langkahnya lebih mudah. Karena titik tersebut sudah terverifikasi. Dari langkah-langkah diatas tinggal melanjutkan dari point 5 langkah di atas.

Klik titik yang akan di ubah, seperti Gambar di atas. Google Maps sudah di desain sebagai aplikasi yang mudah digunakan. Membuat titik lokasi usaha, sampai penelusuran dapat dengan mudah dilakukan. Bila ingin berkontribusi sebagai Lokal Guide dapat dilakukan dengan mudah tinggal klik tombol (+) Kontribusi, untuk memberikan masukan, titik, menghapus titik lokasi usaha yang sudah tutup, dan lain sebagainya. Termasuk juga berkontribusi untuk memberikan penilain pada tempat-tempat yang telah dikunjungi. Baik, dari sisi akurasi titik, sampai ulasan mengenai rasa, view dan beragam informasi lainnya.

Masih ada kendala titik lokasi belum pindah, tambahkan kontribusi lainnya seperti foto dengan lattitude dan longitude, untuk memudahkan tim terkait memastikan bahwa lokasi tersebut memang sudah pindah.

Untuk selanjutnya kita dapat melihat secara berkala update dari Google Maps dari hasil verifikasi pemindahan alamat yang telah di ajukan.

Post a Comment

Previous Post Next Post