Jasa Pengendali Hama Permukiman dan Mall Atrindo Asia Global (AAG)

natinedJs ⓚ 2018 Sudah menjadi keseharian untuk menggunakan jasa Bug Buster di permukiman, perkantoran, tempat usaha (pengelola kuliner), dan sebagainya. Dalam artikel sebelumnya Hama Tanaman mempunyai relasi dengan pengedalian hama di ekosistem manusia. Karena, kerusakan oleh hama dapat sangat menggangu bila hama seperti kecoa, rayap, tikus dll tidak dikendalikan.


Jasa ini ditawarkan oleh PT Atrindo Asia Global dengan beberapa treatment yang dapat digunakan oleh klien. Membasmi hama berarti membuat lingkungan yang nyaman dan sehat, sangat disarankan untuk melakukan treatment 6 bulan sekali. Agar pengendalian dapat dilakukan secara maksimal.

Caution!!
Terkait dengan treatment pembasmi serangga agar selalu diperhatikan bahwa semua informasi tentang hama yang sedang mewabah disuatu lokasi. Semua informasi klien kepada aplikator sangat penting karena informasi tersebut menjadi dasar inisiasi awal treatment agar aplikator mendapatkan sumber perkembangbiakan hama. Aplikator dapat bekerja melalui sumber perkembangbiakan serangga atau hama mamalia tersebut. Misal menggunakan racun kontak dan lambung, bila serangga atau hama mamalia seperti tikus masih merasakan residu pestisida disekitar tempat perkembangbiakannya maka dapat dipastikan sumber itu tidak akan dijadikan tempat perkembangbiakan lagi. Karena, pada dasarnya serangga atau hama mamalia menyukai tempat dimana terdapat Feromon atau komunikasi kimiawi hewan untuk mengenal habitatnya.

Treatment yang dilakukan diantaranya:

INSEKTISIDA (Hama) 

Pengendalian hama adalah proses meminimalkan atau menghilangkan berbagai serangga yang tidak diinginkan dan hama lainnya dari ruang yang ditempati oleh manusia. Proses pengendalian hama yang sebenarnya dapat terjadi di rumah, di tempat bisnis (cafe, rumah makan), atau di gedung publik (gedung DPR, perkantoran pemerintah pusat, gedung perkantoran (office building) dll).

Pengedalian Hama harus dilakukan dari Sumbernya. Mengendalikan hama biasanya melibatkan penggunaan beberapa jenis insektisida untuk mencegah mereka memasuki ruang, dan untuk membunuh hama yang telah membentuk habitat di dalam ruang rumah atau perkantoran.

 Fumigan Kutu Beras


Jenis Serangga Hama Rumah, atau Perkantoran :
  • Nyamuk jenis yang menyerang Anopheles spp, Aedes aegipty, Culex spp.
  • Semut jenis yang berkoloni di dekat tempat sampah atau bekas pentri yang terdapat gula Lamponotus spp, Solenopsis spp, Monomorium pharaonis, Formica spp.
  • Kecoak jenis yang menyerang Blatella germanica, Periplaneta americana, Blatta orientalis
  • Lalat: Drosophila spp, Musca domestica, Chrysomya spp.
Hama lainnya
Produk Insektisida Hama untuk mengendalikan populasi kumbang atau ngengat. Jenis lainnya seperti Kucing, Bed Bugs, Karpet Hama, Jangkrik, Kutu, Tawon, Kutu, Laba-laba, Lipan, Milipedes, dll.

Aplikasi Awal

Aplikasi pertama kali dilakukan untuk mengendalikan populasi hama. Jenis layanan yang menggunakan jenis insektisida untuk membasmi populasi mereka. Ini dimaksudkan untuk mengurangi populasi hama dalam jumlah besar. Dengan demikian, kita dapat dengan mudah mengurangi populasi mereka. Penggunaan fogging dan blower kabut untuk treatment diluar ruangan dapat digunakan seminggu sekali hingga periode perlakuan umum berakhir.

Perawatan Reguler

Perlakuan dilakukan untuk mengurangi populasi hama setelah Aplikasi awal berakhir. Jenis layanan akan melakukan treatmant sesuai dengan jadwal reguler. Sesuai situasinya, disarankan untuk melakukan perawatan dua kali seminggu. Insektisida yang diaplikasikan harus mengikuti peraturan World Health Organization (WHO) dengan acuan efek residu jangka pendek.

Rodentisida (Pestisida Tikus)

Seringkali tikus masuk ke dalam rumah, membuat kerusakan dirumah seperti peralatan masak dari plastik dll. Mereka merusak properti, mencemari makanan, dan menularkan penyakit. Oleh karena itu, metode kontrol yang efektif menjadi sangat penting. AAG Pest Control memiliki beberapa metode untuk memantau baik di dalam maupun di luar rumah yang akan dilakukan penyemprotan rodentisida.

Pastikan rumian hunian bebas dari binatang pengerat, dapatkan saran ahli dalam jasa layanan pembasmi hama ini untuk memodifikasi bangunan. Tujuannya agar tikus tidak dapat masuk ke dalam rumah, mengubah tatanan properti berarti membuat gangguan pada jalan-jalan yang telah dibuat tikus. Tikus memiliki kebiasan berjalan dijalan yang sudah terdapat urinnya.

Tikus dapat mengenal jalan-jalannya kerumah melalui urin yang dibuangnya pada setiap jalan yang dilaluinya. Dengan urin tersebut berguna sebagai feromon, jalur jalan tikus.



Pengendalian Tikus yang umum menjadi Hama di perumahan, perkantoran dll
  1. Mus musculus (Rodentia : Muridae) atau tikus-tikus dengan ukuran kecil (mencit) biasa disebut sebagai curut.
  2. Rattus rattus (Rodentia : Muridae) hewan pengerat yang biasa dijumpai dirumah yang berjalan cepat dan suka meloncat. Asli hewan asia.
  3. Rattus norvegicus (Rodentia : Muridae) tikus got, tikus cokelat, tikus rumah berukuran besar atau tikus laboratorium. Spesies ini paling umum dijumpai diperkotaan.  
Pengendalian Awal

Pengendalian dengan umpan (bait) & perangkap untuk mengendalikan populasi hewan pengerat di daerah potensial. Habitat nya dirumah dapat menjadi sarang mereka untuk mendapatkan makan misalnya di bawah bangunan dan kompleks perumahan, tempat makan (dapur, kamar, dan kantor), dan tempat beristirahat (membangun dan rumah gang).

Teknisi akan memonitor jumlah umpan yang telah tersebar di area tersebut. Teknisi akan memberikan laporan tentang hal-hal yang memengaruhi pertumbuhan populasi hama. Teknisi akan memberikan saran tentang cara mengurangi populasi tikus dengan sanitasi lingkungan (kebersihan).

Layanan Kontrol Hewan Pengerat

AAG Pest Control telah mengembangkan beberapa bentuk umpan dengan berbagai bahan makanan (umpan beracun & umpan non beracun) yang merupakan kunci untuk mengurangi populasi hewan pengerat ini. Rodent Live Trap disebut juga umpan beracun untuk menarik hewan pengerat dan tikus perangkap yang telah diisi makanan tersebut. Rodent Bait Station dan Rodent Tamper Box merupakan umpan beracun digunakan di perangkap tersebut. Hampir mirip dengan perangkap dipasaran berbentuk jaring-jaring dan pintu perangkap akan menutup bila tikus masuk. Dengan umpan beracun tikus akan mati, sedangkan perangkap yang biasa digunakan tikus memang terperangkap tapi tidak mati.

Catatan : Teknisi wajib mencuci kembali perangkap agar tidak ada bau tikus pada perangkap tersebut.

Kotak umpan ini digunakan untuk melindungi dari cuaca dan tidak mematikan hewan non-target.  Ukurannya besar untuk menampung beberapa hewan pengerat pada satu waktu dan memiliki setidaknya dua lubang untuk masuknya tikus.

Tempatkan kotak umpan di samping dinding (analisa jalur yang dilalui tikus). Dekat liang atau tempat lain di mana hewan pengerat aktif. Tandai dengan jelas semua kotak umpan dengan peringatan agar menghindari resiko tidak dipegang anak-anak. Untuk mencegah kotak umpan terbalik, kencangkan ke lantai atau dinding. Tutup dengan rapat untuk mencegah benda lain masuk yang bukan tikus.

Pengendalian Rayap Tanah dan Kayu Kering

Rayap merupakan serangga penghancur kayu yang umum di wilayah di Indonesia, menyebabkan jutaan kerusakan per tahun. Ada dua jenis utama rayap:

  1. Rayap di bawah tanah, yang hidup di tanah dan ditemukan di seluruh negeri; dan 
  2. Rayap kayu kering.
Rayap Subterranean hidup berkoloni, jumlahnya sampai ratusan hingga jutaan. Di setiap koloni ada pembagian kerja (rayap pekerja). Kasta prajuritm kasta pekerja dan kasta reproduktif masing-masing mempunyai tugas khusus. Rayap pekerja bertanggung jawab atas kerusakan kayu yang disebabkan karena di makan. Tugas rayap ini memberi makan ratu rayap terutama kayu dengan selulosa, gula dan pati yang masih tinggi pada kayu tersebut (belum lapuk).

Rayap tanah umumnya bersarang di bawah tanah di tanah, membangun gundukan tanah, atau bersarang di akar atau batang pohon hidup dan mati. Menjaga kontak dengan tanah atau sumber air yang menyebabkan kelembaban. Rayap dapat bertahan hidup pada tanah lembab. Rayap tanah membangun tabung pelindung dari lumpur di sarang mereka ke sumber makanan. Pohon hidup, kayu, buku, perabotan dll. Mengkonsumsi kayu dari dalam ke luar biasanya rayap akan membuat tanda pengrusakan dengan adanya butiran yang menandakan terdapat populasi rayap disekitar butiran-butiran tersebut.

Pemeriksaan Rayap 

Penyemprotan titik (Spot) untuk menghilangkan rayap aktif di properti. Dapat dilakukan dengan menyemprotkan termisida ke semua kayu. Komponen lain dengan memasukkan termisida ke kayu, ke dinding, ke lantai (di bawah karpet, dll).

Perlakuan Tanah untuk menjaga rayap jauh dari properti dapat dilakukan dengan menggunakan sistem penghalang kimia. Perawatan pra-konstruksi dilakukan dengan penyemprotan ke tanah di sekitar fondasi dan ke permukaan tanah di mana bangunan akan dibangun.

Perawatan pasca konstruksi dilakukan dengan menyuntikkan termitisida ke bagian dalam, di luar dan di dalam fondasi bangunan. Membuat area pelindung di sekitar gedung. Perawatan metode ini membantu mencegah rayap. Perlindungan yang tepat merupakan infestasi di masa mendatang dimana rayap tidak dapat berkembang biak lagi di tempat yang sudah disemprot termisida.

Pencegahan, Eksklusi, Sanitasi & Perawatan

Pengendalian Hama Terpadu (Integrated Pest Management)

Manajemen Hama Terpadu (PHT) mengelola hama menggunakan kombinasi taktik yang seimbang (budaya, mekanik, biologi, kimia). Untuk mencegah hama atau mengurangi hama lebih dari ambang batas yang layak.

Langkah-langkah untuk melaksanakan Program PHT adalah: 
  1. Mengidentifikasi masalah hama,
  2. Mengamati bangunan dan menganalisa kapan dan di mana OPT hadir,
  3. Menetapkan ambang batas untuk setiap hama (jumlah hama terlalu tinggi agar dapat dilakukan penyemprotan),
  4. Kapan dan tindakan korektif apa yang harus dilakukan, dan
  5. Mengevaluasi hasil.
Pengendalian Hama Terpadu (PHT) bermanfaat untuk
  • Mencegah kerusakan bangunan dan properti karena hama, 
  • Mencegah atau meminimalkan risiko kerusakan lingkungan dan 
  • Meminimalkan penggunaan pestisida dan menghindari paparan pestisida yang terlalu lebar.
Pencegahan untuk mencegah Hama. Di dalam dan Di Luar Bangunan dengan tujuan untuk melindungi bangunan dari masuknya Hama.

Sanitasi Standar Tinggi Hygienes - Bersih - Hama Lingkungan Gratis - Kesehatan.

Perawatan yang Efektif, Efisien, Cepat, Konsidansi Keselamatan.

Pengelolaan HAMA Yang BERHASIL Tergantung Dari KERJASAMA Antara Pest Control Officer (PCO) DAN KLIEN

FUMIGASI

Fumigasi merupakan metode pengendalian hama dengan pestisida asap (smoke) - atau fumigan - dengan aplikasi real time untuk mematikan rongga pernapasan atau meracuni hama di area fumigasi. Digunakan untuk mengendalikan hama di bangunan (fumigasi struktural), tanah, dan hasil biji-bijian, dan juga digunakan selama pemrosesan barang untuk diimpor atau diekspor guna mencegah perpindahan organisme eksotis. Metode ini juga mempengaruhi hama itu sendiri. Perngaruhnya terjadi pada hama yang berada dilingkungan habitat yang bukan merupakan habitat serangga, seperti perusak kayu (woodborers) dan rayap kayu kering.

Lihat versi Web Apabila mengalami kesulitan dalam pengisian data. Data terkirim akan segera masuk database HRD Atrindo Asia Global.



Pembagian kerja mall
  1. Teknisi Publik Area. Melakukan treatment dan monitoring di area publik seperti koridor, toilet, parkir dll
  2. Teknisi Tenant. Melakukan treatment dan monitoring pada tenant penyewa gedung mall dan sudah mendapat izin dari management mall untuk melakukan treatment dan monitoring di tenant tersebut.
Kirim Curriculum Vitae (CV) ke hrd@aag.co.id or infopest@aag.co.id, dengan subject “CV Nama Kamu” (Ukuran File Maksimal 1MB).

PT Atrindo Asia Global merupakan perusahaan jasa pengendalian hama baik secara kimiawi dan biologi. Teknologi terapannya aman pada klien, teknisi dan lingkungan. Pekerjaan lebih banyak bersifat teknis karena perusahaan bergerak dibidang Jasa, artinya adanya keahlian dan juga pengalaman dalam melakukan praktek aplikasi pestisida.



Related Post :

Post a Comment

Previous Post Next Post