Wednesday, January 30, 2019

Cara Membuat Pendaftaran Online dengan Google Form

natinedJs ⓚ 2019 Untuk mengadakan sebuah event atau acara tentunya harus ada partisipan yang mau mengikuti acara tersebut. Akan tetapi banyak kendala dalam hal perekrutan calon peserta. Karena, terkendala budget untuk promosi acara dan lain sebagainya. Akan tetapi di era saat ini semua dapat dilakukan berbasis online. Tinggal bagaimana panitia atau pengelola acara melakuka share informasi tersebut agar semua orang yang berhubungan dengan acara tersebut dapat mengikutinya.

Yuk cari tahu bagaimana mencari peserta dengan online.


Melihat budget yang kecil bisa diartikan kita membutuhkan tools online form yang tidak berbiaya. Atau, bisa menggunakan biaya seperti pada G Suite untuk bisnis. Dalam artikel ini kita akan mempelajari bagaimana cara membuat formulir online tidak berbiaya agar dapat menghemat budget.

Google merupakan platform besar dimana semua fasilitas didalamnya sudah terintegrasi. Kita mengetahui bahwasanya terdapat integrasi antara Google Docs dan Google Drive. Integrasi keduanya merupakan fitur yang memudahkan kita membuat unduhan berupa file .doc, atau excel, dan lainnya. Integrasi keduanya adalah dimana ketika ada calon peserta yang memasukkan data melalui kolom-kolom isian yang kita buat semua data dapat kita tarik dengan excel.

Artinya kita sudah mendapatkan banyak data calon peserta yang akan mengikuti acara tersebut. Tapi, panitia wajib memastikan link formulir online dikirim melalui sosial media seperti Google+, Facebook, Twitter, WA, dan lain sebagainya. 

Bagaimana Cara Membuat Formulir Onlinenya seperti dibawah ini;

1. Login ke Google Drive (Klik Link, bila belum mempunyai akun G Drive).
  • Dari halaman beranda klik kunjungi Google Drive. Masuk melalui akun G Mail baik milik usaha atau panitia. Setelah masuk ke G Drive, klik bagian kiri atas BARU kemudian klik lainnya. Kemudia terdapat link muncul Google Formulir, muncul lagi formulir baru.


2. Formulir masih dalam tampilan default. 
  • Kita sudah dapat membuat formulir baru. Dimana diawal kita dapat membuat judul dan satu opsi pertanyaan untuk formulir online. Isi setiap opsional yang kita butuhkan sesuai dengan format pertanyaan dalam formulir.

3. Menambah atau mempercantik Formulir
  • Kita dapat mengubah tampilan dari formulir agar terkesan lebih memberikan warna. Dan, memberikan konsep sesuai dengan tema dari acara yang akan kita buat. Atau membuatnya dengan tampilan sesuai dengan format foto acara yang akan dibuat.
4. Menyalin link.
  • Terdapat link yang sudah jadi setelah kita membuat beberapa pertanyaan dalam mencari calon peserta dalam acara. Link inilah yang kita salin agar dapat dikirimkan ke berbagai media sosial. Kemudian setiap orang dapat mengakses link tersebut dengan masuk melalui Browser. 

5. Calon Peserta dapat mengakses formulir.
  • Link aktif tersebut merupakan link yang dapat diakses calon peserta. Dengan memasukkan data sesuai dengan yang diminta dalam link tersebut. Dan wajib diisi bila tidak diisi calon peserta tidak dapat melanjutkan untuk menjadi peserta acara tersebut.

6. Tanggapan Calon Peserta
  • Formulir tersebut sudah jadi sehingga kita dapat melihat setiap respon dari calon peserta. Dan, data tersebut sudah kita dapat lihat melalui Google Spreadsheet.
Lihat juga data yang sudah masuk melalui formulir tutorial yang terdapat pada link dibawah ini;

https://docs.google.com/spreadsheets/d/1upMw9z-Yu17ir2IEXin5YmJ7J30EPL5R3-q_nbDIb6I/edit#gid=2034332724

Data Google Spreadsheet tersebut dapat kita unduh agar dapat menjadi data dalam excel. Sehingga kita bisa mempercepat proses pendaftaran calon peserta.

Baca juga :

Monday, December 31, 2018

Mengelola Keuangan Dengan Mesin Kasir Online dan Offline

natinedJs ⓚ 2018 Memiliki usaha tentunya harus mempunyai catatan keuangan baik berupa pencatatan manual maupun oleh mesin. Karena setiap usaha tidak mengharapkan kejadian dimana siklus uang usaha tidak terkontrol. Sehingga teknologi menemukan mesin kasir. Cash register merupakan peralatan elektronik yang digunakan untuk mencatat dan menghitung transaksi penjualan usaha. Contohnya paling umum kita temukan adalah supermarket, rumah makan, cafe dan restoran. Mesin memberikan kemudahan usaha berjalan dengan pelaporan barang keluar atau terjual dengan cepat. Setiap angka yang muncul merupakan historical penjualan dan pembeli mendapatkan struk paymentnya.

  

Sejarah Mesin Kasir

Jamus Jacob Ritty merupakan penemu dan membuat mesin kasir tahun 1879 paska perang sipil di Amerika Serikat. Dia merupakan pemilik salon yang berada di Dayton, Ohio Amerika Serikat. Fungsi dari mesin kasir adalah sebagai pencatat komponen pajak dalam sebuah penjualan, dan kemudian perkembangan teknologi membuat mesin kasir kini dikembangkan lebih mudah baik versi digital atau online maupun offline. Seperti Mesin Electronic Data Capture (EDC) yang saat ini menjadi trend yang berbasis digital dan juga barcode Scanner Alat Pemindai barcode.

Dari sejarah tersebut dapat kita ketahui untuk mengembangkan usaha atau bisnis yang aktivitas penjualannya harian sangat memerlukan kasir elektronik. Keadaan ini bukan saja dimiliki oleh pemilik usaha yang mobile bahkan pemilik usaha yang menjalankan usahanya sendiripun disarankan memiliki mesin kasir agar dapat memudahkan pencatatan.

Perkembangan Kasir Online.

Kasir offline, tidak berlalu. Masih terdapat keunggulan dari mesin kasir tersebut karena dapat menyimpan cash money untuk pecahan kembalian penjualan. Akan tetapi mesin ini tidak dapat digunakan mobile dan tidak terintegrasi dalam jaringan sehingga usaha berjalan hanya dapat melihat hasil transaksi secara manual.

Mesin kasir milenial dikembangkan untuk meningkatkan fungsi dasar dari tradisional point of sale (POS). Keunggulannya menyediakan mesin kasir online untuk mengelola penjualan, stok, operational, manajemen pelanggan dan keuangan secara efektif.


Model dan desain mesin kasir milenial sudah disesuaikan untuk kemudahan dan mobilitas. Terintegritas berbasis online dalam jaringan sehingga terdapat satu akun yang digunakan untuk mengakses transaksi penjualan. 

Nadipos dan Olserapos mengembangkan mesin kasir berbasis online. Kasir tersebut sudah memberikan kontribusi perkembangan usaha. 

Nadipos

SPESIFIKASI Mesin Kasir
Ukuran Layar 5.5 Inch Touchscreen
Koneksi internet menggunakan GSM 3G dan Wi-Fi
Terminal Wireless (menggunakan baterai 5200mAh berkapasitas tinggi dan tahan lama)
Printer Thermal
Dilengkapi petunjuk penggunaan

KEUNGGULAN

Laporan Harian
Menampilkan laporan harian secara keseluruhan, berdasarkan menu, maupun berdasarkan tipe pembayaran.

Mudah Dioperasikan
Menyajikan menu antarmuka yang mudah dioperasikan siapapun dengan petunjuk penggunaan yang lengkap.

Bekerja Secara Offline
Aplikasi kasir NADIPOS dapat bekerja dalam keadaan offline (tanpa akses internet).

Terintegrasi Wireless Printer
Terminal dan printer yang terintegrasi tanpa kabel (wireless).

Upgrade Gratis
Gratis pembaharuan (upgrade) aplikasi maupun fitur-fiturnya.

Olserapos

Bekerja sama dengan OVO sebagai alat pembayaran dan juga bagian dari perkembangan bisnis grab. Olserapos megembangkan mesin kasir untuk pembayaran melalui kartu debit, kredit dan juga scan QR melalui aplikasi OVO. Guna menunjang perkembangan usaha Olserapos mengembagkan sistem yang dapat digunakan dengan mudah baik untuk pengelola yang belum kompatibel dengan android maupun pengusaha yang tidak kompatibel dengan perkembangan teknologi daring.

Perkembangan mesin kasir tersebut menjadi bagian dari perkembangan UMKM untuk semakin baik dalam pengelolaan bisnisnya. 

Baca juga :

Saturday, December 1, 2018

Alat Pembayaran Scan Qiuck Response (QR) Code

natinedJs ⓚ 2018 Uang Elektronik merupakan perkembangan teknologi dalam bidang keuangan. Ajungan Tunai Mandiri (ATM) mesin tarik dan kelola keuangan digital dalam kartu tersebut dikenal pada era 1950-1960 di Amerika, Eropa dan Jepang. Muncul pula kemudian transaksi uang elektronik melalui online media Nottingham Building Society (NSB) meluncurkan layanan perbankan internet pertama di inggris. Sejarah Internet Banking ini terlaksana pada tahun 1983.


 Perkembanga teknologi saat ini semakin memberikan kemudahan dalam genggaman. Pengguna ponsel pintal semakin dimanjakan dengan perkembangan teknologi alat bayar melalui scan QR Code. Apa itu sebenarnya?. Biasanya kita melihat barcode hanya pada saat mengecek harga di toko modern. Dimana setiap produk sudah ada label barcode untuk mengetahui harga jualnya. Barcode dikembangkan untuk mendapatkan identitas dari tempat usaha tersebut kemudian user atau pengguna dapat membayar pembelanjaannya hanya dengan melakukan scan QR tersebut lalu klik bayar.

Alat bayar ini merupakan modifikasi Quick Response Code (QR Code) yang merupakan suatu jenis kode matriks dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Corporation di Jepang. Teknologinya sudah ada sejak 1994, dewasa ini perkembangannya adalah sebagai alat bayar. Terdapat dua jenis kode Barcode batang hanya menyimpan informasi secara horizontal dan yang kedua adalah QR Code mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal. Dengan dua lajur tersebut QR Code dapat menampung informasi yang lebih banyak.

Sudah pernah menggunakan QR Code untuk membayar belanjaan, pastikan saldo ada di aplikasi digital kalian. Lihat beberapa QR Code yang dikembangkan oleh perusahaan digital dibawah ini;

1. Alat bayar GO PAY

  • Aplikasi Go-jek user yang biasa digunakan penumpang mempunyai fitur scan QR. Alat bayar ini terdapat pada pilihan pertama untuk aplikasi Go-jek yang sudah di update. Go-jek mempunyai visi besar agar penggunaan Go-pay dapat lebih universal untuk apapun. Sehingga pengguna dapat melakukan Top Up Saldo Go-pay sampai dengan 10 juta rupiah. Ada tempat unik lainnya yang juga berafiliasi dengan Go pay yaitu pedagang kaki lima. Bukankah kita tahu bahwa pedagang tersebut bahkan tidak kompatible dengan ponsel pintar?. Ya, tapi bukan halangan untuk Go-pay mengembangkan pedagang kecil dengan skema pembayaran modern scan QR. Lihat cara menggunakan Go-pay di Warung DISINI

2. Alat Bayar OVO Pay

  • Grab sebagai aplikasi driver online bekerja sama dengan Bank LIPPO yang mengembangkan OVO sebagai alat pembayaran. OVO Pay adalah aplikasi smart  memberikan kemudahan dalam bertransaksi (OVO Cash) dan juga kesempatan yang lebih besar untuk mengumpulkan poin di banyak tempat (OVO Points). Kemudahan bertransaksi dan pembayaran untuk segala kebutuhan Terdapat dua pengguna OVO. OVO.Loyalty rewards yang diperoleh pengguna OVO setiap bertransaksi di berbagai merchant rekanan OVO dan dapat digunakan kembali sebagai alat pembayaran di seluruh merchant rekanan OVO (1 OVO Point = Rp 1). Kedua OVO Club - Saldo OVO Cash hingga Rp 2.000.000. OVO Premier - Saldo OVO Cash hingga Rp 10.000.000. Gratis Transfer ke semua Bank. Gratis Transfer Antar Pengguna.


3. Alat Bayar T-Cash

  • TCASH adalah layanan keuangan digital dari Telkomsel berupa uang elektronik (e money). TCASH berfungsi layaknya rekening bank yang fleksibel dan tidak ada bunga. Layanan yang dicakup oleh TCASH di antaranya adalah melakukan pembayaran di Merchant TCASH terdaftar. Cara menggunakannya dengan TAP, Bayar Beli di HP, membeli pulsa, belanja Online, dan Berbagi Uang.

4. Alat Bayar dari BNI Your All Payment (YAP)

  • YAP juga memiliki tools terintegrasi ke e-commerce. Merupakan produk BNI yang berguna sebagai alat pembayaran secara online, dengan transaksi debit, kartu kredit, bahkan penarikan uang.

5. Kredit Payment AKULAKU

  • AKULAKU sebagai aplikasi kredit online juga mempunyai banyak merchant. Dimana dana kredit tersebut dapat digunakan untuk berbelanja di Merchant terdaftar. AKULAKU masih menggunakan Barcode, terdapat garis barcode horizontal bila kita berkunjung ke merchant AKULAKU.

Semua alat bayar tersebut cara menggunakannya sama. Semua tinggal klik BAYAR atau Scan QR atau Scan Barcode. Tanyakan berapa jumlah belanja, kemudian masukkan jumlah uang yang harus dibayarkan. Terdapat tanda pembayaran selesai. Jangan lupa tunjukkan Pembayaran Berhasil Tersebut pada merchant. Hal yang wajib dipastikan UANG pada aplikasi, atau Kredit Cukup untuk melakukan pembayaran.

Sunday, November 25, 2018

Cara Mendaftar Go Food dan Go Pay Partner di Bogor (Online dan Offline)

natinedJs ⓚ Mengembangkan fasilitas pesan antar merupakan bagian dari perusahaan digital berbasis android yang menghubungkan pelanggan dengan delivery mannya. Dengan beberapa pesanan diantaranya makanan, kebersihan, kesehatan dan juga melakukan pengantaran penumpang pada lokasi yang diinginkan. Kita sudah banyak mengetahui layanan go food yang disediakan oleh aplikasi gojek. Bagaimana sih cara mendaftarkannya sudah atau mudahkah?. Karena selama ini banyak sekali kesulitan masyarakat pelaku UMKM untuk mendaftarkan Go Food secara online.


Cara mendaftar Go Food Online :

Langkah I : Mengisi formulir online untuk bergabung menjadi partner GO-FOOD pada tautan ini: https://www.go-jek.com/go-food/bisnis/#!/registration. Pada formulir tersebut, Anda akan diminta untuk mengisikan:
Nama restoran (Merek) klik tanda + untuk mengisi bagian yang diminta. Baik dalam bentuk perusahaan dan juga usaha pribadi.

Data personal
Klik + untuk mengisi Identitas yang digunakan KTP dan isi no NIK pada kolom selanjutnya. Upload foto KTP (Usahakan agar KTP tidak blur agar mudah diverifikasi oleh admin). Pilih kota dan isi alamat. Langkah selanjutnya masukkan no NPWP serta upload foto NPWP usahakan NPWP tidak blur.

Data Pembayaran
Masukkan identitas bank tempat gojek membayar sejumlah transaksi go food. Upload foto buku rekening bagian dengan. Usahakan agar tidak blur. 

Data outlet
Masukkan data outlet secara detail sesuai dengan kolom-kolom yang disediakan. Masukkan kategory outlet restaurant atau home industri. Kemudian langkah selanjutnya masukkan no handphone untuk aktivasi go resto dan alamat email untuk laporan penjualan go food.

Klik Submit (Lihat email untuk informasi selanjutnya). Balas email sampai pada tahap sign kontrak dan launching link go food. Tunggu dalam waktu 24 jam aplikasi go resto sudah dapat digunakan dengan memasukkan no handphone yang didaftarkan.

SYARAT DAN KETENTUAN GO-FOOD/GO-RESTO
  
OUTLET ANDA AKAN TERDAFTAR DI APLIKASI GO-FOOD DAN ANDA JUGA AKAN MENDAPATKAN APLIKASI GO-RESTO UNTUK MENGATUR TRANSAKSI PENJUALAN ONLINE ANDA. ANDA AKAN MENERIMA PEMBAYARAN TRANSAKSI DARI PELANGGAN MELALUI GO-PAY DI DOMPET GO-PAY ANDA. ANDA AKAN DIKENAKAN BIAYA 20%.
DENGAN MENGAJUKAN FORMULIR PENDAFTARAN INI, ANDA AKAN MENERIMA KONTRAK KERJASAMA DAN SYARAT & KETENTUAN LAYANAN GO-FOOD & GO-RESTO YANG AKAN DIKIRIMKAN KE EMAIL PEMILIK USAHA.

KONTRAK KERJASAMA DAN SYARAT & KETENTUAN HARUS DITANDATANGANI OLEH PEMILIK USAHA YANG TERDAFTAR UNTUK MENYELESAIKAN PROSES PENDAFTARAN.

Jika sudah selesai, centang pada kotak CAPTCHA dengan tulisan “I’m not a robot“, kemudian tekan tombol “Masukkan“. Pihak GO-FOOD akan mengirimkan e-mail konfirmasi kepada alamat e-mail yang telah didapat.

Bisnis Go Jek yang semakin berkembang cepat mendapat perhatian dari pelaku bisnis terutama agar bisnis tersebut dapat tergabung sebagai partner gojek dalam pengembangan. Sehingga gojek memberikan pekerjaan khusus bagi para marketer untuk mensosialisasikan dan melakukan akuisisi terhadap merchant yang ingin tergabung dalam go food merchant. 

Untuk melakukan pendaftaran secara offline menjadi partner go food di daerah Bogor dapat menguhubungi;
  1. Diva TL 087832229724
  2. Raisa 08111181208 (Bogor Barat - Sentul)
  3. Almas 081320052688 (Bogor Utara)
  4. Sadriyan 085695962206 (Bogor Tengah)
  5. Aditya 087888941113 (Bogor Timur)
Gojek juga mengembangkan pembayaran secara digital. Atau masyarakat kekinian menyebutkan digital payment. Kewajiban untuk menggunakan digital payment dari gojek dengan kewajiban setiap merchant menggunakan aplikasi go resto selama jam operasional merchantnya. Sehingga aplikasi gojek penumpang menyediakan fitur scan QR offline agar dapat melakukan pembayaran elektronik pada saat makan dilokasi resto merchant gojek. Untuk dapat melakukan pendaftaran secara offliner menjadi partner go pay bogor dapat menghubungi;

  1. Astri 0895622204892 (Bogor Utara)
  2. Bobby 087870590180 (Bogor Timur)
* All crew dapat dihubungi pada saat jam kerja senin sampai jumat. Dapat terjadi perubahan crew sewaktu-saktu.

Baca juga :

Rekomendasi Bakmi Ayam Acin Bogor Barat

natinedJs ⓚ 2018 Kota Bogor terkenal dengan wisata dan kuliner. Tidak lain Bogor menjadi pusat kuliner nusantara karena terdapat keterkaitan erat dengan tingginya minat masyarakat untuk berkunjung ke Bogor. Kolerasinya masyarakat Bogor menyajikan suguhan agar traveller luar kota selalu rindu untuk berkunjung ke Bogor. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah kuliner bakminya. Terdapat banyak pengusaha kuliner yang menjajakan menu mie ayam yang spesial cocok sekali untuk disantap karena banyak sekali pilihan tempat di Bogor.


Bakmi Ayam Acin yang satu ini merupakan outlet cabang Panglima Polim, Jakarta yang terdapat di Kota Bogor. Sasmiaty mengatakan bahwa terdapat tiga cabang Bakmi Acin Panglima Polim dan salah satunya adalah miliknya yang terdapat di samping STIKES AKBID Wijaya Husada Jl Ibrahim Adjie. Lihat di Google Maps.

Apa yang membedakan bakmi ayam acin ini tidak lain karena pemilik usaha membuat outlet usaha yang berbeda. Selain dapat menikmati mie tanpa bahan pengawet pengunjung juga dapat membeli produk garmen seperti baju, jaket dan tas.

Beberapa produk unggunga Bakmi Ayam Acin Bogor Barat;

  • Mie ayam/yamin original Rp 13.000,-
  • Mie ayam/yamin komplit Rp 15.000,-
  • Mie ayam/yamin pangsit Rp 15.000,-
  • Mie ayam/yamin bakso sapi Rp 15.000,-
  • Pangsit kuah Rp 15.000,-
  • Bakso kuah Rp 15.000,-
  • Aneka minuman
* Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

Selain rasanya enak, makanan juga dijamin halal. Outlet yang berada di samping kampus Akademi kebidanan ini tentu tidak akan mengecewakan pelanggannya terutama para mahasiswa yang dapat menikmati mie ayam hanya dengan keluar kampus.


Selain itu outlet ini juga menyediakan beberapa pilihan pembayaran baik dengan uang tunai dan juga dengan cashless. Digital payment alat bayar zaman now yang memudahkan pelanggan dapat menyantap makanan dan membayar dengan cara yang mudah.


Sasmiaty menuturkan memberi segala kemudahan bagi pelanggan tidak semata-mata untuk menaikkan omset melainkan karena kemudahan-kemudahan seperti ini merupakan bentuk layanan yang dapat mempererat hubungan antara pelanggan dan penjual.

Baca juga :
INFO BISNIS ANDA : Bagi pengusaha kuliner di Bogor dan sekitarnya, yang bisnisnya ingin dipublikasikan di natinedJs, silahkan hubungi : 085217230346.