Kenali Perbedaan Temu Kunci, Temu Lawak dan Kencur

 natinedJs ⓚ 2024 Kulinerarian Indonesia sebagai pengguna berbagai macam bumbu untuk menambah cita rasa masakan. Racikan masakan dengan ciri khas tertentu tidak semua menggunakan bumbu spesial seperti bayam rebus dengan temu kunci atau pecak ikan khas betawi dengan temu kunci. Temulawak bagi pecinta jamu biasanya racikan beras kencur temulawak, jamu temulawak lemon, kunyit asam temulawak dsb. Kencur banyak digunakan pada jamu seperti jamu beras kencur, sayur bening kencur, nasi goreng kencur dsb. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara temu kunci, temu lawak serta kencur. 



Temu Kunci - Taksonomi

Kingdom : Plantae 
Divisi : Magnoliophyta 
Kelas : Liliopsida 
Ordo : Zingiberales 
Familia : Zingiberaceae 
Genus : Boesenbergia 
Spesies : Boesenbergia rotunda

Salah satu tanaman obat berupa rimpang. Modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar dibawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan tunas serta akar baru dari ruas-ruasnya disebut juga rimpang atau rizoma (latin : rhizoma)


Rimpang ini tumbuh dibawah permukaan tanah sama seperti beberapa rempah lain di Indonesia dimana pada umumnya tumbuh di bawah permukaan tanah sebagai akar atau rimpang. Tumbuh secara mendata dan beruas, bersisik tipis, dan agak keras bila ingin dipotong-potong. Berbau harum sedikit menyengat seperti rempah lainnya.

Termasuk tanaman yang tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 1.200 dari permukaan laut (dpl). 

Khasiat dan Kegunaan

Mempunyai 3 bahan aktif saponin, flavonoid dan minyak atsiri

Saponin disebut juga glikosida tanaman dapat merusak pembuluh darah larva nyamuk. Siklus hidup nyamuk setelah telur atau umumnya disebut jentik-jentik. Artinya, kandungan ini dapat digunakan untuk membersihkan air yang digenangi oleh jentik nyamuk.

Flavoid berbau tajam, larut dengan air rasanya pahit dan terurai bila di masak. Digunakan sebagai antibiotik pada penyakit ginjal, kanker dan pendarahan.

Minyak atsiri atau minyak esensial atau hasil sulingan. Temu kunci juga banyak di ambil sarinya untuk dijadikan minyak atsiri.

Dapat meluruhkan dahak, herbal tolak masuk angin, pereda panas dalam dan lain sebagainya. 


Temu Lawak - Taksonomi

Kingdom : Plantae 
Divisi : Magnoliophyta 
Kelas : Monocotyledonae 
Ordo : Zingiberales 
Familia : Zingiberaceae 
Genus : Curcuma 
Spesies : Curcuma zanthorrhiza

Salah satu tanaman herbal seperti kunyit keduanya aromatik. Ada perbedaan dengan kunyit walaupun keduanya merupakan spesies Curcuma beberapa perbedaan diantaranya temulawak memiliki ukuran rimpang lebih besar dari kunyit, warna kuning ke pucat, garis melingkar di kulit temulawak lebih gelap, daging temulawak berwarna kuning dengan rasa pahit dan aroma temulawak tidak menyengat. Jadi sudah dapat membedakan temulawak dengan kunyit. 

Temulawak dan temu kunci tidak memiliki kesamaan karena berasal dari genus yang berbeda. Hanya saja penamaan lokal menggunakan kesamaan dari kata temu. Di Aceh dikenal dengan nama kunyit ketumbu. Artinya temulawak lebih mirip dengan kunyit. Termasuk dalam suku temu-temuan.

Khasiat dan Kegunaan

Tanaman temulawak sebagai tanaman herbal memiliki banyak senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Vitamin, kalsium, zat besi, sodium, potasium, hingga asam sulfat serta zak aktif seperti pati, kurkumin, minyak atsiri, turmerol, borneol, dan phellandren.

Beberapa manfaat dari temulawak:
  • Meningkatkan fungsi pencernaan 
  • Osteoartritis (AO) disebut juga dengan penyakit yang timbul akibat kerusakan jaringan tulang rawan yang melapisi tulang dengan kondisi tulang akan mengalami benturan ketika digerakkan. Dengan kondisi seseorang mengalami AO maka ada rasa tidak nyaman dalam pergerakan tulang tersebut.
  • Anti kanker
  • Membantu meningkatkan fungsi ginjal
  • Mengeluarkan toksin atau racun dalam tubuh
  • Membantu proses pemulihan luka

Kencur - Taksonomi

Kingdom : Plantae 
Divisi : Spermatophyta 
Kelas : Monocotyledonae 
Ordo : Zingiberales 
Familia : Zingiberaceae 
Genus : Kaempferia 
Spesies : Kaempferia galanga

Temu kecil yang tumbuh subur di dataran rendah atau dataran tinggi yang tanahnya gembur dan tidak banyak air  dengan temperatur rata-rata tahunan 25-30 °C. Bagian tanaman dari kencur yang umum digunakan adalah rimpang, akar dan daun. 

Kencur termasuk temu-temuan berdasarkan daun dan rimpang dibagi menjadi dua tipe. Daun lebar menghasilkan ukuran rimpang besar dan menghasilkan minyak atsiri yang sedikit sedangkan daun kecil menghasilkan rimpang berukuran kecil. Kencur daun lebar kulit rimpang berwarna coklat terang dan daging rimpang berwarna kuning. 

Khasiat dan Kegunaan
  • Meningkatkan nafsu makan serta banyak digunakan untuk menghilangkan sakit perut di Amerika Serikat.
  • Mengurangi kolestrol
  • Obat batuk
  • Mengurangi kembung
  • Meredakan sakit pada otot terkilir
  • Pereda nyeri sakit kepala
  • Melembutkan wajah dan mencegah jerawat
  • Melangsingkan tubuh

Post a Comment

Previous Post Next Post